uefau17.com

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis, Pengertian, dan Aspek-aspeknya - Hot

, Jakarta Manfaat studi kelayakan bisnis sangat penting dalam mengukut kesiapan kamu memulai suatu usaha. Hal ini merupakan persiapan yang sangat penting untuk meminimalisir segala risiko dan membantu bisnis berjalan lancar.

Studi kelayakan bisnis adalah studi yang dilakukan seseorang untuk mengukur kelayakan suatu proyek bisnis layak dijanlankan atau tidak. Hal ini dilakukan untuk menguatkan proses pengambilan keputusan dan untuk mendapatkan laba secara maksimal.

Manfaat studi kelayakan bisnis adalah untuk menilai peluang suatu proyek bisnis layak dilanjutkan atau tidak. Studi kelayakan bisnis bahkan juga bisa membantu kamu dalam pemasaran. Hal ini karena studi kelayakan bisnis dapat memberi gambaran situasi bisnis yang kamu hadapi nanti.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022) tentan manfaat studi kelayakan bisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Studi Kelayakan Bisnis

Sebelum mengenali manfaat studi kelayakan bisnis, kamu tentu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Studi kelayakan bisnis adalah metode untuk mengukur kesiapan kamu dalam memulai sebuah bisnis. Hal ini berkaitan dengan banyaknya risiko yang harus kamu hadapi dalam menjalankan usaha, dan melakukan studi kelayakan bisnis adalah cara meminimalisir risiko tersebut.

Studi kelayakan bisnis adalah studi yang dilakukan seseorang untuk mengukur kelayakan suatu proyek bisnis layak dijanlankan atau tidak. Fokusnya adalah mengidentifikasi potensi masalah kritis seperti bagaimana dan di mana bisnis akan dijalankan. Studi kelayakan bisnis sangat bermanfaat bagi pengusaha dalam pengambilan keputusan. Hal ini juga sangat penting dilakukan di awal agar meminimalkan atau mencegah kerugian. Selain itu hasil studi dapat menaikan tingkat kepercayaan investor yang ingin atau sedang berinvestasi di perusahaan atau tempat usaha tersebut.

Studi kelayakan bisnis adalah sebuah studi yang bertujuan mengukur kelayakan suatu bisnis. Bukan hanya mengidentifikasi potensi masalah, studi kelayakan bisnis juga membahas bagaimana solusi atas masalah tersebut. Misalnya seperti masalah mengenai operasional dan bagaimana bisnis berjalan nantinya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Manfaat studi kelayakan bisnis bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Mengutip web-suplemen.ut.ac.id, manfaat studi kelayakan bisnis adalah sebagai berikut:

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis bagi Investor

Investor adalah seseorang atau sebuah lembaga yang memiliki sejumlah dana dan menanamkan dananya langsung dalam suatu proyek investasi dengan mendapatkan kompensasi berupa deviden. Bagi investor, manfaat studi kelayakan bisnis adalah:

- Meyakinkan   dirinya  sendiri  bahwa  keputusan  investasi  yang akan dilakukannya adalah keputusan yang telah diperhitungkan dengan matang dan proyeknya akan menghasilkan keuntungan.

- Menarik minat penanam modal lain terhadap proyek dan meyakinkan para calon penanam modal tersebut bahwa proyek memiliki prospek keuntungan yang baik. 

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis bagi Kreditur

Bagi kreditur (pemberi pinjaman), manfaat studi kelayakan bisnis adalah sebagai pertimbangan keputusan pemberian pinjaman berdasarkan prospek proyek. Kreditur selama periode hutang belum lunas, lebih memperhatikan segi keamanan dana yang dipinjamkan. Hal yang diperhatikan adalah aliran kas selama jangka waktu pinjaman.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis bagi Pemerintah

Bagi pemerintah, manfaat studi kelayakan bisnis yaitu berkaitan dengan manfaat proyek bagi perekonomian nasional, apakah proyek membantu menghemat devisa, menambah devisa, atau memperluas kesempatan kerja. Hal ini berhubungan pula dengan keputusan pemberian fasilitas-fasilitas kemudahan untuk proyek (keringanan pajak, subsidi, jaminan, dan insentif lainnya) yang mendukung proyek pemerintah.

Penilaian proyek juga membantu pemerintah memutuskan pengalokasian devisa, yaitu akan dialokasikan untuk mengimpor barang-barang modal, bahan penolong, atau bahan baku. Alasan lainnya adalah membantu pengambilan keputusan dalam menentukan pemberian pinjaman oleh pemerintah kepada proyek, ikut serta dalam joint venture atau menanam dananya langsung sebagai pemegang saham dalam suatu proyek pemerintah.

4 dari 4 halaman

Aspek yang Perlu Diperhatikan pada Studi Kelayakan Bisnis

Selain mengenal manfaat studi kelayakan bisnis, kamu tentunya juga perlu memperhatikan aspek-aspeknya. Melansir masoemuniversity.ac.id, berikut aspek yang perlu diperhatikan pada studi kelayakan bisnis:

- Aspek manajemen. Aspek ini adalah aspek yang sangat penting untuk diteliti karena berkaitan dengan operasional bisnis atau usaha. Cakupan aspek ini adalah yang terluas dari aspek lain, seperti terhubung ke keuangan dan sumber daya perusahaan.

- Aspek keuangan. Modal adalah salah satu kunci sebelum memulai bisnis atau usaha. Proses perencanaan modal harus dilakukan sejak awal jika ingin melakukan perencanaan bisnis. Aspek yang perlu diperhitungkan adalah estimasi nilai proyek (bisnis atau usaha), proyeksi cash flow dan profitabilitas, investasi bisnis lain oleh investor, dan kelangsungan finansial proyek.

- Aspek hukum atau legalitas. Tujuan legalitas bisnis adalah untuk meneliti tingkat keakuratan, kebenaran, keaslian, dan kesempurnaan dokumen bisnis tersebut. Lingkup legalitas dapat berupa izin lokasi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Tanda Daftar Perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Akta pendirian perusahaan dari notaris, Surat Izin Tempat Usaha, dan Surat Tanda Rekanan dari pemerintah daerah setempat.

- Aspek ekonomi dan budaya. Aspek ekonomi dan budaya terkait dengan dampak pada lingkungan sekitar tempat usaha itu berada. Dari sisi ekonomi, analisis dapat berupa dampak pada tingkat pendapatan per kapita di wilayah tempat perusahaan berdiri dan melakukan operasional. Dari sisi budaya, analisis dapat berupa bagaimana perusahaan memengaruhi adat istiadat di wilayah sekitarnya.

- Aspek pasar dan pemasaran. Analisis bagi aspek pasar dan pemasaran dapat membantu menjawab keresahan atas peluang pasar dari produksi milik perusahaan. Informasi ini sangat penting dan berguna, agar ke depannya perusahaan dapat lebih leluasa untuk mengembangkan produk yang ditawarkan. Informasi yang dianalisis meliputi potensi pasar, daya beli masyarakat, segmentasi, jumlah konsumen dan situasi persaingan pasar.

- Aspek teknis dan operasi. Aspek teknsi dan operasi dapat menjadi pertimbangan bagi investor untuk memilih bisnis yang akan berjalan. Informasi yang yang dianalisis umumnya memuat tata letak perusahaan, lokasi perusahaan, gambaran produk dan kemampuan produksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat