uefau17.com

Dokter di India Buka Klinik Khusus Pasien Terdampak Gelombang Panas Ekstrem - Global

, New Delhi - Ibu kota India, New Delhi, dilanda gelombang panas yang berkepanjangan, dengan suhu harian melebihi 40 derajat Celsius sejak bulan Mei, dan puncaknya mencapai hampir 50 derajat Celsius.

Dilansir BBC, Sabtu (22/6/2024), kelembapan dan angin panas memperburuk suhu panas, ditambah lagi dengan kekurangan air dan pemadaman listrik karena melonjaknya permintaan. Dan banyak orang meninggal karena panas, dan laporan media menyebutkan sedikitnya 20 orang meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan panas.

Penyakit akibat gelombang panas dapat diidentifikasi melalui tiga tanda utama: paparan panas dan kelembapan tinggi, suhu inti tubuh 40,5 derajat Celcius atau lebih tinggi, dan perubahan mental seperti kebingungan atau gangguan kesadaran.

Pusat Pengendalian Penyakit Nasional India menyebut serangan panas sebagai kondisi yang "mengancam jiwa" dengan angka kematian 40-64 persen.

Sebuah rumah sakit di Delhi pun membuka klinik khusus kasus "gelombang panas" pada akhir Mei. Sejak itu, tujuh orang telah meninggal karena serangan panas dan lebih dari 40 orang dirawat karena penyakit yang berhubungan dengan panas.

Mayoritas dari mereka adalah laki-laki yang bekerja di luar ruangan dan di pabrik-pabrik kecil yang tidak diatur dengan kondisi yang buruk, dan mengalami paparan panas ekstrem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Menyelamatkan Pasien Serangan Panas

Di klinik RMLH, yang mungkin merupakan klinik pertama di India, upaya untuk menyelamatkan pasien serangan panas menggarisbawahi tantangan yang ditimbulkan oleh keadaan darurat iklim dan kesehatan yang cepat.

Klinik tersebut menangani pasien dengan membenamkannya ke dalam air es dalam bak keramik berkapasitas 250 liter yang suhunya berkisar antara 0 hingga 5 derajat Celcius. Pasien membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk menenangkan diri dan mulai pulih sebelum dipindahkan ke bangsal untuk perawatan lebih lanjut.

"Pendinginan dini menyelamatkan nyawa. Setiap detik berarti," kata dr. Chauhan, dokter di klinik tersebut.

Ia menyebut bahwa keterlambatan dapat berakibat fatal atau menyebabkan pasien mengalami pendarahan, atau menyebabkan kerusakan pada ginjal dan hati.

3 dari 3 halaman

Kondisi Miris Penduduk Delhi

Sayangnya, sepertiga penduduk Delhi tinggal di perumahan di bawah standar dan padat. Permukiman kumuh yang berjumlah 6.400 jiwa, yang menampung lebih dari satu juta rumah tangga, kekurangan pendingin ruangan dan menghadapi krisis penghidupan musiman.

Laki-laki jatuh sakit saat bekerja di luar ruangan; perempuan jatuh sakit setelah menghabiskan waktu lama di dapur dengan kompor tradisional.

Ruang hijau juga langka. Di puncak musim panas, kota ini berubah menjadi tungku yang membara, terjebak di antara panas terik dari atas dan tanah yang membakar di bawah.

Anjana Kumari, istri seorang pekerja berupah harian yang dirawat di RHML karena serangan panas, mengatakan kepada The Indian Express bahwa satu-satunya kipas angin di gubuk kumuh mereka tidak berfungsi karena pemadaman listrik.

Suaminya, yang kelelahan karena bekerja sepanjang hari, tidak bisa tidur dan kemudian menderita kejang, muntah-muntah, dan diare. Dia membawanya ke rumah sakit pada malam hari.

"Dokter mengatakan kepada saya bahwa dia tidak akan bisa berjalan untuk beberapa waktu dan memerlukan banyak perawatan," kata Kumari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat