uefau17.com

Makin Besar Ukuran Payudara, Bisa Jadi Menyakitkan - Health

, Jakarta Siapa yang bilang punya payudara besar menyenangkan? Nyatanya tidak selalu begitu.

Sebuah studi di tahun 2020 menyebutkan wanita dengan ukuran cup bra makin besar maka makin banyak yang mengeluhkan sakit punggung. Dalam studi itu melibatkan 269 orang, dipublikasikan dalam Women's Health London.

Baca Juga

  • VIDEO: Dugaan Malapraktik, Wanita Suntik Payudara lalu Meninggal Dunia

Temuan itu sebenarnya tidak mengagetkan karena memang ukuran payudara yang besar ini memengaruhi postur jadi lebih merunduk ke depan.

"Selain itu menempatkan lebih banyak tekanan pada leher dan punggung bagian atas," kata terapis fisik, Jessica McManus.

Kondisi di atas berlanjut memengaruhi otot-otot punggung. Ketika bagian tengah tulang belakang tegang, maka hal itu bisa menjalar ke leher dan menyebabkan tulang-tulang di bagian punggung bagian atas dan tegang dan lelah.

Meski begitu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit punggung bagi pemiliki payudara besar. Mulai dari memilih bra sampai peregangan bisa dilakukan. Selengkapnya seperti mengutip Well and Good pada Rabu (20/7/2022).

1. Pakai Bra Ukuran Pas

Mengenakan bra yang tepat sangat penting untuk mengurangi nyeri punggung menurut McManus.

Ia menyarankan untuk setiap tahun atau dua tahun sekali mengukur ukuran payudara di tempat pembelian bra dengan petugas profesional. Hal ini penting karena ukuran payudara bisa berubah. 

Pastikan tidak ada cap atau tanda merah pada kulit Anda dari tali pengikat Anda di bahu Anda. Jika itu terjadi yang berarti bra tersebut terlalu ketat dan menarik payudara, tambah McManus.

"Tali pada bra harus memiliki setidaknya tiga pengait di bagian belakang, karena ini merupakan faktor besar dalam tingkat dukungannya," kata Heather Jeffcoat seorang dokter terapis fisik.

Lalu, jika payudara besar menyebabkan sakit punggung saat berolahraga, hal terpenting harus memiliki bra olahraga yang mendukung, kata dokter yang juga terapis fisik Kristen Gasnick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Postur Tepat Saat Bekerja

Saat bekerja, pastikan komputer atau laptop membuat Anda bisa bekerja dengan postur yang baik. Jika postur membungkuk ke depan ini bisa menyebabkan sakit punggung. Ketegangan yang muncul benar-benar dapat menambah punggung Anda kesakitan.

Cara terbaik untuk mempertahankan postur kerja yang baik adalah dengan mendorong pantat Anda ke bagian belakang kursi dan menyandarkan punggung Anda ke sandaran kursi untuk menopang, kata McManus.

 

3 dari 4 halaman

3. Jeda Bila Duduk Kelamaan

"Bagi yang bekerja kantoran atau kerap duduk, bangun dari duduk sekitar 30 menit sekali lalu tarik napas secara dalam saat melakukan peregangan," saran McManus.

Hal ini dapat membantu tubuh rileks setelah berada dalam posisi duduk beberapa saat. Napas dalam membantu dada Anda terbuka dan meningkatkan aliran darah ke otot Anda juga, tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

4. Latihan

4. Latihan Kekuatan Otot Punggung

Memperkuat otot punggung dan bahu adalah ide yang baik, seperti saran Gasnick. Memperkuat otot punggung dapat meningkatkan toleransi terhadap kekuatan tarikan dada.

5. Latihan Otot Dada

Memiliki payudara besar membuat wanita jadi sering menarik postur jadi lebih condong ke depan. Dengan latihan area dada dapat membantu memperbaiki postur tersebut. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat