uefau17.com

Perang Antar Geng Narkoba di Marseille Prancis, 3 Orang Tewas Ditembak - Global

, Marseille - Tiga insiden penembakan terpisah di Prancis telah meningkatkan kekhawatiran bahwa kekerasan antara geng yang bersaing tengah meningkat, setelah serangkaian penembakan fatal selama sebulan terakhir.

"Sedikitnya tiga orang ditembak mati dan delapan lainnya luka-luka dalam kerusuhan malam terkaitkekerasan geng narkoba di Pelabuhan Marseille, Prancis," kata polisi Senin 3 April 2023 yang dikutip dari AFP.

Kepala polisi daerah Frederique Camilleri mengatakan kepada AFP pada hari Senin bahwa perang wilayah sedang berlangsung di wilayah perumahan terkenal Paternelle di Marseille utara.

"Wilayah ini terkait dengan hampir semua pembunuhan di Marseille selama beberapa bulan terakhir, dengan dua pihak yang memperebutkan tempat transaksi dan yang mungkin telah memasuki siklus balas dendam," kata Frederique Camilleri.

Sebagian besar korban "sangat rendah" dalam jaringan yang mengontrol perdagangan narkotika, katanya, dengan kota yang berfungsi sebagai pintu gerbang penting untuk obat-obatan seperti kokain dan mariyuana ke Eropa.

"Dua pemuda berusia awal 20-an menderita luka tembak yang fatal semalam, dua dari mereka di lingkungan Castellas di Marseille utara di mana sekitar 50 selongsong peluru ditemukan oleh polisi," kata kantor kejaksaan setempat.

Seorang anak laki-laki berusia 16 tahun meninggal tepat di utara pusat bersejarah kota di Distrik La Joliette yang berpasir, sementara seorang lagi bersamanya sedang berjuang untuk hidupnya dalam perawatan intensif, kata polisi setempat. Seorang anak berusia 14 tahun juga terluka di tempat kejadian.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1,5 Miliar Euro untuk Marseille Atasi Kejahatan Wilayah

Tahun lalu, 32 orang ditembak mati dalam kekerasan geng di Marseille, tingkat tertinggi sejak 2016, menurut kantor kejaksaan setempat.

Hanya dalam tiga bulan, 13 orang telah meninggal sepanjang tahun ini, termasuk korban terbaru, menurut penghitungan dari AFP.

Sementara kota pelabuhan selatan terkenal dengan pengaturan gaya Mediterania yang spektakuler, distrik utara wilayah itu adalah beberapa daerah perkotaan yang paling tertinggal di Prancis.

Perumahan Paternelle terdiri dari serangkaian bangunan bertingkat rendah yang rusak tempat obat-obatan dijual secara terbuka dan polisi tidak disukai.

"Konflik dimulai musim panas lalu dan kian cepat pada akhir 2022 karena alasan yang tidak diketahui," tambah Camilleri. "Setiap geng memiliki kepentingan di wilayah lain -- Micocouliers, Font Vert, Kalliste -- tempat terjadi penembakan lain beberapa bulan terakhir ini."

Presiden Prancis Emmanuel Macron meluncurkan rencana 1,5 miliar euro ($ 1,6 miliar) untuk membantu Marseille mengatasi kejahatan dan perampasan pada September 2021, menyebut upaya semacam itu sebagai "tugas bangsa".

Selama kunjungan tiga hari ke kota itu, Macron menyebut jaringan narkoba "parasit" dan mengatakan para penyelundup sekarang akan "diusik" oleh pihak berwenang.

 

 

3 dari 3 halaman

Butuh Peradiilan

Rudy Manna, juru bicara serikat polisi Aliansi, mengatakan petugas tambahan telah ditempatkan di Marseille tetapi asosiasi lokal dan sistem peradilan diperlukan untuk menyelesaikan masalah mendasar.

"Jika Anda menempatkan 10.000 petugas polisi, Anda masih akan berurusan dengan narkoba," katanya kepada saluran BFM, Senin. "Sayangnya ada uang mudah menghujani perkebunan Marseille dan itu menarik terlalu banyak anak muda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat