uefau17.com

Tinjau Program Makan Siang Gratis di Sekolah India, Delegasi dari Pemerintah RI Berkunjung ke New Delhi - Global

, New Delhi - Demi meningkatkan kerja sama dalam sektor sosial antara pemerintah India dan Indonesia, program kunjungan resmi delegasi RI ke New Delhi dilakukan.

Salah satu kunjungan yang dilakukan berkaitan dengan program makan siang gratis. Mengingat India merupakan negara terbesar di dunia yang menerapkan program tersebut. Prof. Dr. Ir. Rachmat Pambudy dari IPB University, Bogor memimpin delegasi tingkat tinggi Indonesia ke India pada 17-20 Juni 2024.

Kunjungan resmi tersebut bertujuan untuk membina kerja sama bilateral dan pertukaran keahlian di berbagai sektor antara lain ketahanan pangan, distribusi, sektor pertanian, dan program makan siang sekolah gratis terbesar di dunia dengan tujuan menerapkan program serupa untuk menyediakan makanan berkualitas kepada siswa sekolah di Indonesia, demikian disebutkan dalam rilis yang diterima dari Kedubes India di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Kunjungan serupa juga pernah dilakukan pada April 2024 oleh Mochammad Firman Hidayat, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Indonesia dan para ahli dari berbagai Kementerian. Delegasi yang dipimpin oleh Dr. Ir. Rachmat Pambudy terdiri dari para Profesor senior dan para ahli di bidangnya.

Di New Delhi, delegasi mengadakan diskusi dengan Shantanu, Sekretaris Tambahan, Departemen Pangan dan Distribusi Publik, Kementerian Urusan Konsumen, Pangan dan Distribusi Publik dan bertukar wawasan mengenai ketahanan pangan dan strategi distribusi di masing-masing negara. Selanjutnya, delegasi bertemu dengan Ashok K. Meena, Ketua dan Direktur Pelaksana, Food Corporation of India (FCI), dan melakukan kunjungan lapangan ke fasilitas FCI di Delhi.

FCI didirikan pada tahun 1965, berdasarkan Undang-undang Perusahaan Pangan tahun 1964 untuk melaksanakan tujuan Kebijakan Pangan Nasional. Ini adalah salah satu perusahaan manajemen rantai pasokan terbesar di Asia. Delegasi juga bertemu dengan Alliance World dan juga mengunjungi Gojek, perusahaan teknologi Indonesia di Gurugram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan ke Chandigarh

Sementara itu, kunjungan di Chandigarh meliputi tur ke Kantor Wilayah FCI dan Depo Penyimpanan Makanan di Banur, dimana delegasi berinteraksi dengan petugas FCI dan mengamati operasional depo.

Mereka juga mengunjungi Rajpura Kisan Mandi (Pasar Grosir Petani) untuk memahami operasionalnya dan mendapatkan informasi tentang landasan dasar Sistem Penyimpanan dan Distribusi Makanan India.

Dari Chandigarh, delegasi melanjutkan ke Bangalore untuk mempelajari lebih jauh mengenai logistik dan operasional Skema Makan Siang India, di mana tur kerja ke fasilitas dapur Akshaya Patra diselenggarakan.

Akshaya Patra, sebuah organisasi nirlaba, adalah mitra terbesar Pemerintah India dalam menjalankan Skema Makan Siang. Tim mengunjungi Dapur Terpusat dan mengakhiri pertemuan dengan pimpinan senior Yayasan untuk membahas logistik dan peningkatan nilai gizi. ​

Kunjungan ini menggarisbawahi komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerja sama sektor sosial dengan memanfaatkan kekuatan bersama untuk kemajuan bersama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat