uefau17.com

PM Narendra Modi Diprediksi Menang Pemilu India untuk Ketiga Kalinya - Global

, New Delhi - Perdana Menteri India Narendra Modi diprediksi akan kembali memenangkan pemilu untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Kemenangan PM Modi diprediksi oleh mayoritas jajak pendapat, dikutip dari laman BBC, Minggu (2/6/2024).

Analis memperingatkan bahwa jajak pendapat yang dirilis oleh berbagai kantor berita sering kali salah di masa lalu dan tidak memihak.

Namun, mereka telah menempatkan Partai Bharatiya Janata (BJP) milik Modi sebagai calon terdepan dalam pemilihan umum.

BJP, partai oposisi utama Kongres dan para pesaing regional bertarung dalam kampanye sengit selama tujuh tahap pemungutan suara.

Hasilnya akan diumumkan pada tanggal 4 Juni.Sebuah partai atau koalisi membutuhkan 272 kursi di parlemen untuk membentuk pemerintahan.

Koalisi yang dipimpin BJP, Aliansi Demokratik Nasional (NDA), akan melampaui target ini. Menurut jajak pendapat, yang memperkirakan akan memperoleh sekitar dua pertiga kursi.

Dalam komentar pertamanya setelah pemungutan suara berakhir, Modi mengklaim kemenangan tanpa merujuk pada jajak pendapat.

"Saya dapat mengatakan dengan yakin bahwa rakyat India telah memberikan suara dalam jumlah yang sangat banyak untuk memilih kembali pemerintahan NDA," tulisnya di X, tanpa memberikan bukti atas klaimnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Popularitas Narendra Modi

Perdana Menteri Modi maju dalam pemilu dengan popularitas yang luar biasa, tetapi pesaing utamanya - pemimpin Kongres Nasional India, Rahul Gandhi dan koalisi partai oposisi juga memperoleh momentum yang signifikan selama kampanye.

Sekarang, agregat dari enam jajak pendapat memperkirakan kemenangan besar bagi NDA yang dipimpin BJP, tetapi survei semacam itu tidak selalu dapat diandalkan.

Meskipun angka-angka individual bervariasi, mereka memperkirakan bahwa NDA akan memperoleh antara 355 dan 380 kursi.

India adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan 1,4 miliar orang, dan menyelenggarakan pemilu nasional adalah tugas yang sangat berat.

Sekitar 969 juta warga negara memenuhi syarat untuk memberikan suara mereka, yang sama dengan jumlah penduduk AS, Rusia, Jepang, Inggris, Brasil, Prancis, dan Belgia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat