uefau17.com

Harga Dasar Deretan Koleksi NFT Paling Terkenal Anjlok Hingga 55 Persen - Crypto

, Jakarta Beberapa koleksi Non Fungible Token (NFT) blue-chip yang paling terkenal telah mengalami penurunan harga dasar lebih dari 25 persen pada bulan lalu, menurut data Nansen. 

Dilansir dari CoinDesk, Selasa (29/8/2023), NFT adalah jenis aset kripto khusus yang memberikan kepemilikan kepada pemegangnya atas aset nyata atau digital.

Harga dasar dalam NFT mengacu pada harga minimum yang diinginkan penjual untuk suatu barang dalam suatu koleksi, yang berfungsi sebagai indikator popularitas koleksi dan nilai yang dirasakan.

Namun metrik ini dapat dimanipulasi dan tidak selalu secara akurat mewakili nilai pasar sebenarnya dari sebuah NFT, dengan faktor lain seperti sifat kelangkaan dan kondisi pasar yang menyebabkan variasi harga.

Data on-chain menunjukkan harga dasar koleksi Bored Ape Yacht Club telah menurun sebesar 27 persen sementara DeGods turun sebesar 55 persen. 

Azuki, yang menjual koin NFT Elementals dalam 15 menit pada Juni, dengan peringkat USD 38 juta atau setara Rp 579,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.246 per dolar AS) dalam prosesnya, mengalami penurunan harga dasar sebesar 36 persen.

Sementara itu, indeks Nansen NFT-500 turun 40 persen year-to-date, sedangkan indeks Blue Chip 10 turun 33 persen. 

Meskipun harga kripto Ethereum biasanya menentukan nilai NFT, nilainya turun lebih cepat daripada mata uang yang biasanya digunakan. Ether turun 9,6 persen dalam sebulan, dan naik 1,9 persen selama setahun terakhir, menurut data Indeks CoinDesk.

Namun, tidak semuanya merupakan berita buruk di pasar NFT. Beberapa koleksi yang kurang dikenal telah mengalami peningkatan.

Harga dasar Miladays telah meningkat sebesar 66 persen, mendekati Mutant Ape Yacht Club, Nansen menjelaskan dalam utas tweet, sementara Sproto Gremlins, yang memiliki pengikut di antara HODLers bitcoin, telah melonjak 262 persen selama 30 hari.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjualan NFT Donald Trump Melonjak 425 Persen Usai Foto di Penjara Beredar

Setelah foto Donald Trump yang diambil di Penjara Fulton County di Atlanta beredar, penjualan kartu perdagangan Non Fungible Token (NFT) miliknya meroket. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (26/8/2023), data Cryptoslam.io menunjukkan lonjakan sebesar 426 persen dalam penjualan kartu digital Trump hanya dalam 24 jam. 

Cryptoslam.io mengungkapkan seri Kartu Digital Donald Trump mengumpulkan sekitar USD 34.104 atau setara Rp 521,7 juta (asumsi kurs Rp 15.298 per dolar AS) dari 108 transaksi hanya dalam satu hari.

Selain itu, tinjauan selama seminggu menunjukkan peningkatan penjualan Trump NFT sebesar 208 persen. Secara kumulatif, NFT Trump telah mengumpulkan USD 20,68 juta atau setara Rp 316,3 miliar dari 47.552 transaksi. 

Sekitar 14.016 peminat kini memiliki setidaknya satu kartu digital Trump, dengan rata-rata durasi kepemilikan adalah 19 hari. Dari 14.000 pemegang dompet, sekitar 8.962 telah memperoleh Trump NFT, sementara 8.816 telah melepas milik mereka sejak awal koleksi.

Meskipun menghadapi banyak dakwaan, Trump tetap teguh dalam aspirasi politiknya, bersaing untuk mendapatkan posisi dalam pemilihan umum AS yang akan datang. 

Baru-baru ini ia menyuarakan keprihatinan mengenai cara pemerintah Amerika Serikat saat ini menangani negara tersebut, dan memperingatkan akan semakin berkurangnya keunggulan dolar AS.

3 dari 3 halaman

Donald Trump Kantongi Rp 148,9 Miliar dari Kripto dan NFT

Sebelumnya, Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah memberikan data baru tentang pendapatan dan kepemilikan kriptonya dalam pengungkapan keuangan kepada Komisi Pemilihan Federal (FEC).

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (21/8/2023), pengajuan berisi informasi tentang saldo dompet ethereum, yang mengumpulkan hasil dari penjualan non-fungible token (NFT) bermerek Trump, dan pendapatan yang dihasilkannya.

Pengajuan Trump menunjukkan sebuah perusahaan yang menghasilkan USD 9,7 juta atau setara Rp 148,9 miliar (asumsi kurs Rp 15.351 per dolar AS) dengan melisensikan citranya NFT. 

CIC Digital LLC, memiliki dompet kripto dengan setidaknya USD 1 juta atau setara Rp 15,3 miliar dalam bentuk ethereum (ETH), yang menghasilkan pendapatan sebesar USD 2,8 juta atau setara Rp 42,9 miliar.

Dalam pengungkapan sebelumnya pada Juli, Donald Trump menyatakan dompet CIC Digital tidak memiliki lebih dari USD 500.000 atau setara Rp 7,6 miliar dan tidak menghasilkan pendapatan. Pada saat itu, perusahaan juga memiliki rekening bank fiat dengan saldo kurang dari USD 1.000 atau setara Rp 15,3 juta.

NFT yang disebut Trump Digital Trading Cards, yang menggambarkan presiden ke-45 Amerika sebagai banyak karakter, termasuk Superman, diluncurkan pada bulan Desember tahun lalu, ketika lencana pertama dijual dalam hitungan jam.

Tidak seperti calon lain untuk menjadi calon presiden dari Partai Republik, seperti Gubernur Florida Ron DeSantis dan Vivek Ramaswamy yang lebih positif terhadap cryptocurrency, Donald Trump belum tertarik untuk merangkul bitcoin dan sejenisnya. Selama masa kepresidenannya, dia pernah menyatakan nilai mereka didasarkan pada udara tipis.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat