uefau17.com

Cuci Tangan Pakai Sabun, Hal Simpel yang Putus Rantai Penularan COVID-19 - Health

, Jakarta - Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia 2021, Kementerian Kesehatan RI kembali mengingatkan betapa pentingnya mencuci tangan pakai sabun.

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan perilaku sederhana yang memiliki dampak luar biasa dalam mencegah penyakit menular. Terutama dalam memutus rantai penularan COVID-19, dan akan tetap menjadi tindakan pencegahan penting saat vaksin sedang diluncurkan.

Mengangkat tema Masa Depan Kita di Tangan Kita – Mari Beraksi Bersama untuk Membuat CTPS Nyata bagi Semua, dengan tagline Cuci Tangan Pakai Sabun Budaya Kita, perayaan tahun ini diharapkan dapat memperkuat komitmen pemangku kepentingan dalam penegakan protokol kesehatan pada masa pandemi.

Sekaligus menjadikan cuci tangan pakai sabun ini sebagai sebuah budaya, bukan paksaan.

Selain COVID-19, membiasakan diri cuci tangan pakai sabun juga dapat menurunkan 2 penyakit utama penyebab kematian pada balita di Indonesia, seperti diare dan ISPA.

"Akses terhadap fasilitas CTPS harus disertai dengan perilaku CTPS yang benar, yaitu masing-masing dari kita harus mencuci tangan dengan sabun secara teratur, setiap saat, dan mengikuti teknik mencuci tangan yang benar," tutur Direktur Kesehatan Lingkungan, R. Vensya Sitohang, M.Epid, pada live streaming Kementerian Kesehatan RI, Rabu (13/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semarakkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2021

Sekretariat Pokja CTPS dan mitra terkait telah merancang acara Kompetisi Foto dan Video CTPS 2021 yang menyediakan hadiah total senilai 10 (sepuluh) juta rupiah untuk 10 orang pemenang.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengunggah foto dan video CTPS di sosial media (instagram) dengan hashtag #HTCPS2021 lalu mention dan follow IG @direktoratkesling. Batas waktu pengiriman foto dan video CTPS ini akan berakhir pada tanggal 14 Oktober 2021.

Adapun agenda lain berupa Pemecahan Rekor MURI Gerakan Disiplin Protokol Kesehatan di Lokasi Terbanyak. Kegiatan ini diawali dengan edukasi cuci tangan pakai sabun dan pemakaian masker melalui pembuatan video yang dilakukan oleh masyarakat umum.

3 dari 3 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Baik Dan Benar

Tak hanya membasuh tangan dengan air, menurut WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia ada cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Dilansir , Rabu (13/10/2021) dari berbagai sumber, berikut adalah cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar.

  1. Basahi kedua telapak tangan dengan air bersih yang mengalir hingga setinggi pertengahan lengan
  2. Kemudian gunakan sabun untuk mengusap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut
  3. Usap dan gosok pula punggung tangan secara bergantian
  4. Tak lupa juga untuk mengusap bagian sela-sela jari tangan, membersihkan sela-sela jari dilakukan secara bergantian
  5. Basuh juga sela-sela jari hingga bersih mengggunakan sabun
  6. Gosok dengan cara mengusap memutar pada kedua ibu jari secara bergantian
  7. Letakkan jari tangan pada telapak tangan dengan cara mengatupnya, lalu gosok dengan perlahan lalu tak lupa gosok pergelangan tangan pula kemudian bilas hingga bersih.

 

Reporter: Lianna Leticia

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat