uefau17.com

Perusahaan Kripto DCG Diduga Alami Krisis Likuiditas - Crypto

, Jakarta - Pertukaran cryptocurrency Belanda Bitvavo mengatakan memiliki USD 297 juta (Rp 4,6 triliun) terjebak di platform Digital Currency Group (DCG) yang menurut Bitvavo dikelola dalam deposito dan aset lainnya. 

Dilansir dari Decrypt, Senin (19/12/2022), Bitvavo meyakinkan pelanggan situasi tersebut tidak berdampak apa pun pada platform Bitvavo. 

Meskipun begitu, Bitvavo mengklaim dalam posting blog DCG mengalami masalah likuiditas karena guncangan yang terjadi di pasar kripto saat ini dan bawa DCG telah menangguhkan pembayaran sampai masalah likuiditas ini diselesaikan.

Tetapi juru bicara DCG mengatakan kepada Reuters dana tersebut dipegang oleh platform kripto Genesis, bukan DCG. Namun, Bitvavo membalas kepada Reuters DCG bertanggung jawab atas dana yang tidak dapat diakses.

DCG, dipimpin oleh pendiri SecondMarket Barry Silbert, adalah salah satu perusahaan kripto terbesar dan paling terkenal di dunia. Grup  itu memiliki beberapa anak perusahaan seperti Genesis, Grayscale, CoinDesk, Foundry, dan Luno.

Genesis membekukan penarikan pada lengan pinjamannya satu bulan yang lalu dan belum mencairkannya. Masalah di Genesis telah membuat keuangan DCG dipertanyakan.

Pada tanggal 22 November, Silbert memberi tahu para pemegang saham DCG berutang kepada Genesis USD 575 juta. 

“Kami telah melewati musim dingin crypto sebelumnya, dan meskipun yang ini mungkin terasa lebih parah, secara kolektif kami akan keluar dengan lebih kuat,” ujar Silbert dikutip dari Decrypt, Senin, 19 Desember 2022.

Namun pada 3 Desember, Financial Times melaporkan DCG berutang Genesis USD 1,7 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analis Sebut Runtuhnya FTX Tak Berdampak pada Sistem Keuangan Tradisional

Sebelumnya, kepala analisis investasi AJ Bell, Laith Khalaf mengungkapkan, tidak ada limpahan risiko dari cryptocurrency ke aset yang lebih tradisional. 

Hal ini diungkapkan di tengah kasus miliaran dolar Amerika Serikat (AS) hilang ketika bursa FTX ambruk, menimbulkan pertanyaan tentang apakah pergerakan di bidang kripto dapat memantul ke sistem keuangan lainnya.

“Kripto memiliki banyak uang tetapi itu dibangun sebagai ekosistem yang terpisah,” kata kepala analisis investasi Laith Khalaf dikutip dari CNBC, Sabtu (17/12/2022). 

Meskipun begitu, Khalaf mengatakan,  itu bukan berarti tidak akan ada tumpang tindih di masa depan. Potensi limpahan risiko masih ada di masa depan. 

“Jika kami memiliki masalah yang lebih luas pada sistem, Anda dapat mulai melihatnya memengaruhi aset lain, tetapi saya tidak benar-benar melihatnya,” tambahnya.

Khalaf enggan membuat prediksi ke mana cryptocurrency akan pergi selanjutnya karena itu sangat dapat diubah sebagai aset.

“Kita bisa duduk di sini berbicara kali ini tahun depan dan Bitcoin bisa mencapai USD 5.000 atau USD 50.000. Itu tidak mengejutkan saya karena pasar sangat didorong oleh sentimen,” kata Khalaf.

Dan sementara ada pertanyaan tentang adopsi cryptocurrency jangka panjang, Khalaf membuat satu poin dengan banyak kepastian.

“Untuk masa mendatang, cryptocurrency tetap menjadi aset yang sangat fluktuatif dan spekulatif,” katanya.

Dalam dua pengajuan pengadilan terpisah, pengacara FTX mengatakan pada November kemungkinan memiliki lebih dari 1 juta kreditur, dan berutang kepada 50 kreditur tanpa jaminan sebesar USD 3,1 miliar.

Pendiri dan mantan CEO bursa, Sam Bankman-Fried, kemudian didakwa menipu investor pada Selasa setelah ditangkap pada Senin.

3 dari 4 halaman

Dampak Bangkrutnya FTX, Kanada Perketat Pengawasan Kripto

Sebelumnya, Administrator Sekuritas Kanada (CSA) akan memperkuat pendekatannya terhadap pengawasan kripto menyusul peristiwa baru-baru ini di pasar kripto akibat runtuhnya FTX. Hal itu disampaikan CSA dalam sebuah pernyataan.

Badan tersebut, yang terdiri dari regulator sekuritas dari masing-masing 10 provinsi dan tiga wilayah di Kanada, mengatakan akan memperluas persyaratan yang ada untuk platform yang saat ini beroperasi di negara tersebut. 

Pada Agustus 2022 telah diumumkan regulator mengharapkan perusahaan kripto yang tidak terdaftar di negara tersebut untuk melakukan pra-pendaftaran (PRU) sementara aplikasi mereka disetujui.

"Jika platform yang saat ini tunduk pada undang-undang sekuritas di Kanada tidak mengirimkan PRU ke regulator utamanya atau berhenti beroperasi, CSA akan mempertimbangkan semua opsi peraturan yang berlaku,” kata CSA, dikutip dari CoinDesk, Sabtu, 17 Desember 2022.

CSA menambahkan hal itu dilakukan untuk membuat platform mematuhi undang-undang sekuritas, termasuk tindakan penegakan hukum.

Regulator di seluruh dunia telah melihat kripto dengan lebih kritis sejak FTX, yang merupakan pertukaran terbesar ketiga berdasarkan volume pada satu titik, menyatakan bangkrut dan telah menyalahgunakan dana pelanggan. Mantan CEO-nya, Sam Bankman-Fried, ditangkap pada Senin setelah AS mengajukan tuntutan pidana.

Peristiwa baru-baru ini, di mana beberapa perusahaan kripto dan koin terbesar telah runtuh termasuk Celsius Network dan algoritmik stablecoin terraUSD (UST) dari Terra, telah menyebabkan miliaran terhapus dari pasar kripto dalam setahun.

Platform perdagangan kripto yang terdaftar sebagai sekuritas atau telah mengajukan PRU dilarang mengizinkan klien Kanada untuk berdagang atau mendapatkan eksposur ke sekuritas atau turunan kripto, pernyataan itu mengingatkan perusahaan.

4 dari 4 halaman

Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat