uefau17.com

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Tanpa Disadari Merusak Rambut - Health

, Jakarta - Menjaga kesehatan rambut lebih dari sekadar keramas dan menyisirinya. Ada beberapa hal yang dipikir baik untuk rambut malah bisa merusaknya. 

Penata gaya selebriti menjelaskan mengapa dan bagaimana seseorang harus menghentikan kebiasaan buruk rambut malam ini. Seperti dikutip dari The Healthy pada Selasa, (21/11/2023).

1. Tidur dengan Rambut Basah

Rambut menjadi lemah saat basah, itulah sebabnya tidur dengan rambut basah setelah mandi dapat menyebabkan kerusakan dan rambut bercabang, kata penata rambut selebriti Ted Gibson. 

“Tidur saat rambut basah bisa membuat ujung kutikula menjadi kasar sehingga membuat rambut kusut dan kering,” ujarnya. Jika seseorang mandi di malam hari, pastikan rambut kering, atau mengepangnya sebelum tidur, katanya. 

2. Mengikat Rambut Kencang-Kencang

Mengikat rambut dengan sanggul ketat atau ekor kuda dapat merusak helaian rambut. 

“Jika seseorang menata rambut di tempat yang sama sepanjang hari atau setiap malam saat tidur, ikat rambut tersebut akan tetap berada di tempat yang sama dan menyebabkan kerusakan,” kata penata rambut selebriti Kylee Heath. 

Jika tidak tahan membiarkan rambut tergerai, cobalah tidur dengan kepang, yang lebih nyaman pada rambut dan akan menciptakan gelombang yang indah, katanya. 

3. Tidur dengan Rambut Masih Penuh Hairspray

“Jika seseorang menggunakan banyak hairspray pada rambut, itu bisa sangat bikin rambut kering,” kata Heath. 

Maka bersihkan rambut dari hairspray sebelum tidur.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Menggunakan Ikat Rambut

Jika seseorang memutuskan untuk mempertahankan rambutnya terikat, jangan gunakan karet elastis yang ketat. 

“Elastis, terutama jika rambut basah, akan menimbulkan kerutan, dan di dalam lipatan tersebut dapat merusak seluruh area rambut,” kata Gibson. 

Dia merekomendasikan jepit rambut, sementara Heath mengatakan ikat rambut adalah alternatif yang baik karena kain di sekitarnya lebih lembut pada rambut.

 

3 dari 3 halaman

5. Lupa Menyisir Rambut

Menyisir rambut sebelum tidur ternyata bermanfaat. Kulit kepala menghasilkan minyak alami, dan menyisir rambut kering akan mendistribusikannya ke seluruh helai rambut. 

“Mengalirkan minyak alami ke rambut sebelum tidur membantu menstimulasi kulit kepala dan folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut,” kata Gibson. 

Bonusnya, menyisir rambut membuat rileks, sehingga bisa membantu tertidur (dan lebih banyak tidur berarti rambut lebih sehat), katanya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat