uefau17.com

Kebakaran Hutan Kanada, 20 Ribu Warga Dievakuasi - Global

, Yellowknife - Sekitar 20 ribu warga Kanada di Yellowknife menjalankan perintah evakuasi dengan menggunakan mobil dan pesawat ketika negara tersebut berjibaku untuk mencegah kebakaran hutan sepanjang pekan ini.

Pesawat bomber air terbang rendah di atas Yellowknife saat asap tebal menyelimuti ibu kota Wilayah Barat Laut yang luas.

Para pejabat setempat mengatakan bahwa api yang bergerak lambat sekarang berada di 15 km (10 mil) barat laut kota dan bisa mencapai pinggiran pada hari Sabtu 19 Agustus 2023 jika tidak ada hujan, Reuters mewartakan (19/8/2023).

"Hari-hari yang sangat sulit di depan - dengan dua hari angin barat laut ke barat-barat laut pada hari Jumat dan Sabtu, yang akan mendorong api ke arah Yellowknife," kata dinas pemadam kebakaran teritorial dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Di provinsi Pasifik British Columbia, yang telah mengalami kebakaran hebat yang luar biasa tahun ini, para pejabat memperingatkan penduduk untuk bersiap menghadapi kondisi kebakaran ekstrem.

"Peristiwa cuaca ini berpotensi akan menjadi 24 hingga 48 jam musim panas yang paling menantang dari perspektif dinas pemadam kebakaran," kata direktur layanan kebakaran hutan Cliff Chapman kepada wartawan.

"Kami mengharapkan pertumbuhan yang signifikan dan kami mengharapkan sumber daya kami menghadapi tantangan dari utara ke selatan," lanjutnya.

Di Yellowknife, ratusan orang berbaris di luar sekolah menengah setempat menunggu untuk dibawa ke bandara untuk salah satu dari lima penerbangan evakuasi yang direncanakan pada hari Kamis ke provinsi tetangga Alberta.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengadakan pertemuan Kelompok Tanggap Insiden untuk membahas kebakaran pada hari Kamis. Kelompok ini terdiri dari pejabat senior dan menteri, dan bertemu dalam kasus-kasus krisis.

Menteri Pertahanan Bill Blair, berbicara kepada Canadian Broadcasting Corp (CBC) setelah pertemuan itu, mengatakan pemerintah federal memantau evakuasi dengan cermat dan siap untuk segera mengangkut penduduk jika rute darat terputus.

Ini adalah musim kebakaran terburuk di Kanada dengan lebih dari 1.000 kebakaran aktif terjadi di seluruh negeri, termasuk 265 di Wilayah Barat Laut. Para ahli mengatakan perubahan iklim telah memperburuk masalah kebakaran.

Kekeringan telah menjadi faktor yang berkontribusi terhadap jumlah dan intensitas kebakaran tahun ini, kata para pejabat, dengan suhu tinggi memperburuk situasi. Sebagian besar Kanada telah melihat kondisi kering yang tidak normal.

Pada Mei 2016, kebakaran besar menghancurkan 10% bangunan di kota penghasil energi utara Alberta, Fort McMurray, memaksa evakuasi 90.000 penduduk dan menutup lebih dari satu juta barel per hari produksi minyak.

Pada Juni 2021, 90% bangunan di desa Lytton di British Columbia terbakar, sehari setelah mencatat suhu terpanas di Kanada.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perintah Evakuasi

Shane Thompson, menteri lingkungan teritorial, mengatakan perintah evakuasi telah dikeluarkan Rabu malam untuk memberi orang waktu untuk keluar sebelum cuaca berubah buruk.

"Urgensinya adalah, api berubah drastis ... kondisinya menguntungkan kami saat ini, tetapi itu akan berubah pada hari Sabtu," katanya kepada CBC.

Secara total, sekitar 65% dari populasi Wilayah 46.000 orang akan dievakuasi, katanya.

Wilayah Barat Laut memiliki infrastruktur terbatas dan hanya ada satu jalan dari Yellowknife ke provinsi Alberta di selatan.

Alberta telah mendirikan tiga pusat penerimaan pengungsi resmi bagi mereka yang pergi melalui jalan darat tetapi yang terdekat lebih dari 1.100 km (680 mil) dari Yellowknife.

Batas waktu bagi penduduk untuk meninggalkan Yellowknife adalah tengah hari pada hari Jumat (1800 GMT).

Dalam sebuah posting media sosial, dinas pemadam kebakaran Northwest Territories mengatakan kebakaran yang telah mengancam Sungai Hay, sebuah komunitas sekitar 3.000 lebih jauh ke selatan di Great Slave Lake, telah terhenti semalam.

Sejauh ini sekitar 134.000 km persegi (52.000 mil persegi) tanah di Kanada telah hangus, lebih dari enam kali rata-rata 10 tahun. Hampir 200.000 orang terpaksa mengungsi di beberapa titik musim ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat