uefau17.com

Terkuak, 651 Koin Perak Kuno Era Romawi Ditemukan dalam Kendi di Turki - Global

, Kutahya - Penemuan berharga dari zaman dahulu di kota kuno Aizanoi di Provinsi Kutahya, barat Turki terkuak pada Rabu 27 Januari 2021 waktu setempat. Demikian menurut kabar dari para peneliti.

Penemuan ini berupa koleksi lebih dari 650 koin silver atau perak dari era Romawi yang tak ternilai harganya.

Elif Ozer, arkeolog senior yang mengawasi penggalian di kota kuno Aizanoi mengatakan kepada Anadolu Agency yang dikutip Kamis (28/1/2021), "651 koin perak ini, dari era Kaisar Augustus, merupakan koleksi yang sangat istimewa dan unik."

Koin-koin itu ditemukan di kendi kuno, kata Ozer, seorang profesor di Universitas Pamukkale.

"Dari koin-koin tersebut, 439 di antaranya adalah koin standar dinar perak Romawi, dan 212 sisanya koin cistophor dari Kota Pergamom Yunani kuno," tambahnya.

Ozer juga mengatakan timnya sedang mempersiapkan untuk mempromosikan koleksi koin kuno tersebut, dengan menerbitkan artikel jurnal dan buku dalam bahasa Turki dan Inggris.

Koleksi koin tersebut sekarang dipamerkan di Museum of Anatolian Civilizations di ibu kota Turki, Ankara.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penemuan Berharga Lainnya

Mengutip dari Andolu Agency, Kamis (28/1/2021), koin-koin itu ditemukan disebuah kendi kuno, kata Ozer, seorang profesor di Universitas Pamukkale.

Pada tahun 2011 di Aizonai, sebuah tim Turki mengambil alih penggalian yang terletak di provinsi Kutahya, sebuah pemukiman yang terkenal jika dibandingkan dengan kota kuno Efesus, tambahnya.

Aizanoi juga memiliki kuil terpelihara terbaik dari dewa Yunani Zeus di Anatolia, dan pada tahun 2012 ditambahkan ke daftar Warisan Dunia sementara UNESCO.

Beberapa tahun yang lalu, koin emas sebanyak 913 koin era Victoria juga berhasil ditemukan dalam piano yang disumbangkan ke satu sekolah, yang dijahit hati-hati dengan tujuh paket kain dan dompet kulit.

Koin itu kemudian disimpan di bawah papan tuts piano sedemikian rupa sehingga instrumennya bisa dimainkan.

 

Reporter: Veronica Gita

 

3 dari 3 halaman

Infografis Putri Diana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat