uefau17.com

Kisah Keluarga Gaza Hidup di Puing Rumah: Lebih Baik daripada di Tenda - Global

, Jalur Gaza - Pada hari ketiga serangan Israel di Jalur Gaza, Siham Naji duduk di ruang tamu bersama suaminya, Khaled, ketika dia teringat akan minum obat hariannya. Dia berjalan ke dapur dan membuka pintu kulkas untuk mengambil air. Namun, detik berikutnya, dia merasa seakan berada di neraka.

"Aku terjatuh ke lantai dan merasakan sesuatu yang panas di atasku," ujar Siham (48). Udara di sekitarnya gelap dan penuh debu, suara kehancuran bergema di telinganya.

Sebuah misil Israel menghantam rumah tetangganya, meratakan sepenuhnya dan merusak rumah keluarga Naji.

Siham berteriak memanggil nama suaminya berulang kali sebelum dia mendengar pernafasan Khaled yang lemah.

Merangkak dengan tangan dan lututnya, dia berhasil kembali ke ruang tamu dan melihat separuh bagian tubuh Khaled tertimbun reruntuhan. Darah mengalir dari mulutnya.

Putranya, Mustafa, terdiam syok di kamarnya, merasa seakan kehilangan semua rasa di tubuhnya.

Akhirnya, ibu dan anak itu berhasil membebaskan Khaled dari puing-puing, dan mereka bertiga berjalan lunglai keluar dari rumah hancurnya, terluka tapi masih hidup.

Rumah keluarga Naji, tempat tinggal 15 anggota keluarga, dulunya merupakan buah dari kerja keras, Khaled membangunnya sendiri selama bertahun-tahun.

Rumah itu memiliki dua ruang tamu, tiga kamar tidur, dapur, kamar mandi besar, dan sebuah apartemen yang belum selesai untuk anaknya yang sudah menikah di lantai dua.

"Rasanya seperti tinggal di istanaku sendiri," kata Khaled (51). "Seluruh hidup dan impian saya ada di rumah ini."

"Aku sedang merancang sebuah balkon dengan pemandangan ke taman. Aku berencana membuat kolam renang kecil untuk anak-anak di musim panas," ucap Khaled.

Meski kini istana mereka hancur akibat bom, mereka memutuskan untuk tetap tinggal di dalamnya.

Mengutip dari Al Jazeera, Sabtu (25/11/2023), berikut kisah keluarga Siham Naji yang masih bertahan di bawah puing-puing kediamannya:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sehari Setelah Serangan

Sehari setelah serangan itu, Khaled kembali untuk melihat kerusakan pada rumah tercintanya.

"Selama bertahun-tahun aku bekerja, semuanya tertumpah dalam usaha membangun rumah ini dengan tangan sendiri, dengan bantuan istriku," katanya. "Aku mencampur beton, merancang tata letak, dan memilih perabot terbaik."

Keluarga itu mendengar kabar bahwa sebuah rumah di lingkungan mereka akan menjadi target, tapi tidak tahu rumah mana.

Selama sekitar 10 hari, mereka mencoba mengungsi ke sekolah, tapi kondisinya tidak tertahankan.

"Tidak ada air, listrik, atau privasi," ujar Siham. "Sangat ramai. Jadi kami pergi ke Rumah Sakit Al-Aqsa Martyrs, tapi situasinya kurang lebih sama."

Keluarga Naji akhirnya memutuskan untuk kembali ke rumah mereka dan tinggal di antara puing-puing, melihatnya sebagai pilihan yang lebih baik.

Setelah membersihkan satu ruangan dari puing dan membersihkannya sebaik mungkin, mereka menyusun kasur untuk tidur. Ruangan itu tidak memiliki pintu atau jendela.

"Di mana lagi kami bisa pergi, di jalanan di bawah tenda?" tanya Khaled retoris. "Jadi jika anak-anak saya tidak mati dalam serangan Israel, mereka akan mati kedinginan atau karena salah satu penyakit yang muncul? Lebih baik aku mati di rumah dengan martabat daripada hidup di tenda."

 

3 dari 4 halaman

Bom Israel Rusak Lebih dari Setengah Hunian

Menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan di Gaza, bom Israel telah merusak lebih dari separuh unit hunian, lebih dari 222.000 rumah, di Jalur Gaza. Setidaknya 40.000 rumah telah hancur total, tapi kementerian belum dapat memperbarui statistik ini sejak 6 November ketika sistem kolaps.

Rumah Naji yang kini hancur dipenuhi puing. Pipa-pipa logam menonjol dari beton yang hancur dan terdapat lubang-lubang besar di tempat dinding-dinding sebelumnya berdiri. Dapur hampir tetap utuh. Melalui lorong kecil, melewati mesin cuci yang rusak, adalah ruangan tempat keluarga tidur.

Layan Naji (15), menggantungkan cucian yang dicuci tangan di tali yang terikat di atas reruntuhan.

"Ruangan tempat kami tidur sangat dingin," katanya. Tapi dia bersyukur kucingnya yang berusia tujuh tahun, Sondos, selamat dari serangan udara Israel.

"Aku pikir kehilangan Sondos dan sangat senang ketika ayahku menemukannya," ujarnya. "Dia selalu tidur di dekat kakiku."

 

4 dari 4 halaman

Tak Punya Selimut dan Bantal

Karena semua perlengkapan tidur mereka hilang, Siham Naji harus meminjam selimut dan bantal dari tetangga.

"Anak perempuanku menghabiskan waktu di ruangan itu, tapi aku merasa butuh ruang untuk duduk sendiri, dengan tangan di pipiku," ujar Siham. Dia kebanyakan memikirkan kebun mereka yang hancur, yang memiliki pohon jambu, buah tin, jeruk, dan kurma.

"Aku sangat mencintai kebun kami," katanya. "Kami akan duduk di sana, menikmati minum teh, dan berbicara. Aku berharap kami akan dapat membangun kembali rumah kami dan membuatnya bahkan lebih baik dari sebelumnya.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat