uefau17.com

Pemanasan Dulu Baru Ngulet Saat Bangun Tidur - Health

, Jakarta Gerakan peragangan seperti ngulet sebaiknya tidak langsung dilakukan saat Anda bangun tidur. Hal ini terlalu berbahaya karena badan yang diistirahatkan selama delapan jam belum melakukan pemanasan.

Demikian saran yang disampaikan dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr Ade Jeanne L Tobing, dalam kampanye Ayo Indonesia Bergerak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu, 11 April 2018.

"Biasanya, kalau bangun tidur langsung ngulet, malah ketarik karena (tubuh) tidak panas," ujar perempuan yang juga dosen di Universitas Indonesia itu.

Menurut Ade, temperatur tubuh harus dibuat lebih panas daripada ketika tidur. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan bergerak ke kamar mandi. Setelah itu, gerakan peregangan seperti ngulet boleh dilakukan.

"Itu memang memanjangkan dan membuat relaksasi otot," kata Ade.

Gerakan stretching atau peregangan sendiri bisa dilakukan di mana saja dan menggunakan benda-benda di sekitar kita.

Gerakan mendorong tembok sambil meluruskan kaki bisa dilakukan untuk meregangkan otot betis.

Selain itu, untuk yang memiliki masalah pada lutut bisa melakukan standing hamstring stretch. Caranya dengan menaikkan satu kaki ke kursi atau meja, setelah itu tumit ditekan dan diregangkan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peregangan Otot Leher

Bagi Anda yang sering bekerja dengan gawai, menurut Ade, bisa melakukan jenis peregangan otot leher seperti upper trapezius stretch.

Caranya adalah dengan menekan kepala ke samping menggunakan tangan.

"Benar-benar dijatuhkan. Tahan selama sepuluh hitungan," kata Ade menjelaskan

"Kalian yang suka bekerja dengan menulis, tolong melakukan ini supaya bergerak," kata dokter yang tergabung di Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga ini kepada wartawan sembari tertawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat