uefau17.com

Target Suntik Vaksin Corona Sinovac 18-59 Tahun, Kapan Lansia Vaksinasi COVID-19? - Health

, Jakarta Sejumlah negara di dunia mulai menyuntikkan vaksin Corona kepada warga negaranya, yang mana sasaran target kelompok rentan termasuk para lanjut usia (lansia). Sebut saja Singapura, Inggris, dan Kanada yang memberikan vaksin COVID-19 kepada lansia, selain tenaga medis dan kesehatan.

Sementara itu, vaksin Corona Sinovac yang sedang menunggu izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) di Indonesia menyasar untuk rentang usia 18 sampai 59 tahun. Lalu kapan target vaksinasi Corona untuk lansia?

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjawab, pemerintah sedang mengkaji berbagai hal teknis terkait program vaksinasi.

"Pada prinsipnya, pemerintah ingin memastikan bahwa vaksin COVID-19 tersedia bagi seluruh masyarakat di Indonesia, baik melalui skema subsidi maupun mandiri," jawab Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (15/12/2020).

"Informasi terkait detail pelaksanaan vaksinasi juga masih dalam pembahasan. Hal ini akan diinformasikan setelah nantinya terdapat keputusan resmi dari pemerintah."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Teknis Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes

Dalam jumpa pers, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih menyampaikan, beberapa negara di dunia memang ada memprioritaskan suntik vaksin Corona kepada lansia.

"Di beberapa negara ada juga vaksin COVID-19 banyak dipakai untuk usia lanjut (lansia). Karena mereka kan rentan mengalami komorbid (misal diabetes, penyakit jantung, hipertensi)," ujar Daeng di Kantor Sekretariat PB IDI, Jakarta, Senin (14/12/2020).

"Tapi syaratnya pada saat disuntik dalam kondisi stabil dan sehat. Kalaupun punya riwayat komorbid, ketiak divaksin ya harus sehat dan stabil. Bagi usia rentan malah baik dilakukan vaksinasi supaya tidak gampang terkena COVID-19 juga."

Di Indonesia, rentang sasaran vaksinasi COVID-19 usia 18-59 tahun. "Secara teknik nanti diatus khusus oleh Kementerian Kesehatan, siapa saja yang disuntik dan diutamakan. Kita menunggu aturan Kemenkes," imbuh Daeng.

3 dari 3 halaman

Infografis: Perjalanan Wabah dan Vaksinnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat