uefau17.com

Dibilang Bau Badan, 3 Pria Kulit Hitam Gugat Pihak Maskapai Atas Diskriminasi Rasial - Global

, Washington, DC - Tiga pria kulit hitam mengajukan gugatan diskriminasi rasial terhadap American Airlines, dengan tuduhan bahwa maskapai tersebut mengeluarkan mereka sebentar dari penerbangan setelah adanya keluhan tentang bau badan.

Ketiganya yang saling tidak mengenal satu sama lain, mengatakan bahwa setiap pria kulit hitam dikeluarkan dari penerbangan tanggal 5 Januari dengan rute penerbangan dari Phoenix, Arizona, ke New York.

"American Airlines memilih kami karena kami berkulit hitam, dan mempermalukan kami," kata para pria tersebut dalam pernyataan bersama pada hari Rabu.

Gugatan tersebut menambahkan bahwa ketika para pria tersebut menunggu di luar pesawat, pilot membuat pengumuman yang memberi tahu penumpang bahwa ada penundaan karena masalah "bau badan".

Penggugat mengatakan klaim tentang bau itu salah.

"Sepanjang penerbangan – mulai dari saat mereka naik ke pesawat, dalam setiap interaksi dengan pramugari laki-laki kulit putih, dan berlanjut hingga pendaratan – Penggugat mengalami perasaan malu, terhina, cemas, marah, dan kesusahan yang mendalam," demikian isi gugatan tersebut, seperti dilansir BBC, Kamis (30/5/2024). 

Menurut gugatan federal yang diajukan oleh kelompok advokasi konsumen Public Citizen, para pria tersebut telah mengambil tempat duduk mereka dan bersiap untuk berangkat dari Phoenix ketika seorang pramugari mendekati mereka dan meminta mereka keluar dari pesawat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diskriminasi Terhadap Kulit Hitam

Alvin Jackson, Emmanuel Jean Joseph, dan Xavier Veal menyatakan bahwa, saat mereka berangkat, mereka menyadari bahwa "setiap orang kulit hitam dalam penerbangan tersebut telah dipindahkan".

Padahal, masing-masing pria tersebut telah terbang dari Los Angeles pada hari itu, tanpa masalah.

Di gerbang penerbangan, ketiga pria tersebut, bersama lima orang lainnya, diberitahu oleh agen maskapai penerbangan bahwa mereka "dikeluarkan karena seorang pramugari pria berkulit putih mengeluhkan bau badan penumpang yang tidak teridentifikasi".

"Tidak ada penjelasan lain selain warna kulit kami. Jelas ini adalah diskriminasi rasial," kata para pria tersebut.

3 dari 4 halaman

Kembali ke Tempat Duduk Semula

Karyawan American Airlines memindahkan ketiganya pada penerbangan lain, tetapi tidak ada layanan lain ke New York malam itu. Mereka kemudian diizinkan untuk mengambil kembali kursi mereka di penerbangan aslinya.

"Tindakan kembali ke tempat duduk mereka setelah penundaan yang tidak beralasan, melewati penumpang yang sebagian besar berkulit putih, beberapa di antaranya memandang mereka dengan kemarahan dan kecurigaan yang tidak semestinya, menambah rasa malu mereka."

Gugatan tersebut mengatakan bahwa maskapai tersebut harus dipaksa membayar ganti rugi yang tidak ditentukan atas "trauma" yang dialami para pria tersebut.

Menanggapi hal tersebut American Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Kami menanggapi semua klaim diskriminasi dengan sangat serius dan ingin pelanggan kami mendapatkan pengalaman positif ketika mereka memilih untuk terbang bersama kami."

"Tim kami sedang menyelidiki masalah ini, karena klaim tersebut tidak mencerminkan nilai-nilai inti kami atau tujuan kami dalam melayani orang lain."

4 dari 4 halaman

Mirip dengan yang Dialami Rosa Parks

Salah satu penggugat, Joseph, mengatakan kepada BBC bahwa pengalaman "mengasingkan" tersebut mengingatkannya pada pahlawan Hak Sipil Rosa Parks yang terpaksa pindah ke bagian belakang bus Alabama pada tahun 1955 karena diskriminasi rasial yang direstui negara.

"Ini adalah cerita yang aneh dan gila bahwa pada tahun 2024 kita masih mengalami hal-hal seperti ini," kata Joseph.

Pada tahun 2017, kelompok hak asasi manusia NAACP, sebuah kelompok hak-hak sipil, mengeluarkan nasihat perjalanan yang meminta warga kulit hitam AS untuk menghindari American Airlines karena diskriminasi.

Mereka mencabut peringatan tersebut pada tahun berikutnya setelah maskapai tersebut mengumumkan telah melakukan perubahan pada sistemnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat