uefau17.com

Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah Resmi Menikah, Warga Brunei: Seperti Dongeng - Global

, Bandar Seri Begawan - Pangeran Abdul Mateen, putra ke-10 penguasa Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, telah resmi menikah dengan Anisha Rosnah pada Kamis (11/1/2024), setelah prosesi akad nikah yang dilangsungkan di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.

Mateen yang mengenakan pakaian tradisional berwarna putih berhiaskan motif berlian dan hiasan kepala berwarna senada, diantar ke masjid dengan menggunakan mobil Rolls Royce hitam. 

Dalam prosesi akad nikah, Pangeran Abdul Mateen duduk di atas bantal kuning di depan seorang imam dalam upacara khusus laki-laki yang dihadiri oleh sultan dan kerabat serta tamu lainnya.

"Saya terima nikahnya dengan mahar 1.000 ringgit tunai," ucapnya sembari menjabat tangan sang imam. Bila dirupiahkan, mahar itu nilainya setara dengan Rp 11,725 juta.

Setelah dinyatakan sah menikah, Mateen pun menghampiri sang ayah dan mencium tangannya.

Warga Brunei Darussalam pun menyambut bahagia pernikahan kerajaan yang digelar selama 10 hari ini.

"Ini seperti dongeng," kata seorang mahasiswa, Syahida Wafa Mohamed Shah (22) pada Rabu (10/1), di dekat masjid tempat pernikahan tersebut dilangsungkan.

"Ini seperti di film," kata warga lainnya.

Rangkaian acara pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan sang istri, Anisha Rosnah, dijadwalkan berlangsung selama 10 hari, diawali dengan prosesi lamaran pada 7 Januari 2024. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebelumnya Jalani Tradisi Kerajaan

Pada Rabu (10/1), hari keempat dari 10 hari perayaan pernikahan mereka, diadakan upacara pembedakan atau Istiadat Berbedak dalam bahasa lokal. Di kesempatan itu, kedua calon pengantin tampil memesona mengenakan busana kreasi songket Brunei berwarna merah keemasan.

Dilansir kanal Lifestyle , sksesori serba emas nan serasi, termasuk headpiece Anisha, pun melengkapi penampilan pasangan tersebut. Momen itu salah satunya dibagikan desainer Malaysia, Teh Firdaus, yang juga merancang pakaian calon mempelai wanita di acara pengajian khatam AlQuan, awal pekan ini.

Sementara itu, Istiadat Berbedak merupakan tradisi dalam budaya Melayu dan Brunei yang telah dipraktikkan selama ratusan tahun. Dalam rangkaiannya, calon pengantin akan diberkati anggota keluarga mereka yang mengoleskan pasta bedak ke tangan mereka, seperti dikutip dari The National News.

Di beberapa versi, pasta bedak ini bahkan dioleskan ke seluruh tubuh pasangan oleh anggota keluarga masing-masing. Ritual ini dimaksudkan untuk melambangkan kesuburan dan kekayaan.

3 dari 4 halaman

Perayaan 10 Hari Pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Setelah mengumumkan pertunangan pada Oktober 2023, Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah menikah dalam upacara pernikahan mewah selama 10 hari. Sebagai acara inti, akad nikah akan digelar hari ini, Kamis siang (11/1/2024), di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.

Perayaan 10 hari tersebut dimulai pada 7 Januari 2024, menampilkan perpaduan jamuan makan, pertunjukan musisi kerajaan, dan daftar tamu bertabur bintang, menurut People, rangkum SCMP, Rabu, 10 Januari 2024. 

Setelah akad nikah, akan ada jamuan makan kerajaan dengan tamu-tamu yang datang dari seluruh dunia pada Minggu, 14 Januari 2024.

Sebuah parade juga akan berlangsung di ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan, sebelum perayaan tersebut berakhir pada 16 Januari 2024. Para penggemar pun bertanya-tanya siapa saja undangan yang akan menghadiri pernikahan kerajaan itu.

4 dari 4 halaman

Presiden Jokowi di Daftar Undangan

Daftar tamu undangan dalam pesta pernikahan tersebut memang belum dirinci secara detail, namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan menghadiri pernikahan kerajaan itu. Ini dilakukan di sela rangkaian kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam, lapor Tim News , Selasa, 9 Januari 2024.

"Ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya, Pangeran Mateen. Jadi, ini juga kunjungan khusus ke Brunei Darussalam," sebut Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (9/1). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat