uefau17.com

Doa Saat Mendapat Hantaran Lebaran, Balas dengan Kebaikan - Hot

, Jakarta Lebaran merupakan momen suka cita seluruh umat Islam. Pada hari ini, umat Islam berbahagia merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Lebaran selalu diisi dengan kegiatan silaturahmi, saling memaafkan, dan berbagi.

Salah satu kebiasaan menjelang atau saat lebaran adalah bertukar hantaran lebaran. Hantaran ini bisa berupa parcel, hampers, dan hadiah-hadiah lainnya. Tujuan memberi hantaran ini adalah sebagai wujud berbagi suka cita lebaran.

Menerima hantaran pastinya menjadi rezeki yang menyenangkan. Sebagai bentuk rasa syukur, ada doa yang bisa dibaca ketika menerima hantaran lebaran. Doa ini sekaligus juga bisa menjadi doa untuk pemberi hantaran.

Berikut doa saat mendapat hantaran lebaran, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Makna hari Lebaran

Lebaran atau Idul Fitri merupakan hari raya kemenangan setelah sebulan berpuasa. Lebaran dimaknai sebagai selesainya bulan puasa dan disambutnya hari kemenangan.

Idul fitri berasal dari dua kata "id" dan "al-fitri". Id secara bahasa berasal dari kata aada – ya’uudu, yang artinya kembali. Hari raya disebut ‘id karena hari raya terjadi secara berulang-ulang, dimeriahkan setiap tahun, pada waktu yang sama.

Ada juga yang mengatakan, kata id merupakan turunan kata Al-Adah, yang artinya kebiasaan. Hal ini karena masyarakat telah menjadikan kegiatan ini menyatu dengan kebiasaan dan adat mereka. Sementara kata fitri memiliki dua makna yang berbeda menurut beberapa pendapat. Kata fitri bisa berarti "berbuka puasa" dan "suci".

Makna Idul Fitri juga dapat digambarkan sebagai kembalinya seseorang kepada keadaan suci, atau keterbebasan dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan sehingga berada dalam kesucian atau fitrah.

 

3 dari 8 halaman

Doa saat mendapat hantaran Lebaran

Dilansir dari Dream, berikut doa yang bisa dibaca ketika mendapat hantara lebaran:

Doa pertama

Allahumma aktsir malahu wa barik lahu fima a'thoitahu wa yassir lahu ayyaf'ala fihi khoiran wa qonni'hu fima a'thoitahu waj'alna wa iyyahu minasy syakirin.

Artinya: "Ya Allah, perbanyaklah hartanya, berkahilah rezeki yang Engkau berikan padanya, mudahkanlah dia melakukan kebaikan dengan rezeki tersebut, berilah kelapangan hati padanya agar menerima rezeki yang Engkau berikan, jadikanlah kami dan dia bagian dari orang-orang yang bersyukur".

Doa kedua

Allahumma barik lahum fima rozaqtahum waghfirlahum warhamhum.

Artinya: "Ya Allah, berilah keberkahan atas apa yang Engkau rezekikan pada mereka, ampunilah dan kasihanilah mereka."

 

4 dari 8 halaman

Doa saat mendapat rezeki tak terduga

Berikut doa saat mendapat rezeki yang tak terduga:

Alhamdulillahil ladzi razaqoni haza min ghairi hawlin minni wala quwwatin. Allahumma barik fihi.

Artinya: " Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rezeki ini kepadaku tanpa daya dan upayaku. Ya Allah, berilah keberkahan di dalamnya."

5 dari 8 halaman

Doa memberi dan menerima hadiah

Ketika memberi hadiah pada orang lain, dianjurkan untuk membaca:

Barakallahu fikum

Artinya: “Semoga Allah menurunkan keberkahan untukmu.”

Lalu, orang yang menerima dianjurkan untuk membalas ucapan tersebut dengan doa:

Wa fikum barakallah

Artinya: “Dan kepadamu, semoga Allah menurunkan keberkahan.”

Doa lainnya saat memberikan hadiah:

Rabbana taqabbal minna innaka antas sami'ul alim.

Artinya: " Ya Tuhan kami, terimalah dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Mengetahui."

6 dari 8 halaman

Doa menyambut datangnya Idul Fitri

Berikut doa menyambut datangnya Idul Fitri:

Taqabbalallahu minna wa minkum

Artinya:

" Semoga Allah menerima (puasa dan amal ibadah) kami dan kalian."

7 dari 8 halaman

Doa saat bersilaturahmi Lebaran

Berikut doa saat bersilaturahmi lebaran:

Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum

Artinya: "Ya Allah berkatilah mereka dalam segala hal yang Engkau rezekikan kepada mereka, serta ampunilah mereka dan sayangilah mereka."

8 dari 8 halaman

Tradisi Lebaran di Indonesia

Mudik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mudik bisa berarti berlayar atau pergi ke udik (hulu sungai) dan juga berarti pulang ke kampung halaman. Para pemudik adalah mereka yang hijrah ke kota, daerah lain, bahkan negara lain, kemudian pulang ke kampung halaman untuk bertemu kembali dengan keluarga, sanak saudara, kerabat, dan sahabat.

Takbiran

Takbiran menjadi tradisi unik lainnya saat lebaran. Takbiran dilakukan dengan melantunkan takbir pada malam sebelum Idulfitri. Melantunkan takbir saat menjelang Idulfitri dan saat Idulfitri itu juga memang merupakan sunah dari Rasulullah. Di Indonesia, takbiran dilakukan dengan membunyikan bedug, berkeliling kota, dan saling mengunjungi.

Sungkeman

Kegiatan yang dilakukan saat mudik lainnya adalah sungkeman. Tradisi ini biasanya menjadi momen haru bagi orang tua dan anak. Saat sungkeman, para anak bersimpuh di pangkuan orang tua unruk memohon maaf dan saling memaafkan.

Silaturahmi

Silaturahmi menjadi kegiatan saat mudik yang pasti tak boleh ketinggalan. Pada momen ini, tiap keluarga saling mengunjungi satu sama lain untuk saling memaafkan dan berbagi kebahagiaan. Di masa pandemi, silaturahmi bisa dilakukan secara daring seperti menggunakan video call.

Berbagi hadiah

Kegiatan selanjutnya adalah berbagi hadiah untuk anggota keluarga. Biasanya anggota keluarga akan saling memberi hadiah baik itu berupa baju, alat salat, makanan atau uang.

Ziarah kubur

Tradisi ziarah kubur menjadi salah satu kegiatan penting di kampung halaman. Ziarah kubur menjadi tradisi yang sudah mengakar bagi masyarakat Indonesia, di mana leluhur adalah sosok yang dihormati dan harus tetap diingat dan didoakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat