uefau17.com

4 Jenis Keterlambatan Perkembangan pada Anak, Kenali Penyebabnya Sedini Mungkin - Health

, Jakarta Orangtua sering bertanya-tanya apakah anak mereka mengalami keterlambatan perkembangan, atau perkembangannya normal seperti anak-anak seumurannya.

Centers for Disease Control (CDC) Amerika Serikat membuat daftar periksa pencapaian perkembangan pada tahun 2004 dalam upaya membantu orangtua dan dokter anak mengidentifikasi keterlambatan sedini mungkin dan mengatasi masalah apa pun.

Jika seorang anak tidak mencapai pencapaian ini pada usia yang sesuai, ini adalah saat yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengevaluasi apakah perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penting untuk diingat bahwa keterlambatan perkembangan adalah hal yang umum, tapi hanya 17% anak-anak di bawah usia lima tahun yang menerima layanan untuk keterlambatan mereka dan banyak anak yang memenuhi syarat untuk program intervensi dini tidak terdaftar.

Dalam banyak kasus keterlambatan ini, terdapat opsi perawatan yang tersedia, dan intervensi dini menjadi kunci yang sangat penting.

Apa Itu Keterlambatan Perkembangan?

Keterlambatan perkembangan mengacu pada saat perkembangan anak melalui fase-fase perkembangan melambat, berbalik arah, atau berhenti.

Jika Anda khawatir tentang perkembangan anak, jangan ragu untuk menghubungi dokter anak untuk membahas masalah tersebut.

Dilansir dari Forbes pada Selasa, 16 Juli 2024, ada empat jenis keterlambatan perkembangan:

  • Keterlambatan kognitif (yang memengaruhi pemrosesan intelektual)
  • Keterlambatan gerakan (berkaitan dengan koordinasi otot)
  • Keterlambatan sosial dan emosional (berkaitan dengan kesulitan memahami isyarat sosial)
  • Keterlambatan komunikasi (berkaitan dengan kesulitan memahami atau mengucapkan kata-kata)

"Sering kali, bayi atau anak mengalami lebih dari satu jenis keterlambatan, meskipun mungkin saja hanya satu dari keempatnya," jelas Puji Jonnalagadda, MD, dokter anak bidang perilaku perkembangan di Pediatrix Medical Group di San Antonio.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Keterlambatan Perkembangan pada Anak

Terdapat empat jenis keterlambatan perkembangan, yaitu kognitif, motorik, sosial dan emosional, serta bicara. Berikut penjelasan lebih rincinya:

1. Keterlambatan Kognitif

Menurut Jonnalagadda, keterlambatan kognitif terkait dengan ketidakmampuan untuk memproses informasi secara intelektual, berdasarkan apa yang sesuai untuk usia mereka.

"Misalnya, balita dengan keterlambatan kognitif mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan seperti, "di mana ibumu?" dan "bisakah kamu membawakanku cangkir itu?," katanya.

Sekitar 12 dari 1.000 anak mengalami keterlambatan kognitif dan dapat berkisar dari ringan hingga parah.

2. Keterlambatan Motorik

Ada dua jenis keterlambatan motorik, yaitu keterlambatan motorik kasar dan keterlambatan motorik halus, kata Jenna Putzel, MD, asisten profesor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Washington.

“Keterlambatan motorik kasar terkait dengan otot-otot besar tubuh, sementara keterlambatan motorik halus terkait dengan otot-otot kecil,” kata Putzel.

Jika bayi atau anak mengalami keterlambatan motorik kasar, mereka mungkin mengalami kesulitan merangkak, berjalan, berlari, atau duduk, serta tindakan yang melibatkan gerakan besar.

Jika seorang anak mengalami keterlambatan motorik halus, mereka mungkin mengalami kesulitan menggunakan tangan, pergelangan tangan, jari, lidah, bibir, kaki, atau jari kaki.

 

3 dari 4 halaman

3. Keterlambatan Sosial dan Emosional

Putzel mengatakan anak yang mengalami keterlambatan sosial dan emosional cenderung kesulitan mengenali emosi orang lain dan menanggapinya.

"Seorang bayi atau anak dengan keterlambatan sosial dan emosional kesulitan mengenali emosi orang lain dan menanggapinya, kata Putzel.

Misalnya, seorang bayi mungkin tidak membalas senyuman pengasuhnya, seorang balita atau anak yang lebih besar mungkin tidak mengenali ketika seseorang sedang marah atau kesal.

Sekitar 17% anak mengalami keterlambatan sosial dan emosional.

4. Keterlambatan Bicara

Satu dari lima anak mengalami keterlambatan perkembangan dalam bicara. Hal ini umumnya ditandai dengan penggunaan kata-kata lebih lambat dibandingkan teman sebayanya.

4 dari 4 halaman

Penyebab Keterlambatan Perkembangan pada Anak

Berikut ini beberapa penyebab keterlambatan perkembangan, tapi penting untuk diingat bahwa semua anak berkembang dengan kecepatannya sendiri.

Jika mereka mencapai beberapa pencapaian perkembangan pada waktu yang berbeda, itu hanyalah bagian dari jalur unik mereka yang harus didukung dan bukan penyebab untuk dikhawatirkan.

  1. Kondisi genetik atau keturunan: Menurut penelitian ilmiah, hingga 40% keterlambatan perkembangan disebabkan oleh genetika.Ini dapat mencakup riwayat keluarga dengan keterlambatan tertentu, kelainan kromosom (seperti Down Syndrome) atau paparan racun selama kehamilan (seperti paparan alkohol atau timbal).
  2. Trauma atau pengabaian: Jika seorang anak mengalami trauma atau pengabaian, mereka berisiko lebih tinggi mengalami keterlambatan perkembangan, khususnya keterlambatan sosial dan emosional serta keterlambatan bicara.
  3. Gangguan pendengaran: Penyebab spesifik keterlambatan bicara adalah anak tuli atau memiliki masalah pendengaran, sesuatu yang tidak terdeteksi pada bayi, menurut. Jonnalagadda.
  4. Masalah medis: Jika seorang anak mengalami masalah medis seperti stroke, infeksi telinga kronis, atau trauma kepala, mereka berisiko lebih tinggi mengalami keterlambatan perkembangan.
  5. Kelahiran prematur: Bayi prematur berisiko lebih tinggi mengalami keterlambatan kognitif, motorik, dan bicara karena perkembangan otak yang belum matang dan faktor risiko lain yang mungkin terjadi di dalam rahim, seperti paparan racun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat