uefau17.com

15 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan, Perhatikan Juga Efek Sampingnya - Hot

, Jakarta Manfaat susu kambing bagi kesehatan mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang, namun pada kenyataannya manfaat susu kambing sangatlah banyak untuk tubuh. Susu kambing adalah produk susu yang paling banyak digunakan di dunia. Tingkat konsumsinya sangat tinggi sehingga memiliki hampir 65-72 persen konsumen susu global. Hal ini juga karena kemudahan memelihara kambing dibandingkan dengan sapi. 

Hal ini terutama berlaku dalam kasus negara-negara berkembang di mana terdapat kekurangan sumber daya untuk masyarakat umum. Apalagi susu kambing memiliki kalori, protein, dan lemak yang baik. Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih susu kambing daripada susu sapi. Yang membedakan susu kambing dengan susu bentuk lain adalah teksturnya yang kental dan lembut. 

Manfaat susu kambing bagi kesehatan juga terbilang sangat banyak. Misalnya, susu kambing lebih mudah dicerna, memiliki risiko lebih kecil menyebabkan alergi susu, dan meningkatkan kesehatan jantung. Jika anda berencana untuk memasukkannya ke dalam diet anda atau sudah mulai mengonsumsinya sejak lama, anda perlu untuk mengetahui manfaat dan juga efek samping dari konsumsi susu kambing.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Senin (13/3/2023). Kandungan dan manfaat susu kambing, beserta dengan efek samping yang dapat ditimbulkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Susu Kambing

1. Baik untuk Kulit

Menurut penelitian, susu merupakan bahan aktif untuk memperbaiki kondisi kulit. Misalnya membantu mengurangi jerawat dan komedo. Selain itu, membantu melembabkan, menghaluskan, dan memutihkan kulit anda. Manfaat susu kambing untuk kulit anda melampaui manfaat umum susu untuk kulit. Susu kambing dan kulit manusia memiliki pH kulit yang sama. Artinya, saat anda menggunakan susu kambing untuk membersihkan kulit, tidak mengganggu microbiome atau acid mantle alami kulit. 

Jadi, jika Anda memiliki masalah kulit sensitif seperti psoriasis atau eksim, susu kambing akan sangat membantu.  Susu kambing memiliki asam laktat dan asam lemak, yang memperbaiki penghalang kulit. Sesuai penelitian , konsentrasi asam alfa hidroksi (AHA) yang rendah dalam susu kambing membantu melembabkan, mengelupas kulit dengan lembut, dan merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari. 

2. Meningkatkan Berat Badan yang Sehat

Berat badan yang sehat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, juga mencegah kemungkinan tertular kanker. Dibandingkan jenis susu lainnya, susu kambing memiliki lebih banyak kalori per porsi. Namun, ia memiliki profil nutrisi yang mirip dengan susu sapi. Oleh karena itu, kalori ekstra menyebabkan kenaikan berat badan yang sehat . 

Sebuah studi menunjukkan bahwa anda dapat menggunakan susu kambing sebagai alternatif susu sapi untuk merehabilitasi anak-anak yang kekurangan gizi. Jadi, jika anda kurus dan ingin menambah berat badan secara sehat, sebaiknya konsumsi susu kambing.

3. Susu Kambing Lebih Mudah Dicerna

Gelembung lemak dalam susu kambing 20 persen ​​lebih kecil dari susu sapi. Karenanya, ini lebih mudah dicerna. Ini juga lebih rendah laktosa, menjadikannya alternatif yang sangat baik untuk susu sapi bagi orang yang menderita intoleransi laktosa. Sesuai penelitian , susu kambing mendukung proses metabolisme yang lancar dan pencernaan yang mudah. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meneliti dampaknya terhadap nafsu makan dan metabolisme protein.

4. Meningkatkan Jumlah Trombosit

Komplikasi signifikan demam berdarah adalah defisiensi selenium dan penurunan jumlah trombosit darah. Namun, penelitian menunjukkan susu kambing dapat membantu mengobati pasien demam berdarah dengan meningkatkan trombosit darah. Itu karena selenium adalah komponen utamanya. Selain itu, juga membantu pencernaan dan pemanfaatan metabolisme berbagai mineral yang ada dalam tubuh.

5. Susu Kambing Membantu Mencegah Alergi Susu pada Anak

Susu kambing memiliki jumlah kasein A2 yang baik. Misalnya, 100 ml susu kambing mengandung sekitar 3,6 gram casein A2. Kasein A2 memiliki kadar protein yang tinggi, sama seperti ASI manusia. Oleh karena itu, mencegah penyakit radang kolitis dan sindrom iritasi usus besar. Biasanya bayi diberikan susu kambing sebagai sumber protein pertama setelah menyusui. Itu membuat mereka kurang rentan terhadap alergi susu dibandingkan susu sapi. 

3 dari 5 halaman

Kemudian ...

6. Susu Kambing Mencegah Arteriosklerosis

Arteriosklerosis adalah suatu kondisi dimana arteri yang membawa oksigen dan nutrisi ke sana kemari jantung dan tubuh menjadi tebal dan kaku. Akibatnya, itu membatasi aliran darah ke organ dan jaringan anda.

Menurut sebuah penelitian , susu kambing memiliki jumlah xantin oksidase yang terbatas, enzim yang dibutuhkan untuk memproduksi asam urat. Xantin oksidase dapat menyebabkan masalah jantung saat mencapai aliran darah. Oleh karena itu, jumlah enzim yang lebih sedikit ini sangat penting untuk menghindari risiko Aterosklerosis.

7. Mencegah Resistensi Insulin

Jumlah insulin yang cukup membantu menyeimbangkan kadar glukosa darah anda. Ini juga mengembalikan sisa glukosa di hati anda ketika aliran darah anda memiliki kelebihan glukosa. Menurut penelitian , susu kambing mencegah resistensi insulin. Resistensi insulin meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Akibatnya, pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Ini lebih bermasalah karena biasanya tidak memiliki gejala.

8. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Sesuai penelitian , susu kambing dapat menyebabkan peningkatan sekresi kolesterol empedu. Selain itu, menyebabkan penurunan konsentrasi kolesterol plasma. Selain itu, konsumsi susu kambing menurunkan konsentrasi trigliserida plasma. Akibatnya, secara positif mempengaruhi metabolisme lipid, mirip dengan minyak zaitun (diet standar). 

Metabolisme lipid mensintesis dan mendegradasi lipid dalam sel. Ini juga terlibat dalam pembangunan membran sel. Orang dengan masalah seperti kolesterol darah tinggi harus minum susu kambing. Ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol di arteri dan kandung empedu. 

9. Mencegah Anemia

Susu kambing kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor. Tubuh kita dengan mudah mencerna dan menyerap mineral tersebut. Hasilnya, susu kambing membantu mengatasi kekurangan nutrisi seperti demineralisasi tulang. Ini juga memperbaiki kekurangan zat besi dan magnesium. Lebih lanjut meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan zat besi. Susu kambing juga meningkatkan pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, pasien yang menderita anemia, gangguan penyerapan, atau osteoporosis harus mengonsumsi susu kambing. 

10. Dihomogenisasi Secara Alami

Susu sapi mulai memisah jika dibiarkan mengendap. Tapi ini tidak terjadi pada kasus susu kambing. Itu karena proses homogenisasi. Homogenisasi adalah proses memecah gumpalan lemak dalam susu secara paksa. Ini untuk mencapai emulsifikasi, kombinasi lemak dan air. Tidak diperlukan selama pemrosesan susu kambing. Oleh karena itu, ini adalah pilihan paling sehat yang tersedia bagi kita.

4 dari 5 halaman

Terakhir ...

11. Perlindungan Lingkungan

Sapi cenderung menderita perut kembung ekstrim karena proses pencernaan mereka. Itu keluar sebagai metana, gas rumah kaca yang sangat korosif terhadap atmosfer dan lapisan ozon. Jadi, saat Anda memelihara sapi untuk diambil susunya, mereka secara tidak langsung memainkan peran penting dalam proses degradasi ozon dan pemanasan global. Oleh karena itu, produksi susu kambing melindungi kita dari efek berbahaya yang disebabkan oleh perubahan iklim. 

12.  Membantu Meredakan Kecemasan

Studi tikus menunjukkan bahwa asam linoleat terkonjugasi dalam susu kambing dapat mempengaruhi perkembangan otak (dan perkembangan fisik). Dalam penelitian tersebut, pemberian susu kambing juga ditemukan dapat mengurangi kecemasan.

13. Memperkuat Tulang

Pemberian 400 ml susu kambing ternyata berdampak positif pada metabolisme tulang. Ini, bila dikombinasikan dengan terapi, juga dapat membantu mencegah osteoporosis pada  individu dengan rheumatoid arthritis. Pada hewan yang diberi susu kambing, proses stabilisasi pergantian tulang tampaknya dimulai jauh lebih awal. Hal ini ditemukan benar terutama dalam kasus kekurangan zat besi, yang dapat mengganggu pergantian tulang.

14. Asma

Meskipun tidak ada penelitian khusus yang dilakukan pada penderita asma yang mengkonsumsi produk susu kambing, ada penelitian yang menunjukkan keefektifannya pada individu yang menderita peradangan dan kondisi alergi, sehingga dapat bermanfaat bagi penderita asma. Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi susu kambing selama kehamilan dan menyusui menawarkan manfaat perlindungan bagi keturunannya dengan mengurangi peradangan pada saluran udara pada kasus asma alergi. 

15. Kualitas Tidura

Tidur malam yang nyenyak tidak hanya membuat kita tidak terlalu pemarah dan berfungsi lebih efektif, tetapi juga memastikan sistem kekebalan tubuh kita bekerja secara optimal. Ada banyak alasan mengapa susu kambing dapat membantu untuk membantu tidur dan kualitas tidur, salah satunya adalah sumber magnesium yang baik, yang terbukti membantu dalam membantu tidur dengan membantu otot kita rileks dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

5 dari 5 halaman

Tindakan Pencegahan dan Efek Samping Konsumsi Susu Kambing

Seperti bahan pokok dapur lainnya, susu kambing juga dapat menyebabkan beberapa efek samping pada tubuh anda. Hal penting yang perlu anda ingat adalah hindari konsumsi susu kambing mentah. Konsumsi susu mentah bisa menjadi penyebab anda dirawat di rumah sakit. Dalam kasus ekstrim, itu juga dapat menyebabkan kematian. 

Oleh karena itu, penting juga untuk memeriksa kesehatan ternak, status pasteurisasi susu, dan kebersihan peternakan. Beberapa efek samping umum dari mengkonsumsi susu kambing mentah adalah sebagai berikut:

- Diare

- Mual

- Muntah

- Kram perut

- Disentri

- Keracunan makanan

- Brucellosis

- TBC

- Berkeringat di malam hari

- Sindrom Guillain Barre

- Kelumpuhan

- Gagal ginjal

- Stroke

Anda juga harus menahan diri untuk tidak memberikan susu kambing kepada bayi. Demikian pula konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi susu kambing jika tidak toleran laktosa dan mengalami alergi susu. Susu kambing kaya akan lemak dan kolesterol. Karena itu, konsumsi berlebihan bisa menambah berat badan dan kadar kolesterol.

Susu kambing penuh nutrisi. Bahkan memiliki tingkat gizi yang tinggi dibandingkan susu sapi. Jadi, ini membantu kita menyerap nutrisi tertentu juga. Ini adalah pilihan yang lebih bergizi dan alami untuk protein, kalsium, dan lemak. Dengan mengikuti tindakan pencegahan dan menjaga kemungkinan efek samping dari mengonsumsi susu kambing, anda dapat dengan mudah menambahkannya ke dalam makanan harian anda. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat