uefau17.com

8 Juni 1948: Prototipe Cikal Bakal Mobil Mewah Porsche Bermula - Global

, Jakarta - Tepat hari ini, 76 tahun yang lalu, sebuah prototipe aluminium yang dirakit secara manual dengan label "No. 1" mencatat sejarah sebagai kendaraan pertama yang membawa nama dari salah satu produsen mobil mewah terkemuka di dunia: Porsche.

Ferdinand Porsche, insinyur otomotif Austria, memperkenalkan desain pertamanya di Pameran Dunia di Paris tahun 1900. Kendaraan listrik ini berhasil mencetak beberapa rekor kecepatan di Austria, mencapai lebih dari 35 mph atau sekitar 56 km/jam, dan mendapatkan pengakuan internasional untuk insinyur muda. Demikian seperti yang dikutip dari History, Sabtu (8/6/2024)

Ferdinand Porsche menjadi direktur umum Perusahaan Austro-Daimler (cabang dari pembuat mobil Jerman) pada tahun 1916 dan kemudian pindah ke kantor pusat Daimler di Stuttgart, Jerman. Daimler bergabung dengan perusahaan Benz pada tahun 1920-an, dan Porsche bertanggung jawab utama atas desain beberapa mobil balap Mercedes yang hebat pada dekade tersebut.

Porsche meninggalkan Daimler pada tahun 1931 dan kemudian mendirikan perusahaannya sendiri. Beberapa tahun kemudian, Adolf Hitler meminta insinyur tersebut untuk membantu memproduksi mobil kecil "mobil rakyat" untuk masyarakat Jerman.

Bersama putranya yang juga bernama Ferdinand (dikenal sebagai Ferry), Porsche merancang prototipe untuk Volkswagen asli (dikenal sebagai KdF: "Kraft durch Freude," atau "kekuatan melalui kegembiraan") pada tahun 1936. 

Selama Perang Dunia II berlangsung, keluarga Porsche juga merancang kendaraan militer, terutama tank Tiger yang memiliki kekuatan besar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Dipenjara namun Bangkit Kembali

Setelah perang berakhir, pihak Prancis menuduh Ferdinand Porsche melakukan kejahatan perang dan memenjarakannya selama lebih dari satu tahun.

Ferry berjuang untuk menjaga perusahaan keluarga tetap bertahan. Ia membangun mobil balap Grand Prix, Type 360 Cisitalia, untuk seorang industrialis Italia yang kaya, dan menggunakan uang tersebut untuk membayar jaminan ayahnya. 

Ketika Ferinand Porsche dibebaskan dari penjara, ia menyetujui proyek lain yang telah dilakukan Ferry yaitu sebuah mobil sport baru yang akan pertama kali benar-benar menggunakan nama Porsche. 

Dijuluki Type 356, mobil baru ini mengikuti tradisi mobil balap rancangan Porsche sebelumnya seperti Cisitalia. Mesin ditempatkan di tengah sasis, di depan transaxle, dengan komponen drivetrain Volkswagen yang dimodifikasi.

Tipe 356 mulai diproduksi pada musim dingin tahun 1947-48, dan prototipe aluminium yang dibuat sepenuhnya menggunakan tangan selesai pada 8 Juni 1948.

Orang Jerman kemudian mempekerjakan Porsche sebagai konsultan untuk pengembangan lebih lanjut dari Volkswagen. Dengan hasil tersebut, Porsche membuka kantor baru di Stuttgart, Jerman dengan rencana untuk membangun hingga 500 mobil milik perusahaannya sendiri per tahun.

Selama dua dekade berikutnya, perusahaan ini berhasil membuat lebih dari 78.000 kendaraan.

3 dari 4 halaman

Debut Generasi Terbaru Porsche Macan, Punya Tenaga Badak

Adapun generasi terbaru Porsche Macan resmi meluncur di kawasan Garden By The Bay, Singapura, pada Kamis (25/1/2024). Pada generasi baru ini, Porsche Macan bertranformasi menjadi mobil listrik.

SUV laris yang hingga 2023 terjual 840 ribu unit, menyasar pasar yang lebih muda, dan modern dengan kebutuhan mobilitas ramah lingkungan.

Tidak dipungkiri, pasar Tiongkok, kaum hawa, dan juga pembeli pertama Porsche menjadi target market yang harus dipuaskan Porsche lewat pengembangan terbaru ini.

Oliver Blume, CEO VW Group sekaligus CEO Porsche mengungkapkan kehadiran generasi keempat Macan menjadi penanda kolaborasi unik lingkungan dan teknologi bersatu. Selain itu, all electric Macan menjadi sebuah kombinasi teknologi dan seni adiluhung untuk mengejar kesempurnaan.

Blume menjelaskan, kehadiran model listrik kedua Porsche setelah Taycan ini, menandakan sejarah baru bagi  Porsche. Kini  SUV populer Macan benar-benar berpenggerak listrik murni.

"Porsche membawa Macan ke level berbeda. Pertama, e-performance. Kedua, pengalaman berkendara Porsche. Ketiga desain yang ekspresif," ucapnya.

Ketiga faktor ini memang yang menjadi acuan Porsche untuk mengubah Macan terbaru. Porsche Macan diperkenalkan dalam dua varian yakni Macan 4 sebagai varian standar dan Macan Turbo sebagai varian tertinggi.

 

4 dari 4 halaman

Desain Porsche Macan

Sekilas desainnya tidak terlalu berubah drastis, semua orang masih mengenali sebagai sebuah produk  Porsche. Terdapat flat front hood dengan fender menjulang yang khas.

Headlamp dan DRL kini terpisah. Lampu utama di area bemper depan bagian bawah sedangkan DRL di area kap mesin.

Sisi desain ini berdampak kepada aerodinamika.  Porsche mengklaim Macan terbaru menjadi salah satu  SUV dengan nilai hambatan terkecil yakni 0,25. Bisa begini berkat air cooling flaps, bagian bawah kendaraan yang tertutup, optimalisasi desain pelek, dan adaptive rear spoiler.

Area belakang juga diperbarui. Tampilannya kini lebih tajam dengan kaca belakang melandai dan lampu stoplamp tiga dimensi yang membuat kesan futuristik mobil listrik ini.

Area kaki-kaki dan samping tetap mengesankan SUV lewat ukuran pelek hingga 22 inci dan penggunaan aksesori pada wheel arch.

Masuk ke interior, akan terlihat penggunaan tiga monitor di sepanjang area utama. Pertama ada layar curved 12,6 inci sebagai meter cluster, dan dua layar berukuran 10,9 inci sebagai head unit dan layar penumpang.

Head unit ini hadir dengan sistem operasi terbaru untuk Android maupun iOS. Head unit ini juga menawarkan navigasi, perintah suara, serta kemampuan operasional jarak jauh saat pengisian daya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat