uefau17.com

Sekolah di Dhaka Kembali Dibuka Meski Gelombang Panas Masih Melanda Bangladesh - Global

, Dhaka - Suhu maksimum rata-rata di ibu kota Dhaka, Bangladesh selama seminggu terakhir adalah 45 derajat Celcius.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata 30 tahun untuk periode yang sama, dikutip dari france24, Minggu (28/4/2024).

Penelitian ilmiah yang ekstensif menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan gelombang panas menjadi lebih lama, lebih sering, dan lebih intens.

Di tengah meningkatnya suhu panas ekstrem, aktivitas belajar mengajar di Bangladesh malah dibuka kembali.

Hal ini membuat pihak keluarga siswa cemas menemani anak-anak mereka ke gerbang sekolah untuk memulai kelas di Bangladesh.

"Saya pergi ke sekolah bersama putri saya yang berusia 13 tahun. Dia senang sekolahnya dibuka. Tapi saya takut," kata Lucky Begum yang putrinya terdaftar di sekolah negeri di Dhaka.

“Panasnya terlalu menyengat,” katanya kepada AFP.

“Dia sudah mengalami ruam panas karena berkeringat. Saya harap dia tidak sakit.”

Sekitar 32 juta siswa terpaksa tinggal di rumah akibat penutupan sekolah, kata Save the Children dalam sebuah pernyataan minggu ini.

Sebuah arahan dari otoritas pendidikan yang mengumumkan dimulainya kembali kelas-kelas, mengatakan bahwa taman kanak-kanak akan tetap ditutup, sementara jam sekolah dasar akan dipersingkat.

Biro cuaca Bangladesh mengatakan bahwa gelombang panas akan berlanjut setidaknya selama tiga hari ke depan.

Perwakilan dari badan cuaca Kazi Jebunnesa mengatakan, hujan kemungkinan akan membawa sedikit kelegaan, diprediksi akan terjadi kamis (2/5).

Ahli meteorologi biro cuaca lainnya, Muhammad Abul Kalam Mallik, mengatakan kepada AFP bahwa Bangladesh belum pernah mengalami gelombang panas sebesar ini sejak pencatatan dimulai pada tahun 1948.

“Ini merupakan rekor dalam hal durasi dan cakupan wilayah di negara ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa suhu yang sangat panas mempengaruhi sekitar tiga perempat wilayah negara tersebut.

Mallik mengatakan, perubahan iklim dan penyebab ulah manusia termasuk urbanisasi yang cepat, pembukaan hutan, menyusutnya badan air dan peningkatan penggunaan AC adalah penyebabnya.

“Masalahnya adalah kita akan melihat lebih banyak gelombang panas yang parah di masa depan,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekolah di Filipina Masih Tutup

Sementara itu, akibat gelombang panas, ribuan sekolah di seluruh Filipina, termasuk di wilayah ibu kota Metro Manila, telah menangguhkan kelas tatap muka.

Separuh dari 82 provinsi di negara ini mengalami kekeringan, dan hampir 31 provinsi lainnya menghadapi musim kemarau atau kondisi kering.

PBB lalu menyerukan dukungan lebih besar untuk membantu negara tersebut mempersiapkan diri menghadapi kejadian cuaca serupa di masa depan, dikutip dari laman Guardian.

PBB juga memprediksi bahwa panen mendatang di negara ini mungkin akan berada di bawah rata-rata.

April dan Mei biasanya merupakan bulan-bulan terpanas di Filipina dan negara-negara lain di Asia Tenggara, namun suhu tahun ini diperburuk oleh peristiwa El Niño, yang menyebabkan kondisi lebih panas dan kering di wilayah tersebut.

Pihak berwenang Thailand mengatakan, 30 orang telah tewas akibat serangan panas sepanjang tahun ini, dan memperingatkan masyarakat untuk menghindari aktivitas di luar ruangan.

Permintaan listrik melonjak ke titik tertinggi baru pada Senin malam, yaitu 35.830 megawatt, karena masyarakat beralih ke AC untuk mendapatkan bantuan.

Di ibu kota Bangkok, suhu mencapai 40,1 derajat Celcius pada Rabu (24/4), sementara pihak berwenang memperingatkan kemungkinan indeks panas melebihi 52 derajat Celcius.

Pengukuran ini mencerminkan kondisi suhu, dengan mempertimbangkan tingkat kelembapan yang merupakan faktor penting bagi kesehatan manusia.

Pasalnya, jika udara lebih lembap, maka tubuh akan lebih sulit mengatur suhunya melalui keringat.

Pada Jumat (26), badan cuaca Filipina memperingatkan Metro Manila dan 31 wilayah lainnya diperkirakan akan mengalami suhu berbahaya.

Indeks panas diperkirakan mencapai 42 derajat Celsius di Kota Quezon, kota terpadat di negara tersebut, katanya.

Temperatur yang sangat tinggi telah menyebabkan gangguan terhadap pendidikan dan pertanian di seluruh kawasan Asia.

 

3 dari 3 halaman

Suhu Panas di India

Di India, komisi pemilu minggu ini bertemu dengan pejabat dari badan cuaca untuk membahas cara mengurangi dampak panas terhadap pemilih.

Contoh kasus belum lama ini terjadi, ketika Menteri Nitin Gadkari pingsan saat berpidato ketika ia berkampanye untuk terpilihnya kembali pemerintahan perdana menteri Narendra Modi.

Kemudian ia mengatakan di media sosial bahwa ia merasa tidak nyaman karena panas selama rapat umum.

Organisasi Meteorologi Dunia memperingatkan dalam sebuah laporan minggu ini bahwa Asia tetap menjadi “wilayah yang paling terkena bencana di dunia akibat cuaca, iklim, dan bahaya terkait air pada tahun 2023”.

Banjir dan badai menyebabkan jumlah korban jiwa dan kerugian ekonomi tertinggi yang dilaporkan, sementara dampak gelombang panas menjadi lebih parah.

Tahun lalu, gelombang panas yang parah di India pada April dan Juni menyebabkan sekitar 110 kematian yang dilaporkan akibat sengatan panas.

“Gelombang panas yang besar dan berkepanjangan mempengaruhi sebagian besar Asia Tenggara pada April dan Mei, meluas hingga ke barat hingga Bangladesh dan India Timur, dan utara hingga Tiongkok selatan, dengan suhu yang memecahkan rekor,” kata WMO.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat