uefau17.com

Perbedaan Noda Gelap dan Bintik Hitam Akibat Sinar Matahari pada Kulit - Fashion & Beauty

, Jakarta Sadarkah Anda ada perbedaan antara noda gelap dan bintik hitam akibat sinar matahari pada kulit? Bintik hitam adalah perubahan warna yang terjadi karena matahari. Ketika kulit Anda terkena sinar matahari secara berlebihan, kulit akan merespon dengan menciptakan kelebihan dalam melanin, membuat area cokelat pada kulit, seperti dilansir dari sheknows.com, Selasa (26/6/2018).

Bintik hitam akibat sinar matahari biasanya berwarna terang, sangat tipis, tidak terangkat dari kulit, dan terbentuk dalam ukuran dari titik yang sangat kecil hingga seukuran koin. Cara terbaik untuk mencegah bintik hitam ini berkembang adalah melalui perlindungan terhadap sinar matahari yang tepat secara rutin setiap hari.

Jika sekiranya Anda akan menghabiskan satu hari pentuh di bawah sinar matahari, gunakan topi dan kenakan tabir surya. Sudah bisa mengenali bintik hitam yang terbentuk karena sinar matahari pada kulit Anda?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbedaan antara noda gelap dan bintik hitam akibat sinar matahari

Noda gelap

Sama halnya dengan bintik hitam akibar sinar matahari, noda gelap adalah bentuk perubahan warna pada wajah. Perbedaan antara keduanya adalah akar penyebab.

Noda gelap bisa juga disebabkan oleh sinar matahari, namun juga tidak menutup kemungkinan karena faktor lain. Noda gelap bisa disebabkan oleh tanda lahir, tahi lalat, atau bentuk hiperpigmentasi karena cacat.

Noda gelap atau bintik hitam lebih mungkin terlihat pada seseorang dengan warna kulit yang terang, sedangkan Anda yang memiliki kulit sedikit gelap lebih mungkin mempertahankan noda gelap atau bintik hitam yang terjadi. Noda gelap juga bisa terjadi karena faktor genetik, jerawat, atau bekas luka.

3 dari 3 halaman

Perbedaan antara noda gelap dan bintik hitam akibat sinar matahari

Cara mengatasi

Entah itu noda gelap atau bintik hitam akibat sinar matahari, sebaiknya Anda mengunjungi dokter atau ahli kulit, sebelum memulai jenis perawatan apa pun. Jika Anda memilih prosedur kecantikan, perawatan laser mungkin dapat membantu, namun tetap harus dilakukan oleh ahlinya.

Perawatan laser jika dilakukan dengan cara yang salah hanya akan memperburuk keadaan kulit Anda. Perawatan populer lainnya untuk mengatasi noda gelap atau bintik hitam akibat sinar matahari adalah dengan mikrodermabrasi dan pengelupasan kimia.

Tabir surya adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Selain membantu mencegah bintik-bintik hitam akibat sinar matahari, tabir surya juga dapat melindungi bintik-bintik yang sudah terbentuk memburuk karena sinar matahari.

Saat membeli tabir surya, ketahuilah bahwa ada dua jenis, yaitu kimia dan fisik. Tabir surya kimia menggunakan beberapa bahan kimia yang akan diserap ke dalam jaringan kulit dan mengubah efek sinar UV, sehingga mengurangi risiko kerusakan kulit.

Sedangkan tabir surya fisik menggunakan titanium dioksida atau oksida seng dan akan berada di atas kulit untuk memblokir cahaya secara fisik masuk ke dalam kulit. Apa Anda juga memiliki noda gelap atau bintik hitam akibat sinar matahari pada kulit?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat