uefau17.com

22 April 1994: Kematian Kontroversial Presiden ke-37 Amerika Serikat Richard Nixon - Global

, Washington - Tepat hari ini, 30 tahun yang lalu Presiden yang ke-37 Amerika Serikat Richard Milhous Nixon meninggal dunia di rumah sakit kota New York setelah empat hari menderita stroke di usia nya yang ke-81 Tahun.

Richard adalah sosok yang memenangkan pemilihan presiden dengan kemenangan telak, namun mengundurkan diri karena skandal Watergate (Kecurangan politik) dalam waktu 21 bulan setelah kemenangannya.

Richard Nixon meninggal pada pukul 09:08 malam waktu setempat. Menurut pejabat New York Hospital-Cornell Medical Center, tempat mantan presiden itu koma pada hari Kamis (18 April 1994) sebelumnya. Saat dia meninggal, kedua putrinya, Tricia Cox dan Julie Eisenhower, berada di sisinya.

Sedangkan Istri Richard, Pat Nixon, yang juga merupakan mantan First Lady, meninggal dunia pada tahun sebelumnya.

Dilansir dari Washington Post, Senin (22/4/2024) Presiden Bill Clinton mengumumkan kematian Richard Nixon dalam sebuah acara resmi di Taman Mawar Gedung Putih, sambil memujinya sebagai "seorang negarawan yang berusaha membangun struktur perdamaian yang abadi."

Presiden Clinton mengumumkan hari berkabung nasional dan menghadiri pemakaman Nixon, yang diadakan di Richard Nixon Library and Birthplace di Yorba Linda, California.

Jenazah mantan anggota kongres, senator AS, wakil presiden, dan presiden itu diterbangkan menggunakan pesawat presiden ke California, dan terbuka untuk umum.

Dia dimakamkan di samping makam istrinya. Pendeta Billy Graham, teman dekat Nixon, memimpin upacara pemakaman tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dianggap Sebagai Negarawan Terbaik

Billy Graham diwawancarai oleh Associated Press dan mengatakan, "Saya pikir dia adalah salah satu pria yang paling sering disalah pahami, dan dia adalah salah satu pria terbaik di abad ini."

Richard, yang kepresidenannya terguncang oleh skandal Watergate, mendapat penghormatan dari sesama presiden Amerika yang masih hidup saat itu.

"Richard Nixon, jika bukan yang terbaik, maka dia adalah salah satu yang terbaik. Presiden dalam hal kebijakan luar negeri abad ini," ujar mantan presiden Gerald R. Ford, yang menggantikan Richard setelah pengunduran dirinya.

Pendapat Ford banyak dibagikan oleh tokoh masyarakat dan warga biasa, bahwa prestasi terbesarnya terjadi di panggung dunia.

"Kunjungannya yang bersejarah ke China dan Uni Soviet membuka jalan bagi normalisasi hubungan antara negara kita, dan untuk perjanjian SALT II (pembatasan total kekuatan nuklir) yang kita tandatangani dengan Uni Soviet," kata mantan presiden Jimmy Carter.

Mantan presiden Ronald Reagan, dalam pernyataan yang dikeluarkan dari Los Angeles, mengatakan, "Hari ini dunia berduka atas kehilangan seorang juara besar dari cita-cita demokrasi yang telah mendedikasikan hidupnya untuk perdamaian dunia." Tidak main-main, Reagan menyebut Richard sebagai "salah satu negarawan terbaik yang pernah ada di dunia ini."

George Bush, mantan presiden yang menjabat sebagai ketua Komite Nasional Partai Republik selama kepresidenan Richard, mengatakan, "Kesulitan yang dia hadapi selama menjabat mungkin telah mengurangi kepresidenannya, tetapi yang harus diingat adalah banyak prestasi luar biasa yang dia capai, baik di dalam maupun luar negeri."

 

3 dari 4 halaman

Mendapatkan Banyak Penghargaan

Richard mengalami stroke di rumahnya di Park Ridge, N.J., sebelum makan malam dan dilarikan dengan ambulans ke rumah sakit di Manhattan. Selama satu hari, dia sadar, tetapi tidak bisa berbicara atau menggerakkan lengan dan kakinya.

Dalam kondisi yang tampak membaik, dia dipindahkan dari unit perawatan intensif ke ruangan pribadi. Namun, pada malam harinya, dia mengalami gejala edema serebral atau pembengkakan otak, yang membuat kondisinya memburuk. Richard sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak ingin dipasang respirator jika dia tidak mampu berbuat apa-apa.

Selain menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mantan presiden, Clinton mengatakan bahwa dia "sangat berterima kasih kepada Presiden Richard atas nasihat bijaksananya."

Dia juga memuji Richard atas 50 tahun pelayanan publiknya di mana "dia memberikan kecerdasan dan pengabdian penuhnya kepada tugas." Dia mengatakan tentang Richard bahwa "kurang dari sebulan sebelum kematiannya, dia masih berhubungan dengan saya membahas isu-isu besar saat ini."

Setelah mengundurkan diri karena skandal Watergate pada tahun 1974, Richard kemudian mendapat penghargaan dan respek dari banyak orang karena tekadnya untuk kembali memperoleh tempat di kehidupan publik.

Clinton memuji ketangguhan dan keinginannya untuk memberi sesuatu kembali kepada dunia ini, sementara mantan senator Howard H. Baker Jr., Republik Tennessee yang menjabat di komite Senat yang menarik perhatian bangsa pada tahun 1973 dengan penyelidikan Watergate yang disiarkan di televisi, mengatakan, "Saya pikir saya paling mengagumi kekuatan karakternya yang memungkinkannya pulih dari pengunduran dirinya, dan menjadi seorang negarawan senior yang dihormati, itu sungguh luar biasa," ujarnya.

Sebelum jatuh sakit, Richard, satu-satunya presiden yang pernah dipaksa mengundurkan diri, menjalani kehidupan pensiun yang aktif, dengan jadwal perjalanan yang padat.

Pada hari stroke-nya, lembar bukti buku terbaru Richard, yang berjudul "Beyond Peace" tiba di kantornya. Asisten staf mengatakan bahwa buku tersebut membahas peran baru bangsa ini dalam urusan luar negeri dan prioritas domestik yang berubah.

Mantan menteri luar negeri Richard, Henry A. Kissinger, mengingat mantan bosnya sebagai "sebenarnya sangat idealis. Tetapi dia juga realis. Dia merasa bahwa idealisme tidak melarang, bahkan memerlukan, pemahaman tentang dunia sesuai dengan apa adanya."

4 dari 4 halaman

Ucapan Bela Sungkawa dari Berbagai Tokoh

Richard menjadi kandidat Partai Republik untuk presiden sebanyak tiga kali dan setelah kalah dalam pemilihan tahun 1960 dari John F. Kennedy dan gagal dalam mencalonkan diri sebagai gubernur negara bagian asalnya.

Dia terpilih sebagai presiden dua kali, pada tahun 1968, ketika mengalahkan Hubert H. Humphrey, dan pada tahun 1972, tahun terjadinya peristiwa Watergate, ketika dia mengalahkan George S. McGovern.

McGovern mengatakan kemarin bahwa setelah dia mengalami periode kekecewaan atas hasil pemilu, dia memiliki "hubungan yang cukup baik dengan Richard selama 15 tahun terakhir atau lebih."

"Saya merasa sedih dengan kepergiannya," kata McGovern. "Saya sangat mengagumi apa yang dilakukannya dalam pembukaan hubungan dengan China dan peningkatan hubungan dengan Uni Soviet."

Senator Edward M. Kennedy mengatakan bahwa saudaranya, almarhum John F. Kennedy, menghargai gaya Richard setelah pemilihan tahun 1960. "Meskipun intensitas kampanye dan hasil yang tipis, dia menerima hasilnya dengan anggun dan tanpa dendam," kata Kennedy.

Tetapi tidak semua lawan politiknya yang masih hidup memberikan persetujuan. "Dia meninggalkan banyak perbuatan yang tidak bisa diperbaiki dan tidak bisa ditebus," kata Alger Hiss, yang diduga melakukan spionase untuk Uni Soviet dan menjadi bahan bagi kenaikan popularitas nasional pertama Richard.

Robert J. Dole menyatakan bahwa meskipun Watergate dan pengunduran diri Richard adalah peristiwa yang buruk dalam sejarah, banyak orang mungkin melihat bahwa Richard membuat perbedaan dalam beberapa hal, dengan sedikit pengecualian.

Dengan demikian, meskipun banyak hal buruk yang terjadi selama masa kepresidenan Richard, Dole berpendapat bahwa dalam sejarah, Richard masih dapat dianggap sebagai pemenang karena dampaknya yang berbeda.

Senator John McCain (R-Ariz.) berduka cita atas Richard dengan alasan yang sangat pribadi. McCain adalah seorang pilot yang ditembak jatuh di atas Vietnam dan ditahan sebagai tawanan di Hanoi. "Saya selalu mengakui dia atas pembebasan saya dari Vietnam Utara," kata McCain dalam sebuah pernyataan. "Saya selalu sangat berterima kasih kepadanya atas kebebasan saya."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat