uefau17.com

Capaian Vaksinasi Booster Naik 15 Kali Lipat Jelang Mudik Lebaran 2022 - Health

, Jakarta Perkembangan cakupan vaksinasi booster naik tajam 15 kali lipat menjelang mudik Lebaran 2022. Capaian ini turut didukung dengan adanya vaksinasi booster menjadi syarat mudik, yang mana calon pemudik tidak perlu lagi menunjukkan tes COVID-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, kenaikan cakupan vaksinasi booster sudah naik secara konsisten sejak Januari 2022. Masyarakat yang berbondong-bondong ingin mudik pun semakin membuat laju vaksinasi booster meningkat.

"Cakupan vaksinasi booster naik secara konsisten sejak Januari 2022 hingga saat ini, menjelang periode mudik Lebaran," ungkap Wiku menjawab pertanyaan Health di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa, 5 April 2022.

"Pada level nasional, capaian vaksinasi booster saat ini mencapai 9,52 persen target Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau naik sekitar 15 kali lipat dalam waktu 3 bulan."

Cakupan vaksinasi booster di beberapa daerah sesuai data Kemenkes juga menunjukkan performa baik dan patut diapresiasi. Salah satunya di Bali dengan capaian di angka 52 persen.

"Pertumbuhannya (laju vaksinasi booster) mencapai 32 persen hanya dalam waktu satu bulan," imbuh Wiku.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percepatan Vaksinasi Booster di Daerah

Pemerintah pusat terus mendukung percepatan vaksinasi booster di berbagai daerah, khususnya menjelang periode ibadah atau perhelatan acara besar. Upaya ini demi memberikan perlindungan optimal, terlebih saat mudik dengan mobilitas yang tinggi.

"Terlihat upaya ini (vaksinasi booster) dapat mencegah lonjakan kasus. Contohnya, di perhelatan MotoGP Mandalika baru-baru ini," Wiku Adisasmito melanjutkan.

"Tentunya, upaya vaksinasi harus dibarengi juga dengan pengawasan protokol kesehatan ketat sehingga dapat mencegah penularan secara maksimal."

Pada konferensi pers sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, laju vaksinasi booster naik tajam seiring menjadi syarat mudik Lebaran 2022. Hal ini terlihat di seluruh Pulau Jawa dan Bali.

"Sejak diumumkan sebagai salah satu syarat mudik Idulfitri tahun ini, laju vaksinasi harian untuk vaksin booster di seluruh Provinsi Jawa dan Bali mengalami tanda-tanda peningkatan yang cukup tinggi," ungkap Luhut usai Rapat Terbatas di Kantor Presiden Jakarta pada Senin, 4 April 2022. (Selengkapnya: Laju Vaksinasi Booster Melesat Sejak Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022)

3 dari 3 halaman

Infografis Siap-Siap Vaksinasi Booster Covid-19 Dimulai 12 Januari 2022

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat