uefau17.com

Dzikir Pembuka Rezeki setelah Sholat Subuh, Lengkap dengan Bacaan Doanya - Islami

, Jakarta - Dzikir merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dzikir dapat menjadi amalan sunnah rutinan yang dapat dilakukan kapan dan dimana pun.

Misalnya mengamalkan dzikir setiap selesai sholat subuh yang dapat menjadi ikhtiar untuk pembuka rezeki. Sebab setelah sholat subuh termasuk waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa dan dzikir.

Selain itu, amalan ini juga dipercaya akan membuat aktivitas sehari-harinya akan menjadi lancar seolah tanpa hambatan atas kehendak Allah SWT.

Amalan ini ternyata sudah diperintahkan oleh Allah melalui firman-Nya dalam QS. Al-Ahzab ayat 41-42;

"Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”

Mengutip dari laman merdeka.com, berikut adalah dzikir pembuka rezeki setelah sholat subuh berikut bacaan doanya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dzikir Pembuka Rezeki setelah Sholat Subuh

Yang pertama, dzikir pembuka rezeki setelah sholat subuh bisa dimulai dengan membacakan Surah Al-Baqarah ayat 255 atau ayat kursi. Berikut adalah bacaanya:

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ،مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِإِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: "Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.".

3 dari 4 halaman

Dzikir Pembuka Rezeki Lainnya 

Selain itu, Anda juga bisa membaca dzikir yang sebenarnya manfaatnya sangat baik dan banyak. Selain memberikan pahala, ini dipercaya akan membuat hati terasa damai dan tenang baik di dunia dan di akhirat kelak. Berikut adalah dzikir bisa dibaca seperti hadis pada Shahih Muslim:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

Subhānallāhi wa bi hamdih.

Artinya: "Mahasuci Allah dengan segala puji bagi-Nya.".

Adapula hadis dari Abu Dawud menyebutkan lafal tasbih seperti berikut ini:

سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

Subhānallāhil 'azhīmi wa bi hamdih.

Artinya: "Mahasuci Allah yang maha agung dengan segala puji bagi-Nya."

Amalan tasbih di atas bisa dibaca sebanyak 100 kali, meski sebenarnya masih ada banyak macam dzikir yang bisa dilafalkan. Selanjutnya adalah dzikir yang bisa mengiringi doa setelah shalat subuh yaitu:

"Astaghfirullah" 3x

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah" (3x)

"Allahumma Antassalaam wa minkassalaam. Tabaa rokta yaa dzaljalaali wal ikroom."

Artinya: "Ya Allah, Engkau Mahasejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan, Maha Suci Egkau wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan." (HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)

"Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariikalahu. Lahul mulku walahul hamdu, yuhyii wayumiitu. Wahuwa 'alaa kulli syai inqodiir." 10x

Artinya: "Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya pula segala pujian. Dialah yang menghidupkan (orang yang sudah mati atau memberi ruh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu". (HR Ahmad, At Tirmidzi)

"Allaahumma a'innii 'alaa dzikrika. Wasyukrika wahusni 'ibaadatika."

Artinya: "Ya Allah, tolong aku agar selalu berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu". (HR Abu Dawud, Ahmad)

"Subhaanallaah" 33x

"Alhamdulillah" 33x

"Allaahu akbar" 33x

4 dari 4 halaman

Doa Setelah Sholat Subuh untuk Meminta Rezeki

Seperti dilansir dari laman Rumah Syo, terdapat bacaan doa setelah sholat subuh agar supaya umat Islam diberikan kelancaran dalam rezekinya. Lafal ini diucapkan juga oleh setiap Nabi setelah melakukan salam:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

"Allahumma innii asaluka 'ilmaanaafi'aa. Wa rizqontoyyibaa wa amalammutaqobbalaa"

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima." (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Ada pula doa meminta rezeki di pagi hari setelah shalat subuh sesuai yang diriwayatkan oleh Abu Daud, bunyinya seperti berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلَائِكَتَكَ وَجَمِيعَ خَلْقِكَ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ

Allahumma inni ashbathu usyhiduka wa usyhidu hamalata 'arsyika wa malaikatika wa jami'a khalqika annaka antallahu la ilaha illa anta wa anna Muhammadan 'abduka wa rasuluka.

Artinya: "Ya Allah, aku telah berpagi, aku persaksikan Engkau, dan aku persaksikan kandungan 'arys-Mu, malaikat-malaikat-Mu serta seluruh makhluk-Mu bahwa Engkau adalah Allah, tiada tuhan selain-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan Rasul-Mu". (Sunan Abi Dawud, Kitab Al-Adab, Bab Ma Yaqulu Idza Ashbaha, nomor 4407).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat