uefau17.com

Fakta dan Pengobatan Penyakit Lupus - Health

, Jakarta - Penyakit lupus tidak bisa disembuhkan meski begitu perlu mendapatkan pengobatan untuk meringankan gejala.

Penyakit lupus adalah penyakit autoimun kronis yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat. Kondisi ini menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, termasuk kulit, sendi, ginjal, hingga otak.

"Walau tidak dapat disembuhkan, pengobatan lupus dapat meringankan gejala, membantu mencegah kekambuhan penyakit, dan meminimalkan risiko kerusakan yang terjadi pada organ," jelas dr. Nia Kurniati, Sp A(K), pada virtual launch LupusKu, senin (8/11/2021).

Perkembangan penyakit lupus pun bisa berubah-ubah, sehingga pilihan obat dan cara pengobatan pada satu pasien yang sama pun dapat berganti seiring berjalannya waktu. Hal ini akan disesuaikan dengan gejala dan tingkat keparahan penyakit.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penanganan Penyakit Lupus

Penanganan untuk masalah lupus bergantung pada gejala dan keluhan yang dialami. Dikutip dari Klikdokter, pengobatan yang umumnya digunakan untuk mengontrol gejala lupus termasuk:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), digunakan untuk menangani nyeri, pembengkakan, atau demam yang disebabkan oleh lupus.
  • Obat kortikosteroid, digunakan untuk menangani peradangan yang disebabkan oleh lupus. Beberapa efek samping tercatat timbul akibat penggunaan obat ini, seperti peningkatan berat badan, lebam pada tubuh, diabetes, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko infeksi.
  • Obat imunosupresan, yang merupakan obat untuk menekan sistem daya tahan tubuh. Efek samping mungkin timbul berupa peningkatan risiko infeksi, kerusakan hati, dan penurunan kesuburan. 

Penderita lupus dianjurkan untuk melakukan kontrol rutin sesuai jadwal yang diberikan oleh dokter. Hal ini bertujuan agar kondisi dan kemajuan pengobatan bisa terpantau.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Menjaga Gaya Hidup Sehat

Selain itu, penderita lupus juga dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat agar pengobatannya efektif dan menurunkan risiko terkena lupus atau kekambuhannya.

Gaya hidup sehat yang dimaksud, yaitu:

  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, misalnya dengan menggunakan pakaian tertutup dan mengoleskan tabir surya
  • Rajin berolahraga, untuk menjaga kekuatan otot, tulang, serta memperbaiki suasana hati
  • Beristirahat dan tidur dengan cukup
  • Menerapkan pola makan sehat, seperti memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian utuh
  • Mengonsumsi vitamin dan suplemen, seperti vitamin D atau suplemen kalsium, jika disarankan dokter
  • Menghindari konsumsi alkohol, karena alkohol bisa berinteraksi dengan beberapa obat untuk lupus
  • Berhenti merokok, karena kebiasaan ini berdampak buruk pada kesehatan tubuh, termasuk kesehatan paru-paru dan jantung
  • Melakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami penyakit infeksi.

 

Reporter: Lianna Leticia

 

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat