uefau17.com

24 Juni 2013: Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Divonis 7 Tahun Penjara, Terjerat Skandal Seks PSK di Bawah Umur - Global

, Milan - Pada 24 Juni 2013, Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, telah dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara dan dilarang dari jabatan publik karena telah berhubungan seks dengan pelacur serta penyalahgunaan kekuasaan.

Namun, Berlusconi masih dinyatakan bebas selama ia mengajukan banding atas putusan tersebut.

Baik taipan media berusia 76 tahun itu dan Karima El Mahroug, wanita Maroko yang terlibat, keduanya membantah bahwa mereka berhubungan seks, seperti dikutip dari BBC, Senin (24/6/2024).

"Saya berniat untuk melawan penganiayaan ini karena saya benar-benar tidak bersalah," tegas Berlusconi setelah putusan.

Ia sudah terlibat dalam beberapa kasus pengadilan lainnya. Pada Oktober 2012, ia dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena penipuan pajak, yang juga sedang dalam proses banding pada saat itu.

Putusan terbaru ini mengakhiri persidangan dua tahun yang sering menjadi berita utama, dengan tuduhan wanita bertelanjang dada dan permainan pesta erotis.

Berlusconi dinyatakan bersalah karena membayar untuk berhubungan seks dengan El Mahroug, yang dikenal sebagai "Ruby the Heart Stealer", pada tahun 2010, meskipun saat itu gadis tersebut telah berusia 17 tahun.

Ia juga dinyatakan bersalah menyalahgunakan kekuasaan jabatannya, dengan mengatur agar El Mahroug dibebaskan dari tahanan polisi ketika ia ditahan dalam kasus pencurian kecil terpisah.

El Mahroug merupakan salah satu dari sekelompok wanita yang diundang ke kediaman pribadi Berlusconi untuk acara pesta yang disebut "bunga-bunga".

Berlusconi bersikeras bahwa yang diduga pesta seks itu sebenarnya adalah acara makan malam di mana tamu wanita menampilkan tarian "burlesque".

Pihak penuntut mengatakan bahwa wanita-wanita tersebut merupakan bagian dari sistem prostitusi yang dibentuk untuk kepuasan seksual pribadinya.

Meskipun mendatangi pelacur bukanlah kejahatan di Italia, berhubungan seks dengan pelacur yang berusia di bawah 18 tahun adalah pelanggaran, dengan ancaman dihukum penjara.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Ajukan Banding

Hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan Milan adalah satu tahun lebih banyak dari tuntutan enam tahun yang diminta oleh jaksa.

Begitu mendengar putusan tersebut, pengacara Berlusconi, Niccolo Ghedini, langsung mengumumkan akan mengajukan banding.

"Ini di luar nalar," kata Ghedini kepada wartawan di luar pengadilan. "Para hakim bahkan melampaui permintaan jaksa."

Namun, Berlusconi tidak harus menghabiskan waktu di penjara kecuali proses banding yang panjang telah selesai.

Bahkan setelah itu, ia mungkin terhindar dari penjara karena aturan hukuman yang ringan untuk orang di atas usia 70 tahun.

Putusan ini dianggap dapat memiliki dampak politik yang signifikan bagi Italia, kata para analis.

Putusan bersalah ini dapat melemahkan pemerintahan koalisi Perdana Menteri Enrico Letta yang sedang menjabat pada saat itu, yang bergantung pada dukungan partai kanan-tengah Berlusconi, People of Freedom (PdL).

Meskipun Berlusconi menyatakan kesetiaannya kepada Letta, banyak analis percaya ia bisa menarik dukungannya jika ia merasa pemerintah tidak memberikan perlindungan yang cukup.

3 dari 4 halaman

Pernah Menyuap Senator Italia

Pengadilan di Napoli juga pernah menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada mantan perdana menteri Italia dan taipan media Silvio Berlusconi ini karena menyuap seorang senator sebagai bagian dari rencana untuk menggoyahkan pemerintahan kiri-tengah periode 2006-2008.

Melansir dari The Guardian, Berlusconi, yang berusia 78 tahun, tidak akan menjalani hukuman tersebut karena undang-undang pembatasan akan habis masa berlakunya akhir tahun 2015, jauh sebelum putusan akhir dicapai dalam banding.

“Itu merupakan persidangan yang baik, penuh semangat, tetapi dari segi konsekuensi, tanggal kedaluwarsa yang akan segera datang menghilangkan semua pathos dari putusan,” kata jaksa Henry John Woodcock setelah putusan disampaikan pada hari Rabu 8 Juli 2015.

Kasus ini berpusat pada suap senilai €3 juta, yang sekarang setara dengan Rp52 miliar, dibayarkan melalui perantara kepada Sergio De Gregorio, yang mengaku menerima uang tersebut, untuk memaksa dia keluar dari koalisi perdana menteri saat itu, Romano Prodi.

Suap tersebut merupakan bagian dari rencana untuk semakin melemahkan koalisi yang rapuh dan pembelotan tersebut secara luas dianggap merugikan pemerintahan Prodi, yang runtuh pada tahun 2008, dua tahun setelah pemilihan umum. Partai kanan-tengah Berlusconi, Forza Italia, memenangkan pemilu yang diadakan setelah itu dan dia menjabat sebagai perdana menteri Italia untuk ketiga kalinya hingga 2011.

4 dari 4 halaman

Sosok yang Penuh Skandal

Kasus ini menandai masalah hukum lain dari Berlusconi.

Awal tahun 2015, ia menyelesaikan hukuman kerja sosial untuk penipuan pajak korporat namun dibebaskan dari tuduhan berhubungan seks dengan penari di bawah umur setelah hakim memutuskan bahwa ia tidak mungkin mengetahui bahwa dia masih di bawah umur.

Berlusconi seharusnya masuk penjara karena penipuan pajak tersebut jika dirinya lebih muda, tetapi ia diperbolehkan menjalani hukumannya dengan membantu penderita demensia di panti jompo sekali seminggu.

Dalam menyimpulkan kasus penyuapan ini, jaksa Vincenzo Piscitelli mengatakan kepada pengadilan bahwa 3 juta Euro yang dibayarkan kepada senator tersebut merupakan “investasi ekonomi besar yang dilakukan dengan tujuan mencapai satu-satunya tujuan yang diminati Berlusconi, yang terobsesi dengan keinginannya untuk menyingkirkan Prodi dan mengambil posisinya”.

Kasus ini mencapai masa kedaluarsa pada Oktober atau November 2015, menurut media Italia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat