uefau17.com

Mobil Jenazah yang Mengangkut Eril Anak Ridwan Kamil Bergerak Menuju Bandung - Health

, Jakarta - Sekitar pukul 16.49 WIB, mobil jenazah berwarna abu-abu dengan nomor polisi B 1919 SIA berjalan mundur ke arah Kargo Jenazah Bandara Soekarno Hatta untuk membawa jenazah Eril anak Ridwan Kamil ke Bandung, Jawa Barat.

Dari pantauan , prosesi serah terima jenazah Eril ke pihak keluarga besar Ridwan Kamil berjalan tidak sampai satu jam.

Peti jenazah berwarna cokelat yang di dalamnya terdapat jasad Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril dimasukkan ke dalam mobil jenazah tersebut sekitar pukul 16.51 WIB.

Tepat pukul 16.52 WIB, jenazah Eril diberangkatkan menuju Bandung. Di saat mobil bergerak, Ridwan Kamil beserta istri berjalan menghampiri awak media.

Berkali-kali keduanya mengucapkan terima kasih sambil membungkukan badannya atas perhatian yang diberikan media sejak beredarnya informasi hilangnya Eril di Sungai Aare di Bern, Swiss sampai akhirnya jasad Eril ditemukan.

Setelah itu, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya pun masuk ke mobil jenazah. Mobil jenazah bergerak meninggalkan Kargo Jenazah Bandara Soekarno Hatta menuju Bandung tepat pukul 16.54 WIB.

Dengan pengawalan ketat, diperkirakan jenazah Eril anak Ridwan Kamil tiba di Gedung Pakuan sekitar dua jam.

Beberapa saat sebelumnya, saat prosesi serah terima jenazah Eril masih berlangsung, adik sekaligus Juru Bicara Keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, keluar dari gedung Kargo Jenazah Bandara Soekarno Hatta untuk menemui awak media guna menyampaikan sejumlah hal.

"...Terima kasih atas nama keluarga Ridwan Kamil dan almarhum Emmeril Kahn Mumtadz kepada seluruh warga dan lain-lain (yang tidak bisa disebutkan satu per satu)," katanya.

Elpi juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memerintahkan jajarannya untuk membantu keluarga Ridwan Kamil selama masa pencarian Eril yang sempat hilang terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss, sampai ke pengurusan jenazah balik ke Tanah Air.

"Ini juga dibantu Kementerian Luar Negeri dan KBRI Swiss dan KBRI Doha," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ridwan Kamil yang Jadi Imam Salat Jenazah untuk Eril

Dijelaskan Elpi, jenazah Eril akan langsung disalatkan setibanya di Rumah Pakuan, Bandung, nanti malam. Ridwan Kamil sendiri yang akan mengimami salat jenazah anak laki-lakinya itu.

"Setibanya di Bandung, yang akan dilakukan pertama, Pak Ridwan Kamil memimpin keluarga besar mensalatkan Eril," kata Elpi.

Lalu, selepas salat jenazah, warga atau publik yang ingin juga mendoakan, akan diberikan kesempatan mulai pukul 23.00 WIB, hingga keesokan harinya, Senin 13 Juni 2022, sekitar pukul 08.00.

Sebab, pada Senin sekitar pukul 09.00, rombongan akan bertolak ke pemakaman di Cimaung Kabupaten Bandung. Tepatnya di lahan Islamic Center, milik keluarga besar.

"Pada saat pemakaman ini, situasi lokasi pemakaman akan ada pengaturan. Sehingga diharapkan kepada keluarga dan tokoh yang akan hadir sudah dapat ada di lokasi pukul 10.00, sehingga prosesi pemakaman dapat dilaksanakan pukul 11.00 dan berakhir pada siang hari," katanya.

Setelah itu, kata Elpi, lahan atau area pemakaman akan dibuka aksesnya untuk warga lainnya yang belum melaksanakan ziarah makam, untuk mendoakan almarhum Eril.

 

 

3 dari 4 halaman

Imbauan Bagi yang Ingin Takziah

Himbauan

Tanpa mengurangi rasa hormat,

1. Setiap tamu yang akan bertakziah diimbau untuk melapor ke petugas kemanan.

2. Pelaksanaan salat jenazah akan bertahap dilaksanakan pada Minggu, 12 Juni 2022 pukul 22.00 WIB sampai dengan Senin, 13 Juni 2022 pukul 08.00

3. Untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara, kami mohon simpati dan empatinya.

4. Untuk media yang bertugas, berkoordinasi dengan Humas Jabar terlebih dahulu

5. Kepada para tamu yang akan hadir pada pemakaman diharapkan:

a. Hadir sebelum pukul 10.00 WIB

b. Efektif dalam penggunaan kendaraan agar tidak menimbulkan kemacetan

6. Bagi masyarakat yang hendak ziarah, bisa dilaksanakan setelah proses pemakaman selesai.

7. Setiap tamu yang akan berkunjung dan hadir di lokasi harap mematuhi semua aturan yang berlaku. 

Mohon pengertian dan kerjasamanya

4 dari 4 halaman

Prosesi Pemakaman Dikawal Ketat

Terkait dengan pemakaman Eril, Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo, mengatakan, pengawalan dan pengamanan bakal dilakukan lantaran diperkirakan bakal banyak masyarakat yang ikut menghadiri proses pemakaman.

"Otomatis kita lakukan pengamanan karena pertimbangan situasinya ini kemungkinan besar akan banyak massa," kata Ibrahim kepada wartawan, Sabtu, 11 Juni 2022.

Menurut Ibrahim, pengawalan akan dilakukan tidak hanya di rute menuju lokasi pemakaman. Tetapi pengaturan juga akan dilakukan di lokasi pemakaman.

"Jadi, ada dua hal kita lakukan pengamanan. Baik dari lalu lintasnya maupun pengamanan masyarakat dan pengawalannya nanti," katanya.

Ibrahim menjelaskan, petugas yang terlibat dalam pengamanan nanti dari pihak Polresta Bandung. "Itu dari Polresta Bandung saja untuk pengamanan wilayah karena memang wilayah polresta saja," dia menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat