uefau17.com

RS Pelni Kantongi 3 Sertifikat ISO, Apa Manfaatnya bagi Pasien? - Health

, Jakarta - RS Pelni baru-baru ini berhasil mengantongi tiga sertifikat ISO berstandar internasional. Di antaranya 9001:2015 Quality Management System, ISO 14001:2015 Environment Management System, dan 45001:2018 Occupational Health & Safety Management.

Dengan memeroleh tiga sertifikat ISO, kata Plt Dirut Rumah Sakit Pelni, Rudy Hartono, menandakan penjaminan mutu dalam bidang manajemen lingkungan dan sistem manajemen kesehatan, serta keselamatan kerja atas layanan kesehatan yang diberikan RS Pelni sudah dievaluasi dan berstandar internasional.

Dijelaskan Rudy, sebagai sebuah fasilitas pelayanan yang menyediakan rawat inap dan rawat jalan, rumah sakit sudah seharusnya memberikan pelayanan yang berkualitas. Ini merupakan suatu keharusan dan mutlak yang harus dipenuhi.

Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, setiap fasilitas pelayanan kesehatan wajib melakukan peningkatan mutu pelayanan kesehatan --- baik secara internal maupun eksternal --- terus menerus serta berkesinambungan.

Rumah Sakit Pelni, lanjut Rudy, membuktikan keseriusan dalam meningkatkan mutu pelayanan tersebut.

"Ini merupakan komitmen manajemen RS Pelni dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Juga berfokus pada patient safety serta memberikan perlindungan rasa aman dalam bekerja bagi karyawan di sini," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Health pada Minggu, 19 November 2023.

Lebih lanjut, Direktur Medis RS Pelni sekaligus unsur pimpinan dari PT Pertamina Bina Medika IHC, Dr dr Lia G Partakusuma SpPK(K) MM MARS menjelaskan bahwa RS Pelni merupakan bagian dari Pertamina Bina Medika IHC, sebagai holding rumah sakit BUMN Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rumah Sakit Pelni Dapat Sertifikat ISO, Apa Artinya bagi Pasien?

IHC, lanjut Lia, mengoperasikan lebih dari 75 rumah sakit di seluruh Indonesia. Terkait tiga sertifikat ISO yang didapat RS Pelni, Lia mengapresiasi manajemen rumah sakit atas pencapaian tersebut.

"Manajemen mutu dalam pelayanan rumah sakit diperlukan agar bisa tertata guna memudahkan pekerjaan, akuntable, lebih transparan, dan sistematis sehingga ke depannya dapat memudahkan rumah sakit saat akan mendapatkan sertifikat lainnya," ujarnya.

"Saat ini RS PELNI memiliki layanan unggulan yaitu Oncology Center, Cardiovascular Center, Neurology Center dan Eye Center. Sebelumnya, RS PELNI telah mendapatkan akreditasi dengan kriteria PARIPURNA dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Indonesia," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Penghargaan Lain Buat RS Pelni

Tidak hanya sertifikat ISO berstandar internasional, RS Pelni juga memeroleh sertifikat SMK 3 yang bertujuan untuk pengendalian risiko, berkaitan dengan kegiatan kerja sehingga menciptakan tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif.

"Alhamdulillah kami mendapatkan sertifikasi ISO ini 3 sekaligus dan juga SMK 3," kata Rudy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat