uefau17.com

Sepekan Luhut Binsar Pandjaitan Jalani Perawatan di Singapura, Tim Dokter Sebut Progres Opung Maju Signifikan - Health

, Jakarta - Sejak sepekan lalu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjalani perawatan dan pemulihan di Singapura.

Melalui akun Instagram pribadi @luhut.pandjaitan, pria yang akrab disapa Opung itu membagikan kondisi terkininya pada sore ini, Selasa, 17 Oktober 2023. Luhut mengatakan dirinya masih memerlukan waktu untuk bisa pulih seperti sebelumnya. Beberapa tahap perawatan medis dia jalani dengan sebaik mungkin.

"Selamat sore semua teman-teman di seluruh Tanah Air. Saya sekarang ada di Singapura dalam proses pemulihan," Luhut menyapa melalui pesan suara dalam unggahannya.

"Masih butuh beberapa waktu ke depan yang saya masih perlukan untuk bisa pulih kembali seperti waktu-waktu yang lalu," Luhut melanjutkan. 

Suara Menko Marves itu terdengar ceria dan bersemangat. Masih dalam pesan yang sama, dia menyampaikan agar publik di Tanah Air tidak perlu mempercayai foto-foto dikaitkan dengan dirinya yang beredar yang menurutnya aneh-aneh. 

Meski masih memerlukan waktu untuk memulihkan kondisi seperti sedia kala, Luhut menyampaikan bahwa kesehatannya menunjukkan progres yang signifikan. Hal itu, menurut Luhut berdasarkan informasi dari tim dokter yang menanganinya.

"Secara overall, dari tim dokter tadi mengatakan bahwa progres saya maju sangat signifikan," kata Luhut.

Di akhir pesan, Menko Luhut mengatakan alih-alih menyerah, dia akan berjuang untuk bisa kembali pulih.

"Saya dari Singapura menyampaikan berita ini dengan semangat yang berapi-api. Saya tidak menyerah menghadapi ini semua," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen Luhut untuk Semangat Pulihkan Kesehatan

Masih dalam unggahan yang sama, Luhut menuliskan pesan bahwa pengalaman sakit ini bukanlah hal yang menyenangkan baginya. Meski demikian, Opung berkomitmen untuk terus semangat menjalani proses penyembuhannya.

"Sejujurnya, pengalaman ini sungguh tidak menyenangkan, namun saya tetap berkomitmen untuk terus bersemangat meskipun proses pemulihan ini masih tetap membutuhkan waktu," tulisnya.

Dia meyakini, doa-doa baik dari keluarga, teman, dan masyarakat Indonesialah yang telah membantunya berada dalam kondisi yang lebih baik.  

3 dari 4 halaman

Luhut Bersyukur Erick Thohir Menggantikannya dengan Baik

Kemajuan kondisi kesehatannya itu, kata Luhut, ditandai dengan dia diperbolehkan melihat dan mendengar laporan pekerjaan yang telah ditinggalkannya selama beberapa waktu.

"Saya bersyukur bahwa segalanya dapat diatasi dengan baik oleh Pak @erickthohir yang ditugaskan untuk menggantikan saya. Beliau dan para Deputi saya telah bekerja dengan maksimal, dan hasilnya terbukti dari kelancaran banyak program yang sedang dan berhasil dijalankan," katanya.

"Semua ini bisa terlaksana karena mereka semua ternyata ingat betul pesan saya untuk bekerja secara terintegrasi, agar semua permasalahan bisa teratasi dengan baik."

4 dari 4 halaman

Luhut Tak Sabar Ingin Segera Bertugas Lagi

Bukan rahasia jika Luhut adalah sosok yang aktif. Pada unggahan terdahulu, diakuinya bahwa hanya berdiam di rumah sakit membuatnya bosan. Kali ini, Luhut menduga kemajuan kesehatannya bisa jadi dipicu oleh semangatnya untuk kembali bekerja.

"Boleh jadi kemajuan yang saya alami dalam proses pemulihan ini juga disebabkan oleh rasa tidak sabar untuk kembali bekerja lagi," tulisnya.

"Namun bisa jadi juga kemajuan ini saya dapatkan karena melihat bagaimana seluruh tim bekerja secara terintegrasi untuk menghandle semau tanggung jawab yang saya tinggalkan sejenak."

Luhut kemudian berpesan agar semuanya tetap kompak dan bersatu, meski memiliki perbedaan pendapat dan pilihan. Pesan yang tampaknya tak hanya ditujukan pada jajaran yang dipimpinnya, melainkan juga bagi masyarakat secara umum.

"Mari kita bersama-sama mengumpulkan energi positif dari seluruh elemen bangsa yang bhinneka ini untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang hebat di masa depan. Semoga kita segera dapat bertemu kembali," tutupnya. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat