uefau17.com

Kenapa Kucing Takut Ketimun? - Health

, Jakarta - Tingkah laku kucing bisa begitu unik dan menggemaskan. Seperti misalnya kucing gemar memijat, benci air, dan punya suara unik.

Salah satu tingkah kucing yang terbilang unik dan sering menimbulkan tanya yaitu anabul nyaris selalu terkejut dan menghindar saat di sekitarnya ada ketimun. Apa ya yang membuat kucing takut ketimun?

Pertanyaan umum ini juga muncul dari tren media sosial. Ada beberapa video yang beredar di media sosial yang berisi pemilik hewan memfilmkan diri mereka sendiri dan secara diam-diam meletakkan ketimun di belakang kucing mereka yang tidak menaruh curiga. Saat kucing berbalik, mereka dikejutkan oleh buah tersebut dan selalu melompat mundur ketakutan.

Video dan reaksi kucing yang terkejut itu menimbulkan tanya: Mengapa kucing takut pada ketimun?

Para ahli memiliki beberapa teori mengapa ketimun membuat kucing ketakutan, tetapi sejauh ini tidak ada jawaban yang pasti.

Mengutip laman Reader's Digest, sebagian besar setuju bahwa ketakutan kucing tidak ada hubungannya dengan ketimun itu sendiri daripada apa yang diwakili oleh ketimun atau bagaimana mereka muncul secara "ajaib".

Salah satu penjelasan paling populer kucing takut adalah ketimun mengingatkan kucing pada ular.

“Beberapa orang percaya bahwa ketimun terlihat seperti ular, yang merupakan predator yang diketahui menyerang dan bahkan memakan kucing,” jelas Claudine Sievert, DVM, seorang dokter hewan yang berbasis di Kansas.

"Kucing melihat benda hijau memanjang dan mengira itu ular, jadi mereka lari darinya."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Lainnya

Ide lainnya adalah kemunculan ketimun yang tiba-tiba itulah yang membuat kucing takut. Ini mirip dengan mengejutkan seseorang dengan menyelinap di belakang mereka.

“Jika mereka berbalik dan tiba-tiba melihat ketimun di sana, itu menyebabkan mereka melompat dan ketakutan,” kata Dr. Sievert.

“Jika Anda pernah memperhatikan kucing Anda, Anda akan tahu bahwa dia menyadari segala sesuatu di sekitarnya, dan jika sesuatu bergerak tiba-tiba atau tidak terduga, dia akan bereaksi. Matanya akan melebar, dan seluruh tubuhnya menjadi waspada.”

 

3 dari 3 halaman

Jangan Tes Reaksi Kucing Pakai Ketimun

Meskipun video yang memperlihatkan kucing takut ketimun dan buah-buahan lainnya terasa menghibur, para ahli menyarankan untuk tidak mencoba lelucon serupa di rumah dengan hewan peliharaan Anda. Melakukan hal itu tidak baik untuk kesehatan mereka.

“Mengenai masalah etika, orang-orang yang menyiapkan video ini sengaja menakut-nakuti hewan yang tidak menaruh curiga,” jelas Gary Richter, DVM, pakar kesehatan hewan di Rover.

“Tidak seperti lelucon praktis yang dimainkan pada seseorang, di mana 'korban' memahami apa yang telah terjadi dan mudah-mudahan bisa menertawakannya setelah itu, kucing itu tetap tidak tahu apa-apa. Mereka tidak tahu apa yang baru saja terjadi dan mereka mengalami tingkat stres yang sangat nyata dan perubahan perilaku yang berpotensi signifikan sebagai hasilnya. Dokter hewan melihat banyak hewan setiap hari yang memiliki masalah perilaku yang berasal dari peristiwa traumatis.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat