uefau17.com

Mantan Bos PayPal Sebut Bitcoin Bisa Jadi Pembayaran Global - Crypto

, Jakarta - Mantan Presiden PayPal David Marcus berbagi visi yang berani untuk bitcoin , yang bertujuan untuk membentuknya menjadi jaringan pembayaran di seluruh dunia dalam acara Squawk Box CNBC baru-baru ini.

Marcus, yang saat ini menjabat sebagai CEO perusahaan infrastruktur Lightning Network, Lightspark, menekankan perlunya memperluas peran Bitcoin lebih dari sekadar penyimpan nilai.

Marcus menjelaskan, selama dekade terakhir, Bitcoin telah mencapai kemajuan luar biasa, berevolusi dari mata uang digital yang tidak jelas menjadi penyimpan nilai yang diakui dan lindung nilai terhadap inflasi. 

“Namun, potensi Bitcoin masih perlu direalisasikan sepenuhnya dan dapat memainkan peran yang lebih luas dalam lanskap keuangan global,” kata Marcus, dikutip dari Coinmarketcap, Selasa (17/10/2023). 

Marcus menambahkan, Bitcoin memiliki potensi untuk menjadi jaringan pembayaran global, beroperasi pada jaringan Bitcoin terdesentralisasi, mirip dengan PayPal tetapi dengan keunggulan berbeda. 

Transaksi Cepat

Dia menyoroti perlunya Bitcoin untuk berkembang lebih jauh, menyediakan transaksi yang lebih cepat, lebih murah, dan efisien, yang pada akhirnya membuatnya dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Sebagai CEO Lightspark, Marcus secara aktif berkontribusi dalam upaya memperluas utilitas Bitcoin ke arah ini. Dia telah berkomitmen untuk melakukan apa pun untuk membuka potensi penuh dari Bitcoin Lightning Network, dengan menyatakan.

“Karena sudah waktunya bagi dunia untuk memiliki protokol terbuka universal untuk pembayaran,”" ujar Marcus.

Namun, tujuan ambisius ini mempunyai tantangan tersendiri. Masalah skalabilitas Bitcoin terus menjadi perhatian. Kemajuan teknologi yang sedang berlangsung seperti Lightning Network siap untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan kemampuan Bitcoin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tantangan Bitcoin

Selain tantangan teknis, tantangan regulasi juga menghadang. Pemerintah di seluruh dunia memantau dengan cermat industri Bitcoin, yang masing-masing memiliki tingkat penerimaan dan regulasi yang berbeda-beda. 

Marcus mengakui pentingnya kolaborasi dengan regulator untuk memastikan kepatuhan dan legitimasi Bitcoin sebagai solusi pembayaran global.

Meskipun terdapat tantangan besar di masa depan, termasuk hambatan teknis dan peraturan, gagasan Bitcoin berfungsi sebagai alat pembayaran yang terdesentralisasi, efisien, dan diterima secara luas memiliki potensi untuk merevolusi industri keuangan. 

Transformasi ini tidak hanya membuat transaksi menjadi lebih cepat namun juga lebih mudah diakses dalam skala global.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Bank Kripto Berbasis di Eropa, Xapo Bakal Tawarkan Perdagangan Saham

Sebelumnya diberitakan, Bank yang menawarkan layanan kripto, Xapo yang berbasis di Eropa telah mendapatkan lisensi pialang sekuritas, yang berarti bank tersebut akan dapat menawarkan pelanggan di Eropa kemampuan untuk memperdagangkan saham S&P 500.

Lisensi Markets in Financial Instruments Directive (MiFID) yang baru-baru ini diberikan kepada Xapo menambah keunggulan lain pada visi perusahaan, yang lebih bersifat langsung, investasi jangka panjang versus jenis strategi perdagangan spekulatif kripto yang terkenal.

Xapo memulai layanan kripto sejak 2013, dimulai dengan dompet, brankas penyimpanan dingin, dan cadangan 30.000 bitcoin. Xapo kemudian didirikan di Gibraltar di bawah kerangka penyedia layanan aset virtual (VASP). 

Sejak memulai prosesnya pada 2019, Xapo telah diberikan lisensi perbankan, memperoleh keanggotaan utama dengan Visa dan Mastercard serta keanggotaan dalam SWIFT (sistem global di mana bank saling mengirim uang).

CEO Xapo Seamus Rocca mengatakan nasabah mereka menginginkan portofolio yang terdiversifikasi dengan beberapa saham, rekening tabungan yang menghasilkan bunga, serta alokasi bitcoin.

“Ini adalah demografi yang sedikit lebih tua yang membeli bitcoin beberapa tahun yang lalu untuk disimpan dan menjadi seperti dana pensiun, atau mungkin untuk membeli properti ketika harganya tepat,” kata Rocca, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (13/10/2023).

Eropa melihat minat kripto yang meningkat dari bank, sampai taraf tertentu didorong oleh rezim Pasar Aset Kripto, atau MiCA. Namun, Xapo berpaling dari adopsi kripto institusional ketika menjual bisnis hak asuh perusahaannya ke Coinbase pada 2017, lebih memilih untuk tetap berpegang pada etos kebebasan finansial ritel dan bitcoin.

4 dari 4 halaman

Usai Jadi Presiden G20, India Bakal Ambil Sikap Terhadap Kripto

Sebelumnya diberitakan, India akan memutuskan posisi negaranya terhadap kripto dalam beberapa bulan mendatang setelah mempertimbangkan sikap para pemimpin global mengenai kerangka aturan kripto yang dapat diterima.

Ini yang merupakan bagian dari pertimbangan Kelompok 20 (G20), kata seorang pejabat senior Kementerian Keuangan India pada Minggu, 10 September 2023.

Berbicara kepada di sela-sela KTT para pemimpin G20, Sekretaris Departemen Urusan Ekonomi India Ajay Seth mengatakan sikap India akan diputuskan dalam beberapa bulan mendatang. 

“Lami akan menganalisis apa yang secara global telah disetujui oleh para pemimpin dan kemudian memutuskan kebijakan apa yang akan menjadi kebijakan yang baik bagi India,” kata Seth, dikutip dari CoinDesk, Rabu (13/9/2023).

Posisi India terhadap kripto telah diawasi selama bertahun-tahun sebagai negara yang memiliki industri yang sedang berkembang sebelum industri tersebut mengalami serangkaian pukulan dalam bentuk pajak yang keras.

Pengawasan kripto juga meningkat setelah India menjadikan penyusunan aturan kripto global sebagai prioritas kepresidenan G20, sebuah tujuan yang dicapai dalam bentuk makalah sintesis dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Dewan Stabilitas Keuangan (FSB).

Komentar Seth pada hari Minggu menunjukkan pergeseran ke arah kemungkinan India dapat menyusun undang-undangnya sendiri, yang pertama sejak India menangguhkan rencana untuk mengatur kripto secara komprehensif melalui undang-undang pada awal 2022.

Meskipun FSB memerlukan peninjauan terhadap status penerapan rekomendasinya, pada akhir 2025, India telah menerapkan aturan anti pencucian uang dan struktur pajak untuk kripto dan itu mungkin sudah cukup, kata seorang pejabat kepada CoinDesk pada Agustus. 

Meskipun bank sentral negara tersebut telah menganjurkan pelarangan kripto, pemerintah belum menunjukkan sikap seperti itu dan, untuk saat ini, pemerintah kemungkinan tidak akan melakukan hal tersebut. Makalah sintesis juga mengatakan larangan menyeluruh tidak akan berhasil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat