uefau17.com

Sering Dijadikan Kondimen, Ini 6 Manfaat Mengonsumsi Chili Oil Bagi Kesehatan - Citizen6

, Jakarta Bagi pencinta masakan pedas, pasti tidak asing lagi dengan bumbu masakan yang satu ini. Ya, apalagi kalau bukan chili oil atau minyak cabai. 

Bumbu masakan yang satu ini memang sering ditemukan dalam berbagai masakan China, seperti untuk dimsum atau ditambahkan dalam mie ayam. Chili oil sendiri dibuat dari ekstrasi tanaman Salvia hispanica L, sehingga kaya akan vitamin, mineral, dan lemak sehat. Maka tidak heran jika rasanya sangat pedas tapi bisa mengugah selera makan kita, ya.

Namun, sudah tau belum ternyata ada manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengonsumsinya, lho. Dihimpun dari Stylecraze, Sabtu (16/4/2024), pada artikel kali ini, kita akan melihat manfaat dari chili oil. Yuk, baca terus sampai tuntas!

Manfaat Kesehatan Chili Oil

1. Sumber Protein

Setiap 100 gram cabai mengandung sekitar satu gram protein. Jadi, ketika Anda mengonsumsi lebih banyak protein, otomatis Anda melindungi tubuh dari hilangnya massa otot, penurunan kekebalan, dan sistem pernapasan yang buruk.

2. Mengandung Vitamin D

Meskipun chili oil kaya akan nutrisi, beberapa orang percaya bahwa bumbu masakan ini juga mengandung vitamin D. Namun penelitian menunjukkan bahwa cabai tidak mengandung Vitamin D.

Vitamin D dapat membantu melindungi terhadap penyakit Alzheimer dan penyakit tulang serta dapat membantu pencegahan kanker. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari susu, ikan tuna, dan kuning telur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Memiliki Vitamin A, E, dan K

Chili oil juga mengandung Vitamin A, E, dan K. Vitamin K membantu membuat berbagai protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang yang baik. Vitamin ini memiliki sifat antioksidan yang berperan besar dalam membangun sistem kekebalan tubuh.

4. Tubuh Mendapatkan Zat Besi

Chili oil mengandung banyak zat besi. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat mencegah beberapa penyakit seperti glossitisi. Ini juga membantu Anda merasa relaks.

Zat besi adalah salah satu nutrisi utama yang mencegah Anda merasa lelah dan lelah. Faktanya, kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia.

Laporan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) memperkirakan 30% wanita menstruasi berusia 15-49 tahun serta 37% wanita hamil juga terkena anemia. Selain itu, anemia menyebabkan hilangnya 50 juta tahun kehidupan sehat pada tahun 2019, dengan kekurangan zat besi menjadi salah satu penyebab utamanya.

3 dari 3 halaman

5. Baik untuk Jantung

Manfaat lain dari chili oil adalah kemampuannya untuk menjaga sistem kardiovaskular. Ini mengandung senyawa bermanfaat seperti capsanthini dalam jumlah kecil, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

6. Punya Kandungan Vitamin C Tinggi

Chili oil juga mengandung Vitamin C, yang dapat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular. Vitamin C juga dapat memperpendek durasi pilek atau efek pengobatan flu yang baru saja dilakukan.

Sumber Vitamin C lainnya adalah jeruk dan grapefruit. Chili oil juga membantu meningkatkan kekebalan dengan melawan infeksi.

Cabai mengandung sekelompok senyawa yang disebut capsaicinoid yang bertanggung jawab atas rasanya. Senyawa ini mungkin juga memiliki manfaat bantuan yang luar biasa, seperti peningkatan metabolisme, penurunan berat badan, dan pereda nyeri karena sifat antioksidannya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat