uefau17.com

Saham GameStop Anjlok 13,4% Usai Rencana Perampingan - Saham

, Jakarta CEO GameStop, Ryan Cohen mengumumkan rencana perusahaan untuk mengoperasikan jaringan toko yang lebih ramping. Menyusul pengumuman itu, saham GameStop anjlok secara signifikan. Pada Senin sore waktu setempat, saham GameStop turun 13,4% dan diperdagangkan pada USD 24,86.

Aksi perampingan jaringan toko ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan profitabilitas, sembari mengoptimalkan pada produk yang memiliki nilai tambah.

Selain itu, Cohen bermaksud untuk menghindari “hype” yang telah mendorong saham secara ekstrim sebagai bagian dari kegilaan meme-stock yang sedang berlangsung. Selama rapat pemegang saham tahunan GameStop yang diadakan pada hari Senin (17/6), Cohen mengatakan kepada audiensnya bahwa pendapatan tanpa keuntungan dan prospek arus kas masa depan tidak berharga bagi pemegang saham.

“Ini berarti jaringan toko yang lebih kecil dengan lebih banyak pilihan barang bernilai lebih tinggi yang sesuai dengan model tukar tambah kami,” kata Cohen, mengutip CoinGape, Selasa (18/6/2024).

Ritel videogame tersebut berencana untuk mengoperasikan jaringan toko yang lebih kecil secara nasional. Hal ini jelas merupakan bagian dari upaya Cohen selama bertahun-tahun dalam mengubah perusahaannya menjadi etalase digital untuk rilisan game terbaru.

Untuk jangka panjang, GameStop dianggap oleh short seller sebagai toko fisik yang gagal. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan harus menutup beberapa pusat distribusinya selain musim PHK yang menyeluruh.

Pada Januari, perusahaan memilih untuk menutup operasi pasar Non-fungible token (NFT), dengan alasan ketidakpastian peraturan yang sedang berlangsung di ruang kripto. Oleh karena itu, pasar yang memfasilitasi NFT game dan berbagai barang koleksi di Immutable X dan Loopring berhenti mendapatkan dukungan dari GameStop.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga GME Turun 13,4%

Tak lama setelah pengumuman Cohen baru-baru ini, saham perusahaan tersebut anjlok secara signifikan. Pada Senin sore, saham GameStop turun 13,4% dan diperdagangkan pada USD 24,86. Pada saat berita ini dimuat, harga telah berpindah ke USD 25,61, menunjukkan volatilitasnya.

Saham ini sempat bergerak sideways selama beberapa waktu namun penurunan harga ini tetap konstan dalam beberapa minggu terakhir. Khususnya, periode-periode ketika harga saham mengalami kenaikan cukup luar biasa, karena fakta bahwa keuntungan yang dicatat cukup besar. Ketika Keith Gill, yang dikenal secara online sebagai “Roaring Kitty,” muncul pertama kali di media sosial, menyatakan bahwa dia memegang USD 181,4 juta di saham GameStop, harga saham GameStop langsung naik 300%.

Masih belum pasti apa yang akan terjadi pada GameStop dalam beberapa minggu dan bulan ke depan, tetapi Cohen optimis bahwa keputusannya akan meningkatkan prospek pengecer video game tersebut.

3 dari 4 halaman

Harga Saham GameStop Melonjak Setelah Kantongi Dana Segar Hampir USD 1 Miliar

Saham GameStop Corp menguat di akhir perdagangan setelah mengumumkan pihaknya memperoleh hampir USD 1 miliar dari program penjualan saham.

Pengecer video game tersebut memanfaatkan kesibukan perdagangan awal bulan ini dengan menjual 45 juta saham untuk mengumpulkan sekitar USD 933 juta.

Melansir Yahoo Finance, Sabtu (25/5/2024), saham GameStop melonjak sebanyak 25% dalam perdagangan yang diperpanjang hingga mencapai USD 23,80, tetapi masih jauh di bawah puncak hampir USD 65 yang dicapai pada 14 Mei.

Langkah ini mencerminkan tindakan sesama saham meme, AMC Entertainment Holdings Inc. yang memanfaatkan reli saham awal bulan ini ketika kedua saham mengalami lonjakan tanpa pembaruan mendasar.

Saham bioskop naik bersama GameStop di akhir perdagangan, naik 2,9% menjadi USD 4,98 pada 16:36 waktu New York. Kesibukan awal bulan ini dipicu oleh postingan dari akun “Roaring Kitty” di X, akun yang digunakan oleh Keith Gill yang beroperasi di bawah moniker online dan menjadi terkenal pada 2021 saat ia menggalang para pedagang di Reddit di sekitar GameStop.

 

4 dari 4 halaman

Pasar GameStop

Apa yang disebut program di pasar GameStop diumumkan awal bulan ini, sebuah langkah yang memungkinkan banknya membuat saham untuk dijual, dan hasilnya ditambahkan ke tumpukan uang tunai yang menurut perusahaan akan berjumlah sekitar USD 1,1 miliar sebelum tanggal tersebut.

Perusahaan berencana menggunakan hasil tangkapan untuk tujuan umum perusahaan, yang mungkin mencakup akuisisi dan investasi. Bisnis utama pengecer video-game tersebut sedang mengalami kesulitan, dengan sebagian besar gamer memilih untuk mengunduh judul-judul baru daripada mengunjungi toko fisik.

Sebagai bagian dari manuver penjualan sahamnya, GameStop sebelumnya mengintip operasionalnya selama beberapa bulan terakhir. Bisnis ini mengalami kesulitan, dengan penjualan bersih yang berada di bawah dua perkiraan karena fokus pada pemotongan biaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat