uefau17.com

Penjualan NFT Meningkat 26 Persen pada Pekan Pertama 2023 - Crypto

, Jakarta - Menurut statistik penjualan NFT, minggu pertama 2023 telah terjadi peningkatan sebesar 26,01 persen penjualan dibandingkan dengan minggu terakhir 2022. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (11/1/2023), data Cryptoslam.io menunjukkan ada 1,2 juta transaksi NFT di antara 400.748 pembeli NFT. Ada USD 208 juta atau setara Rp 3,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.539 per dolar AS) dalam penjualan NFT di 19 jaringan blockchain yang berbeda, dengan Ethereum meraih USD 164,3 juta atau setara Rp 2,5 triliun.

Penjualan NFT berbasis Ethereum naik 26,22 persen minggu lalu, diikuti oleh Solana sebesar 28,8 persen, Immutable X 20,83 persen, Cardano 35,97 persen, dan BNB 71,35 persen dalam penjualan NFT.

BNB mengalami kenaikan terbesar selama tujuh hari terakhir, dengan kenaikan 71 persen, diikuti oleh Theta yang naik 69,82 persen pada minggu lalu. 

Koleksi NFT teratas dalam hal penjualan selama seminggu terakhir adalah Bored Ape Yacht Club (BAYC) dengan penjualan USD 19.052.102 atau setara Rp 296,3 miliar, meningkat 52,82 persen dari pekan terakhir 2022. 

BAYC diikuti oleh Mutant Ape Yacht Club (MAYC), Azuki, Bored Ape Kennel Club (BAKC), dan The Captainz. Cryptopunks dan Mineablepunks mengambil posisi keenam dan ketujuh dalam hal penjualan NFT selama tujuh hari berdasarkan koleksi.

Menurut data dari nftpricefloor, NFT BAYC masih memiliki harga minimum termahal pada 8 Januari 2022 yaitu di kisaran 81,49 ETH. Sedangkan, Cryptopunks memiliki nilai dasar sekitar 66,88 ETH.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kreator NFT Ditangkap di New York Akibat Skema Penipuan

Sebelumnya, pengembang koleksi NFT Mutant Ape Planet telah ditangkap di New York, didakwa dengan tuduhan "menipu" investor sebesar USD 2,9 juta atau sekitar Rp 45,3 miliar.

Penangkapan berlangsung pada 4 Januari di Bandara Internasional John F. di New York. Agen keamanan dalam negeri New York, Ivan J. Arvelo menuduh warga negara Prancis Aurelien Michel melakukan skema penipuan dan mencuri dana dari investor untuk penggunaan pribadi sendiri.

“Pembeli BFT Mutant Ape Planet mengira mereka berinvestasi dalam barang koleksi baru yang trendi, tetapi mereka tertipu dan tidak menerima manfaat yang dijanjikan,” kata Arvelo dalam sebuah laporan, dikutip dari Cointelegraph, Senin (9/1/2023). 

Siaran pers dari Departemen Kehakiman, menyatakan Michel menipu investor dengan membuat representasi palsu, antara lain, hadiah, token dengan fitur mempertaruhkan, dan koleksi barang dagangan, sebelum menarik dana setelah NFT terjual habis.

Menurut pernyataan tersebut, Michel diketahui telah mengakui kepada komunitas melalui obrolan media sosial dia telah melakukan penipuan, dengan mengatakan "kami tidak pernah bermaksud untuk membuat permadani tetapi komunitas menjadi terlalu beracun."

Koleksi NFT Mutant Ape Planet merupakan tiruan dari koleksi NFT Mutant Ape Yacht Club yang populer terdiri dari 6.797 NFT yang disimpan di blockchain Ethereum dengan penjualan senilai 567 Ether tetapi telah melihat harga rata-rata turun sejak diluncurkan pada Januari 2022.

Menyusul penangkapan, pemegang koleksi tersebut telah membagikan cerita mereka melalui Twitter, mencatat James telah berusaha menyalahkan kepergiannya pada komunitas yang menjadi skeptis karena kurangnya aktivitas.

Saat ini, proyek NFT Mutant Ape Planet telah diambil alih oleh komunitas yang mencoba menghidupkannya kembali, dipelopori oleh pengguna dengan nama samaran HTMadge.

3 dari 4 halaman

Proyek Pemerintah, China Bakal Luncurkan Platform Perdagangan NFT

Sebelumnya, Otoritas China sedang bersiap untuk meluncurkan platform yang dikendalikan negara yang memungkinkan perdagangan Non Fungible Token (NFT) dan aset digital lainnya. Inisiatif ini merupakan proyek bersama antara organisasi pemerintah dan perusahaan swasta.

"Platform Perdagangan Aset Digital China, dibangun dalam kemitraan oleh China Technology Exchange, China Cultural Relics Exchange Center, dan Huaban Digital Copyright Service Center Co. Limited, akan diluncurkan pada 1 Januari 2023,” laporan oleh Sina Finance, dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (1/1/2023). 

Pasar akan beroperasi di bawah lisensi China Digital Exchange, yang didirikan oleh Kementerian Sains dan Teknologi, Kantor Kekayaan Intelektual Negara, Akademi Ilmu Pengetahuan China, dan pemerintah kota Beijing.

Pertukaran memfasilitasi pembelian dan penjualan hak kekayaan intelektual, ilmu pengetahuan, dan teknologi di China. Ini akan menyediakan infrastruktur dasar untuk platform perdagangan baru, mengambil tanggung jawab untuk memproses transaksi dan menerapkan mekanisme penyelesaian.

"Pasar baru akan mematuhi peraturan yang berlaku dan menyediakan layanan perdagangan untuk koleksi digital dan hak cipta digital," ujar Presiden Huaban Yin Tao. 

Karena China telah menindak aktivitas terkait kripto, istilah "koleksi digital" sering lebih disukai oleh outlet media dan perusahaan daripada "NFT" untuk menghindari asosiasi dengan cryptocurrency.

4 dari 4 halaman

Hadapi Ketidakpastian

Ketua bersama Komite Blockchain dari Asosiasi Industri Komunikasi China, Yu Jianing berkomentar dalam hal pengawasan dan kepatuhan, pasar ini menghadapi beberapa ketidakpastian dan risiko kepatuhan yang lebih besar, tetapi kebijakan hukum dan peraturan akan ditingkatkan secara bertahap.

Larangan penjualan kembali barang koleksi digital yang diberlakukan oleh regulator Tiongkok untuk membatasi spekulasi pasar dengan aset-aset ini dilaporkan menjadi alasan di balik keputusan Tencent untuk menutup platform NFT-nya, Huanhe. Berita tentang langkah tersebut keluar pada Juli, hanya setahun setelah peluncurannya.

Pada Juni, aplikasi media sosial populer Wechat, juga dioperasikan oleh raksasa teknologi China, mengumumkan niatnya untuk melarang akun publik memfasilitasi perdagangan sekunder token yang tidak dapat dipertukarkan. Segera setelah itu, aplikasi Tencent News berhenti menjual NFT

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat