uefau17.com

Kala Harga Bawang Rp1,1 Juta 1 Kg, Warga di Gaza Utara Kelaparan dan Bertahan Hidup Makan Roti - Global

, Gaza - Perang antara Israel dan Hamas telah membuat kehidupan warga di bagian utara Jalur Gaza, begitu memprihatinkan. Di sana, warga Palestina paling terdampak kelaparan, mereka mengatakan kekurangan sayur-sayuran, buah-buahan dan daging sehingga bertahan hidup hanya dengan roti.

Makanan yang bisa ditemukan di pasar dijual dengan harga selangit, kata mereka: satu kilo paprika hijau, yang harganya sekitar satu dolar sebelum perang, dihargai 320 shekel atau hampir $90 atau Rp1,4 juta. Para pedagang meminta $70 atau sekitar Rp hanya untuk satu kilo bawang.

"Kami kelaparan, dunia telah melupakan kami," kata Um Mohammed, ibu enam anak di Kota Gaza seperti dikutip dari AFP.

Um Mohammed tetap di sana selama lebih dari delapan bulan pemboman Israel. Namun dia dan keluarganya telah beberapa kali meninggalkan rumah mereka menuju tempat penampungan yang ditunjuk di sekolah-sekolah PBB.

"Kecuali tepung, roti, kami tidak punya apa-apa lagi, tidak punya apa-apa untuk dimakan, jadi kami makan roti saja,” ujar Um Mohammed.

Pada akhir Mei, militer Israel mencabut larangan penjualan makanan segar ke Gaza dari Israel dan Tepi Barat yang diduduki, kata pejabat Palestina dan pekerja bantuan internasional.

Namun dalam unggahan di media sosial, warga Gaza menuduh pedagang yang tidak bermoral mengeksploitasi kebutuhan dengan membeli barang dengan harga reguler di Israel dan Tepi Barat dan menjualnya dengan harga yang sangat mahal.

Mereka mengatakan para pedagang mengambil keuntungan dari lemahnya kepolisian di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

"Tidak ada daging atau sayur-sayuran dan jika ada sesuatu yang tersedia, maka akan dijual dengan harga fiktif yang luar biasa," kata Um Mohammed kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aliran bantuan PBB di wilayah Palestina yang hancur Terhambat

Aliran bantuan PBB di wilayah Palestina yang hancur telah sangat terhambat sejak dimulainya operasi militer Israel di Rafah di Gaza selatan, pintu gerbang utama ke wilayah kantong tersebut dari Mesir. Israel berada di bawah tekanan global yang semakin besar untuk meringankan krisis ini ketika lembaga-lembaga kemanusiaan memperingatkan akan terjadinya kelaparan.

Israel mengatakan mereka tidak membatasi pasokan kemanusiaan untuk warga sipil di Gaza dan menyalahkan PBB atas lambatnya pengiriman, dan mengatakan bahwa operasinya tidak efisien.

Pada hari Jumat (14/6), para saksi mengatakan pesawat menjatuhkan kotak bantuan di daerah Al-Karara dan Khan Younis di Jalur Gaza selatan.“Sebagian besar penduduk Gaza kini menghadapi bencana kelaparan dan kondisi seperti kelaparan,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada hari Rabu (12/6).

Tedros mengatakan lebih dari 8.000 anak balita di Gaza telah didiagnosis dan dirawat karena kekurangan gizi akut, termasuk 1.600 anak dengan kekurangan gizi akut yang parah.

Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan pada hari Jumat bahwa 27 anak telah meninggal karena kekurangan gizi di wilayah tersebut sejak dimulainya perang pada bulan Oktober lalu.

“Tragedi kemanusiaan melanda Gaza utara dan hantu kelaparan mulai terlihat di udara,” kata kementerian tersebut.

 

3 dari 3 halaman

PBB Desak Pengiriman Bantuan

Kampanye darat dan udara Israel dipicu ketika militan pimpinan Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Serangan tersebut telah menyebabkan kehancuran di Gaza, menewaskan lebih dari 37.000 orang, menurut otoritas kesehatannya, dan menyebabkan sebagian besar penduduknya kehilangan tempat tinggal dan kemiskinan.

Pada hari Jumat (14/6), Kamar Dagang Gaza mengeluarkan seruan mendesak kepada komunitas internasional untuk memberikan tekanan pada Israel agar mengizinkan masuknya bantuan yang sangat dibutuhkan.

“Selain kekurangan makanan, air dan obat-obatan, Jalur Gaza bagian utara juga menderita kekurangan banyak kebutuhan dasar hidup, termasuk bahan-bahan kebersihan umum dan pribadi,” kata Kamar Dagang Gaza dalam sebuah pernyataan.

“Dengan kurangnya bahan bakar dan listrik, dan kurangnya layanan kesehatan, rumah sakit tidak dapat berfungsi lagi, dan seluruh fasilitas publik dan swasta telah hancur.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat