uefau17.com

Malaysia Targetkan Swasembada Susu pada 2025 Akibat Permintaan yang Terus Meningkat - Global

, Kuala Lumpur - Malaysia menargetkan akan menjadi swasembada susu sepenuhnya pada 2025. Malaysia juga ingin meningkatkan hasil ternak dan membantu petani kecil ikut serta dalam produksi susu.

Saat ini, kurang dari separuh konsumsi susu tahunan negara itu diproduksi secara lokal, sedangkan sisanya diimpor.

Masyarakat Malaysia mengonsumsi sekitar 80 juta liter susu setiap tahun, dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 8 persen sejak 2010.

Negara tersebut membutuhkan setidaknya 30.000 ekor sapi lagi untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat karena anak-anak yang didorong untuk minum susu segar di sekolah.

Preferensi diet konsumen juga berubah, banyak warga kini lebih memilih susu segar daripada susu kental, menurut pengamat.

Di Bangi, tepat di luar ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, beberapa peternakan memelihara ternak yang paling cocok untuk cuaca panas dan lembab di Malaysia, dilansir dari Channel News Asia, Senin (27/3/2023).

Hal itu termasuk persilangan Holstein Friesian, yang dikenal sebagai sapi perah dengan produksi tertinggi di dunia dan sapi Sahiwal yang toleran terhadap panas dari Pakistan.

"Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk AC, jika rasnya benar," kata Khairul Hassan selaku kepala keuangan grup produsen susu Farm Fresh.

"Ear tag sebenarnya adalah tag RFID (radio frequency identification), jadi kami bisa memantau perkembangan harian, melacak berapa banyak susu yang diproduksi, apakah sakit, dan tingkat kesuburannya."

Lumbung terus-menerus berventilasi dengan percikan air built-in untuk mengurangi panas, sementara musik yang menenangkan disalurkan untuk membantu sapi rileks.

Di sana, sapi dapat berkeliaran dengan bebas dan merumput bersama sapi lain sebelum sesi pemerahan.

Di tempat pemerahan, sapi-sapi mandi lama untuk membersihkan lumpur sebelum mengantre untuk mendapat giliran. Limbah diolah dan dibajak kembali untuk menyuburkan padang rumput, sejalan dengan praktik pertanian berkelanjutan.

Farm Fresh, yang mulai beroperasi lebih dari satu dekade lalu dengan 60 sapi, kini memiliki 10.000 sapi.

Namun, perjalanannya tidak mudah. Hassan mengatakan, "Awalnya sulit membuat orang mencoba susu kami, persepsi orang Malaysia adalah susu Australia lebih baik."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikan Lebih Banyak Bantuan untuk Para Petani

Untuk membantu para petani, Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan Malaysia menawarkan hibah sebesar 20.000 ringgit (sekitar 68 juta rupiah) untuk para agropreneur muda.

Menteri Pertanian dan Ketahanan Pangan Mohamad Sabu telah mendorong lebih banyak petani untuk maju, mencatat bahwa pemerintah akan membiayai mereka jika mereka tidak memiliki modal.

Sabu menambahkan bahwa bank harus lebih berorientasi pada layanan dan bukan profit-driven atau didorong oleh keuntungan, mengutip contoh baik dari Bank Petani Thailand.

Namun, lebih banyak yang harus dilakukan untuk petani kecil yang sangat terpukul oleh pandemi COVID-19.

Mendapatkan pinjaman bank lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dengan banyak bank yang tidak mau meminjamkan kepada bisnis peternakan, kata pengamat.

"Itu adalah kerugian besar. Tidak ada toko yang buka, kami tidak bisa keluar untuk pengiriman, pelanggan juga tidak mau datang," kata Sivaneshwaran, pemasok susu perah.

"Waktu itu sangat, sangat buruk. Kami bahkan harus menjual beberapa ekor sapi."

3 dari 4 halaman

Ragam Manfaat Susu Murni untuk Kesehatan

Melihat tekad Malaysia untuk menjadi swasembada susu, apa yang membuat susu begitu digemari?

Susu adalah cairan berwarna putih yang disekresi oleh kelenjar mammae (ambing) pada binatang mamalia betina seperti sapi, kambing, atau bahkan kerbau yang diperoleh dengan cara pemerahan sebagai bahan makanan dan sumber gizi.

Susu sapi adalah yang paling umum dan merupakan cairan yang dihasilkan dari sapi betina yang diproses dengan cara yang sederhana dan tidak menambahkan bahan tambahan apa pun. 

Susu sapi juga cenderung yang paling murah di antara variasi susu lainnya.

Manfaat susu sapi murni memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Protein yang terkandung dalam susu sapi murni sangat baik untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh, serta membantu dalam pembentukan darah. Kalsium yang terkandung dalam susu sapi murni sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat susu sapi murni lainnya yakni mengandung vitamin D yang sangat baik untuk penyerapan kalsium, serta mengandung vitamin B12 yang penting untuk sistem saraf. Lemak yang terkandung dalam susu sapi murni juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Susu sapi murni juga dikenal sebagai sumber kasein yang merupakan jenis protein yang sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur karena akan dipecah dengan lambat, sehingga dapat membantu pembentukan otot dan memperbaiki jaringan.

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Beberapa Khasiat Susu Kambing

Bicara soal manfaat susu sapi, manfaat susu kambing bagi kesehatan mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang, tetapi pada kenyataannya manfaat susu kambing sangatlah banyak untuk tubuh.

Susu kambing adalah salah satu produk susu yang paling banyak digunakan di dunia. Tingkat konsumsinya sangat tinggi sehingga memiliki hampir 65 sampai 72 persen konsumen susu global. Hal ini juga karena kemudahan memelihara kambing yang hampir sama dengan sapi. 

Manfaat susu kambing bagi kesehatan juga terbilang sangat banyak. Susu kambing lebih mudah dicerna, memiliki risiko lebih kecil menyebabkan alergi susu, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut penelitian, susu merupakan bahan aktif untuk memperbaiki kondisi kulit. Misalnya membantu mengurangi jerawat dan komedo. Selain itu, membantu melembabkan, menghaluskan, dan memutihkan kulitmu.

Manfaat susu kambing untuk kulit melampaui manfaat umum susu untuk kulit. Susu kambing dan kulit manusia memiliki pH kulit yang sama. Artinya, saat Anda menggunakan susu kambing untuk membersihkan kulit, tidak mengganggu microbiome atau acid mantle alami kulit. 

Baca selebihnya di sini... 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat