uefau17.com

RS EMC Alam Sutra Resmi Raih Akreditasi Internasional - Health

, Jakarta Memberikan pelayanan kesehatan bermutu, bertanggung jawab terhadap masyarakat, dengan cara mengutamakan kepentingan pasien. Itulah tujuan dari hadirnya EMC Healthcare di tengah masyarakat yang memberikan pelayanan kesehatan unggul dan terpercaya. 

Membawa visi memajukan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia, EMC Healthcare lewat RS EMC Alam Sutera berhasil membuktikan kualitas pelayanan terbaiknya. Hal itu dibuktikan dari keberhasilan RS EMC Alam Sutera meraih Akreditasi Internasional, yaitu Joint Commission International (JCI). 

Lalu, apa itu Akreditasi JCI? Technical Manager EMC Healthcare Erin Lloyd menjelaskan, Akreditasi JCI adalah badan akreditasi internasional yang menetapkan beberapa standar internasional yang kemudian harus dipatuhi oleh setiap rumah sakit yang menjalani akrediitasi tersebut. 

Akreditasi JCI memiliki kerangka kerja standar klinis dan standar manajerial dan ada hampir 1000 rumah sakit di seluruh dunia yang telah terakreditasi. Salah satunya di Indonesia adalah RS EMC Alam Sutera. Bukan hal mudah untuk meraih akreditasi JCI ini. Itu karena terdapat lebih dari 1200 elemen yang diukur dan dinilai dari sebuah rumah sakit yang mengikuti proses tersebut.

"Maka dari itu, para petugas kesehatan kami bekerja sangat keras untuk mendapatkan akreditasi ini. Kami menghabiskan waktu sekitar 12-18 bulan untuk mempersiapkannya," ujar Erin. 

Lebih lanjut, dr. Agus Heryanto selaku QRM Manager RS EMC Alam Sutera juga mengungkapkan, berbagai persiapan dilakukan pihak rumah sakit, sebelum surveyor dari JCI (medis, keperawatan, administrator) yang berpengalaman melakukan survey akreditasi JCI. Pada prinsipnya, kata dr. Agus, akreditasi JCI menitikberatkan pada implementasi sesuai dengan standar yang ada pada JCI. 

"Untuk itu yang sudah kami lakukan yaitu memperkenalkan lebih dulu standar JCI, menetapkan regulasi sesuai standar tersebut dan kemudian melakukan penerapan sesuai standar yang diberikan, di mana seluruh pelayanan yang diberikan sesuai dengan standar tersebut. Untuk mencapai hal tersebut memang tak mudah, harus melewati semua proses, memastikan setiap elemen pelayanan di RS EMC Alam Sutera sungguh-sungguh sudah sesuai dengan standar.. Salah satu metode yang kami lakukan mulai dari review dokumen regulasi dan dokumen bukti, melakukan telusur lapangan, melakukan audit kelengkapan dokumen, melakukan ronde fasilitas dan masih banyak lagi," ujar dr. Agus. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Sekadar Ingin Dapatkan Akreditasi Internasional

Setelah melalui proses proses tersebut dan selama survey dari tim surveyor JCI, RS EMC Alam Sutera pun akhirnya resmi meraih akreditasi JCI sejak 21 Oktober 2023. 

Erin menjelaskan alasan mengapa EMC Healthcare dalam hal ini termasuk RS ECM Alam Sutera ingin mendapatkan sertifikasi JCI bukan lantaran ingin mengantongi akreditasi internasional melainkan semata mata demi untuk memberikan pelayanan yang berkualitas yang lebih baik kepada setiap pasien yang mendapatkan pelayanan di RS EMC Alam Sutera, 

Senada dengan Erin, dr. Agus juga memberikan tanggapannya mengenai alasan di balik upaya mendapatkan akreditasi JCI. Menurutnya, akreditasi JCI ini merupakan salah satu komitmen EMC Healthcare, untuk menjaga mutu dan keselamatan pasien. 

"Maka dari itu, kami men-challenge diri untuk mengikuti standar dari internasional, untuk memastikan apakah pelayanan yang kami berikan pada pasien sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan, dalam hal ini standar JCI," ujar dr. Agus. 

Setelah mendapatkan akreditasi JCI ini, bagi dr. Agus bukan menjadi akhir dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan. Namun justru, menjadi awal perjalanan bagi RS EMC Alam Sutera untuk terus menerus berkomitmen memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

"Ke depannya, ada berbagai program yang kami ingin lakukan supaya standar ini tetap dilakukan. Kami tetap berkomitmen untuk terus menjalani akreditasi ini karena akreditasi ini akan diulang kembali selama tiga tahun," ujar dr. Agus. 

Lebih lanjut Erin juga menjelaskan, EMC Healthcare punya rencana jangka panjang, yaitu bukan hanya RS EMC Alam Sutera yang mendapatkan akreditasi JCI, melainkan semua rumah sakit dibawa naungan  EMC Healthcare.

 

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat