uefau17.com

14 Negara Keluarkan Imbauan, Minta Warga Hindari Lebanon Imbas Tensi Tinggi Konflik Israel-Hizbullah - Global

, Jakarta - Sebelumnya, lima negara telah meminta warganya untuk meninggalkan Lebanon, di tengah meningkatnya kekhawatiran akan perang besar-besaran antara Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon. Mengikuti jejak imbauan dua negara lainnya yakni AS dan Inggris.

Update terkini, ada tujuh negara lagi mengeluarkan peringatan terkait tensi di Lebanon. Jadi, total saat ini sudah ada 14 negara yang meminta warga negaranya untuk menghindari Lebanon.

Situs almayadeen.net yang dikutip Selasa  (2/7/2024) menyebut Duta Besar Rusia untuk Lebanon Alexander Rudakov meminta warga Rusia untuk menunggu situasi mereda dan menekankan bahwa "tidak ada alasan untuk menimbulkan kepanikan yang serius," seraya menekankan bahwa misi diplomatik beroperasi secara normal dan memastikan bahwa mereka menerapkan keamanan yang diperlukan tindakan untuk stafnya.

Situs pna.gov.ph menyebut Kedutaan Besar Rusia di Beirut juga merekomendasikan warganya di Lebanon untuk menahan diri bepergian ke negara Arab tersebut.

Sementara itu, Australia "sangat menyarankan" warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke wilayah tersebut, dan mendorong warga yang sudah berada di Lebanon untuk segera meninggalkan negara tersebut ketika pesawat komersial masih beroperasi.

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Irlandia meminta warga negaranya di Lebanon untuk berhati-hati dan menghindari wilayah tertentu di wilayah tersebut.

Departemen Luar Negeri Irlandia mengatakan bahwa warga negaranya harus menghindari perjalanan ke Lebanon dan mereka yang saat ini berada di negara tersebut harus meninggalkan negara itu selagi opsi komersial tersedia, mengutip “meningkatnya bentrokan di sepanjang perbatasan selatan dalam beberapa minggu terakhir” dalam sebuah pernyataan yang diperbarui pada hari Jumat (28/6).

Sementara itu, Yordania mendesak warga negaranya pada hari Jumat (28/7) untuk menghindari perjalanan ke Lebanon.

Situs Al Monitor menyebut, Kementerian Luar Negeri Yordania dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat meminta warga Yordania untuk "menghindari perjalanan ke republik saudara Lebanon saat ini," dengan alasan “perkembangan" yang tidak menentu di wilayah tersebut dan "keselamatan" warga negara di luar negeri.

Kementerian Luar Negeri Yordania menegaskan kembali bahwa mereka mengeluarkan peringatan perjalanan ke Lebanon pada akhir Oktober, tak lama setelah dimulainya perang Gaza.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

India, Arab Saudi, Austria

Kedutaan Besar India di Beirut mengatakan pada hari Jumat (28/7) bahwa warga negaranya harus “berhati-hati” di negara tersebut, namun tidak menghimbau mereka untuk menghindari perjalanan. “Mengingat situasi saat ini di Lebanon, seluruh warga negara India di Lebanon disarankan untuk berhati-hati dan tetap berhubungan dengan Kedutaan Besar India di Beirut,” kata kedutaan.

Kedutaan Besar Saudi di Lebanon, mengutip perkembangan terkini di Lebanon, meminta warganya untuk pergi dan menyarankan agar tidak bepergian ke sana, media Maariv melaporkan pada Sabtu (29/4) malam seperti dikutip Jerussalem Post.

Sementara itu, mengutip situs kedutaan Austria di Beirut, bmeia.gv.at, disebutkan bahwa perang di Gaza saat ini berdampak negatif terhadap situasi keamanan di Lebanon. Warga negara Austria diminta untuk segera mengikuti perkembangan yang terjadi dan meninggalkan negara itu sesegera mungkin.

Ini adalah satu lagi gelombang peringatan yang dikeluarkan oleh kedutaan besar di Lebanon di tengah meningkatnya ketegangan antara “Israel” dan Perlawanan Lebanon di sepanjang perbatasan dengan Palestina.

3 dari 4 halaman

Daftar 14 Negara Keluarkan Peringatan untuk Hindari Lebanon

Sejauh ini total negara-negara yang mendesak warganya menghindari atau pun meninggalkan Lebanon ada 13. Berikut ini di antaranya, merangkum sejumlah sumber: 

  1. Amerika Serikat
  2. Inggris
  3. Kuwait
  4. Kanada
  5. Makedonia Utara
  6. Belanda
  7. Jerman
  8. Irlandia
  9. Yordania
  10. India
  11. Rusia
  12. Arab Saudi
  13. Austria 
  14. Australia

Adapun ketegangan meningkat antara Lebanon dan “Israel” dalam beberapa pekan terakhir, dengan Israel meningkatkan serangan mereka lebih jauh ke wilayah Lebanon dan mengancam akan mengirim negara itu “kembali ke Zaman Batu.” Akibatnya, media di seluruh dunia berspekulasi mengenai kemungkinan terjadinya perang skala penuh.

Pemerintahan Biden sangat mendesak "Israel" untuk tidak berperang dengan Lebanon, karena hal itu akan menjadi bencana besar bagi kedua belah pihak dan berpotensi memicu perang regional, terutama jika ada intervensi AS. Selain itu, dukungan Amerika Serikat terhadap “Israel” akan sangat mempengaruhi kampanye kepresidenan Biden, sehingga mengurangi suara warga Amerika keturunan Arab dan kaum progresif.

 

4 dari 4 halaman

7 Negara Sebelumnya yang Keluarkan Peringatan Hindari Lebanon

Lima negara telah meminta warganya untuk meninggalkan Lebanon, di tengah meningkatnya kekhawatiran akan perang besar-besaran antara Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon. Mengikuti jejak dua negara sebelumnya, AS dan Inggris.

Pada hari Rabu (26/6/2024), seperti dikutip dari Anadolu Agency, Kementerian Luar Negeri Belanda di akun X mendesak warganya untuk menghindari perjalanan ke Lebanon dan mereka yang tinggal di sana diimbau untuk pergi karena penerbangan komersial masih beroperasi.

Jerman pun mengeluarkan travel warning dan meminta warganya yang saat ini berada di Lebanon untuk meninggalkan negara tersebut.

"Warga Jerman di Lebanon segera diminta meninggalkan negaranya. Situasi di perbatasan antara Israel dan Lebanon sangat tegang,” kata Kementerian Luar Negeri Jerman di akun X.

Pemerintah Kanada juga mendesak warga negaranya di Lebanon untuk meninggalkan negara itu di tengah meningkatnya ketegangan di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel.

"Keselamatan dan keamanan warga Kanada di dalam dan luar negeri adalah prioritas utama Kanada,” kata Menteri Luar Negeri Melanie Joly dalam pernyataannya pada Selasa (24/6).

Makedonia Utara juga meminta warganya pada hari Minggu (23/6) untuk meninggalkan Lebanon sesegera mungkin karena situasi keamanan yang memburuk di sana.

Peringatan itu muncul setelah Kuwait pada hari Jumat (21/6) mendesak warganya untuk menghindari perjalanan ke Lebanon dan mereka yang berada di negara tersebut harus meninggalkan negara tersebut sesegera mungkin "mengingat situasi keamanan yang terjadi di wilayah tersebut."

Selengkapnya klik di sini... 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat