uefau17.com

Pemalsuan Obat-obatan Meluas di Pakistan, Ada Warga Mengaku Buta Akibat Salah Resep - Global

, Karachi - Pemalsuan dan pembajakan terjadi dan tersebar luas di Pakistan, terutama di bidang farmasi. Bahkan, dilaporkan ada kematian akibat obat palsu sering terjadi.

Kekurangan obat yang terus-menerus di Pakistan telah menyebabkan pasar dibanjiri produk palsu yang tak terelakkan saat suatu produk dibutuhkan tetapi tidak tersedia.

Terlebih lagi, kurangnya upaya mengatasi masalah yang disebabkan oleh obat palsu.

Otoritas Pengawas Obat Pakistan disalahkan atas pengawasan yang ceroboh dan kegagalan untuk mengurangi penipuan obat palsu, dikutip dari laman dailycountrytodaybd, Rabu (19/6/2024).

Penggunaan bahan baku yang terkontaminasi dengan dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG), yang dapat menimbulkan risiko kesehatan serius bagi konsumen, dilaporkan merajalela di antara produsen farmasi di Pakistan.

Ada penjualan eceran obat-obatan yang meragukan yang tak terkendali di mana Propilen glikol, sorbitol, dan gliserin digunakan sebagai pelarut dalam pembuatan sediaan cairan oral.

Permasalahan yang berulang terjadi menunjukkan bahwa regulasi obat memerlukan restrukturisasi skala besar dan penegakan akuntabilitas serta pengendalian obat dalam industri farmasi, dibantu oleh buku panduan obat bersertifikat untuk praktisi, ahli kimia, dan konsumen.

Namun di Pakistan, tidak adanya ketersediaan obat yang stabil dengan harga yang rasional memaksa pasien untuk tidak hanya membeli obat di pasar gelap dengan harga yang jauh di atas harga yang diminta produsen lokal, tetapi mereka juga menanggung risiko besar mengonsumsi obat yang mungkin palsu, bahkan tiruan.

Dengan tidak adanya regulasi obat yang tepat, Pakistan kehilangan akses ke perusahaan farmasi terkemuka dunia.

Raksasa farmasi internasional Eli Lilly dan Fresenius baru-baru ini bergabung dengan serangkaian perusahaan multinasional yang keluar dari Pakistan setelah bertahun-tahun merugi.

Berbeda dengan kebanyakan negara, di Pakistan, regulasi harga farmasi dan kualitas obat berada di tangan regulator yang sama, yaitu Otoritas Regulasi Obat Pakistan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warga Mengaku Alami Kebutaan

Pada September 2023, beberapa pasien diabetes di Lahore, Kasur, dan Jhang kehilangan penglihatan mereka ketika diberikan obat mata yang dipalsukan -- suntikan Avastin untuk mengatasi kerusakan retina.

Di antara mereka yang terkena dampak adalah saudara laki-laki dari pemimpin senior PPP Chaudhry Manzoor Ahmed.

Angka resmi mengungkapkan bahwa obat yang terkontaminasi telah sangat mempengaruhi penglihatan 68 pasien di provinsi tersebut sejak penipuan itu muncul.

Penyelidikan yang dilakukan kemudian mengungkapkan bahwa pemiliknya mengemas ulang (meramu) obat/suntikan di lingkungan yang sangat tidak steril di sebuah laboratorium yang terletak di ruang bawah tanah rumah sakit swasta di Model Town, Lahore.

 

3 dari 3 halaman

Apotek Ilegal Bermunculan

Pada Desember 2023, Dawn melaporkan bahwa apotek ilegal dan tidak berizin telah bermunculan di Karachi selama beberapa waktu.

Keberadaan mereka memiliki implikasi serius terhadap kesehatan dan keselamatan publik.

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi lonjakan jumlah apotek semacam itu di kota tersebut. Mereka beroperasi tanpa izin yang diperlukan dan pengawasan peraturan. Tempat-tempat ini sering kali memberikan obat tanpa pengawasan apoteker yang berkualifikasi, sehingga menimbulkan risiko serius bagi kesejahteraan masyarakat umum.

Pada Maret 2024, sebuah pabrik di Kota Ghouri tempat obat palsu diproduksi ditemukan. Bahkan obat hewan pun disita ditemukan sebagai obat palsu.

Pada tanggal 16 Mei 2024 sejumlah besar obat hewan yang tidak terdaftar dan palsu beserta peralatan yang digunakan untuk memproduksinya ditemukan di sebuah toko yang berlokasi di Jawa Road, Islamabad.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat