uefau17.com

10 Tips Bantu Anda Tidur Nyenyak Malam Ini - Health

, Jakarta Tidur nyenyak alias berkualitas sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental seseorang. Namun, diperkirakan 50–70 juta orang mengalami gangguan tidur yang berkelanjutan. Padahal, kekurangan tidur kronis meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, depresi, dan diabetes.

Rasa lelah karena tidak tidur nyenyak dan kurang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya cedera, misalnya akibat mengantuk saat mengemudi atau mengoperasikan alat berat tanpa konsentrasi penuh. 

Bagi Anda yang memiliki masalah tidur berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa tidur nyenyak malam ini. Selengkapnya, seperti dikutip Medical News Today.

Simak Juga Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit kardiovaskular, mengencangkan otot, dan mengontrol berat badan.

Berolahraga selama 20 hingga 30 menit di siang hari dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Namun, hindari berolahraga berat 2-3 jam sebelum tidur karena bisa membuat kualitas tidur berkurang.

 

3 dari 11 halaman

Kasur Tidak Nyaman? Mungkin Perlu Beli Baru

Jika kasur sudah tua atau tidak cocok, hal itu dapat menyebabkan masalah tidur. Menurut National Sleep Foundation, kasur berkualitas baik cenderung bertahan sekitar 9 atau 10 tahun. Saat membeli kasur baru, penting untuk memilih kasur yang nyaman dan suportif.

4 dari 11 halaman

Batasi Alkohol di Malam Hari

Alkohol dapat mengganggu pola tidur dan meningkatkan kemungkinan seseorang terbangun di tengah malam.

Minum alkohol sebelum tidur juga dapat meningkatkan risiko mendengkur dan apnea tidur.

5 dari 11 halaman

Pertahankan Waktu Tidur yang Teratur

Tubuh manusia memiliki siklus tidur-bangun yang alami. Tidur dan bangun pada waktu yang berbeda-beda pada hari yang berbeda dalam seminggu dapat mengganggu siklus ini, yang dapat menyebabkan masalah tidur.

Jika memungkinkan, usahakan tidur dan waktu bangun yang teratur, termasuk pada akhir pekan.

6 dari 11 halaman

Jadikan Kamar Tidur Nyaman

Penting untuk membuat kamar tidur menjadi lingkungan yang nyaman untuk tidur. Seseorang dapat melakukan ini dengan

- Menjaga suhu tetap sejuk

- Memamtuikan perangkat yang mengeluarkan suara atau cahaya

- Menggunakan tirai anti tembus pandang untuk memastikan ruangan cukup gelap

7 dari 11 halaman

Luangkan Waktu untuk Bersantai

Bersantai sebelum tidur dapat membantu seseorang mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Kegiatan santai dapat meliputi:

  • Berlatih meditasi atau yoga
  • Membaca buku
  • Mandi air hangat
  • Mendengarkan musik
8 dari 11 halaman

Hindari Minum Terlalu Banyak di Malam Hari

Minum terlalu banyak cairan sebelum tidur dapat memengaruhi durasi dan kualitas tidur. Ketika orang minum terlalu banyak cairan, ini dapat menyebabkan mereka terbangun beberapa kali di malam hari untuk buang air kecil.

9 dari 11 halaman

Hindari Tidur Siang

Orang yang merasa sulit untuk tidur di malam hari harus berusaha untuk menghindari tidur siang, karena hal ini dapat membuat tidur malam menjadi lebih sulit. Jika seseorang memang perlu tidur siang, sebaiknya batasi tidur siang kurang dari 1 jam dan hindari tidur siang setelah jam 3 sore.

10 dari 11 halaman

Gunakan Kamar Tidur Hanya untuk Tidur

Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur, bukan untuk hal lain seperti makan atau bekerja. Jadi, pastikan kamar tidur bebas dari perangkat elektronik, seperti komputer, televisi, dan telepon. Jika sudah memiliki anak, doronglah anak-anak untuk tidak bermain di kamar tidur mereka

 

 

(Vania Accalia)

11 dari 11 halaman

Infografis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat