uefau17.com

Viral Mudik Lebaran Bawa Anabul Naik Motor, Tuai Pro dan Kontra Warganet - Health

, Jakarta Media sosial diramaikan dengan fenomena mudik Lebaran Idul Fitri 2023 dengan membawa hewan peliharaan anak bulu (anabul) seperti kucing. Tak sedikit yang menganggap hal itu lucu.

Namun, tak sedikit pula warganet yang mengecam mudik bawa kucing karena dinilai cukup berbahaya. Salah satu video viral mudik bawa anabul dicuit oleh pemilik akun Twitter @TxtSerang.

"Toloongg ini lucu bgtt mengnyaa ngerangkul muluu," tulis keterangan akun @TxtSerang mengutip cuitan video anabul dibawa mudik, Sabtu (22/4/2023).

"Rombongan Pemudik yang melintas di Kota Serang dari Tangerang menuju Palembang. Kamis 20/4. Siapa yg ngeliat mengnya langsung di lampu merah pisang mas?" tambahnya.

Selain itu, pemilik akun TikTok @rara_mw turut mengunggah video viral serupa. Ia diketahui membawa anabul miliknya untuk ikut mudik melintasi lima kabupaten di Sulawesi Selatan.

"Mudik bareng majikan (kucing peliharaan) lintas 5 kabupaten," tulis Rara sambil menyertakan video kucingnya yang dibawa menggunakan motor untuk mudik.

Viral Mudik Bawa Kucing Bisa Bikin Tersiksa

Merespons fenomena satu ini, dokter hewan Nur Purba Priambada yang aktif di Twitter melalui akun @piyopikavet angkat bicara. Menurutnya, tindakan mudik Lebaran Idul Fitri membawa kucing sebenarnya akan membuat mereka tersiksa.

"Kasian kucingnya tersiksa sepanjang perjalanan dikekep kaya gitu, kena angin-panas-bising-asap. Mana jauh dan lama lg," ujar pria yang akrab disapa Purbo mengutip cuitannya pada Jumat, 21 April 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anabul Bisa Stres Berat Jika Dibawa Mudik

Lebih lanjut Purbo mengungkapkan bahwa akan lebih baik jikalau anabul tersebut dititipkan saja di tempat penitipan hewan ketimbang harus ikut mudik.

Mengingat kucing bisa merasa stres berat lewat perjalanan panjang itu. Meski dibawa menggunakan mobil pun, kucing masih bisa merasakan stres berat akibat perjalanan panjang mudik.

"Sebaiknya kalo mudik, piaraannya dititipin aja. Karena sekalipun dibawa pake mobil dengan kandang transport yg okepun, mereka tetap akan stress berat," kata Purbo.

Pendapat selaras diungkapkan oleh Farchan Noor Rachman melalui akun Twitter @efenerr. Menurutnya, menitipkan anabul memang lebih baik karena akan menjamin kondisinya selama ditinggal pemilik.

"Lihat twit dok @piyopikavet soal membawa anabuls di perjalanan rame juga. padahal enak lho dititipin kalau di tempat yang proper, dikabarin terus tiap hari, kalau sakit dokternya langsung yang telpon untuk minta konfirmasi tindakan. anabuls aman, kami tenang," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Warganet Tak Setuju Anabul Harus Dititip Saat Mudik

Melihat cuitan milik Purbo, ternyata ada pula warganet yang tak setuju. Menurut beberapa warganet, anabul bisa lebih stres jika dititipkan pada tempat penitipan hewan dalam waktu yang lama.

"Personally aku nggak setuju. Aku bawa semua kucingku pas mudik (4 ekor) karena justru lebih kasian kalo mereka dikandangin selama 2 minggu di tempat penitipan. Iya, mereka stress selama perjalanan, tapi toh cuma sebentar. Waktu di rumah mbah langsung bebas lari2," tulis salah seorang warganet.

Purbo menjawab bahwasanya membawa anabul saat mudik bukan berkaitan dengan masalah personal. Sebab, hewan bisa mengalami masalah fisiologis dan psikologis dalam waktu bersamaan.

"Saya si bukan masalah personal, ini masalah fisiologis dan psikologis si hewan. Bisa jadi ada hewan yg terbiasa dengan rutinitas perjalanan, ada jg yg sebetulnya ga keliatan kalo bermasalah. Lebih2 kalo dibawa pake motor gitu kan," kata Purbo menjawab cuitan warganet tersebut.

4 dari 4 halaman

Warganet Sebut Bawa Anabul Mudik Tidak Lucu

Selain itu, tak sedikit warganet yang ikut geram melihat fenomena mudik bawa anabul. Menurut banyak warganet, tindakan itu tidak ada lucu-lucunya.

"Kucingnya kepanasan gara2 diajak mudik. Gws dah lu pada yang nganggep lucu kucing dibawa mudik," tulis pemilik akun Twitter @s***h.

"Ga ada lucu-lucunya Ini. Gue malah kasihan kucingnya ya," ujar akun @d***o.

"kesian bgt kucingnya," kata warganet lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat