uefau17.com

Menangis Tak Perlu Selalu Ditahan, Mari Kenali Ragam Manfaatnya - Health

, Jakarta - Dalam situasi tertentu, air mata kerap tak terhindarkan. Tak jarang beberapa orang pun berusaha keras untuk menahan tangisannya.

Padahal, menurut profesor klinis asosiasi psikiatri di NewYork-Presbyterian Hospital, Dr Gail Saltz, menahan tangis justru dapat membuat Anda merasakan perasaan lain yang tidak meringankan situasi.

"Jika Anda membuat kebiasaan untuk tidak menangis ketika ada dorongannya, itu dapat membuat Anda merasa lebih stres dan kesal," ujar Gail dikutip Women's Health, Rabu (9/2/2022).

Terlebih, menangis juga memiliki banyak manfaat lainnya lho. Apa sajakah itu? Berikut beberapa diantaranya.

Mencegah kotoran masuk

Terdapat tiga jenis air mata, salah satunya air mata refleks. Jenis air mata satu ini dipicu oleh adanya kotoran atau sesuatu di mata Anda.

"Air mata refleks dirancang khusus untuk membantu Anda melawan hal-hal yang dapat membahayakan mata. Jadi ketika Anda menangis, ini akan secara aktif mencegah kotoran yang dapat membahayakan mata dan membuat mata tidak nyaman," kata dokter mata UCLA Health, Vivian Shibayama.

Menghilangkan stres

Saat Anda merasa begitu lelah dan stres, rasa ingin menangis biasanya akan muncul. Jenis air mata satu inipun dikenal dengan sebutan air mata emosional.

Terlebih, menurut American Academy of Ophthalmology, meneteskan air mata dapat mengurangi tingkat stres karena ternyata air mata emosional memiliki kadar hormon stres sendiri didalamnya.

Maka, menangislah jika memang dibutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencegah mata kering

Menurut National Eye Institute (NEI), mata kering (dry eye) merupakan kondisi kesehatan dimana tubuh tidak dapat menghasilkan air mata yang cukup dan jenis air mata yang tepat.

"Tubuh dapat secara aktif bekerja mencegah mata kering lewat menciptakan air mata basal," ujar Vivian.

Air mata basal sendiri merupakan jenis air mata yang memang ada di mata secara alami. Jenis air mata ini terbuat dari minyak, air, dan lendir.

"Mereka membuat mata Anda bahagia, terlindungi, dan terlumasi," kata Vivian.

Memperbaiki suasana hati

Saltz mengungkapkan, menangis merupakan ekspresi emosi yang intens dan mengeluarkannya dapat memberikan kelegaan.

"Hasilnya? Suasana hati yang lebih baik," katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat