uefau17.com

4 Alasan Minum Smoothies Bisa Menaikkan Berat Badan - Citizen6

, Jakarta Semakin bertambahnya usia, secara sadar kita juga perlu untuk menjaga kesehatan dengan baik. Bukan hanya supaya terhindar dari berbagai penyakit atau panjang umur, tapi juga supaya badan tetap fit dan tidak gampang capek saat beraktivitas padat.

Nah, salah satu cara untuk membuat pilihan yang lebih sehat yaitu dengan rajin membuat smoothie sendiri. Anda dapat mencampur berbagai macam buah dan sayur ke dalam satu gelas yang dapat diminum saat bepergian atau sedang bekerja. 

Meskipun minuman sehat yang satu ini sangat bergizi dan bisa membantu Anda mencapai beberapa tujuan diet, para ahli juga mengatakan ada beberapa penyebab umum smoothie juga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Kenapa bisa begitu? Dilansir dari Eat This, Not That!, Senin (3/6/2024), ada beberapa alasan kenapa saat rajin mengonsumsi smoothie justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Sebab, di satu sisi, jika Anda berhati-hati dengan apa yang Anda masukkan ke dalam smoothie, Anda dapat menggunakannya untuk membantu mencapai kadar protein, serat, dan vitamin yang Anda inginkan untuk hari itu sekaligus menjaga kadar kalori, lemak, dan gula tambahan. Namun di sisi lain, smoothie bisa dengan cepat menjadi tidak sehat jika Anda tidak fokus pada apa yang ada di dalamnya.

Baca terus untuk mengetahui pendapat ahli diet tentang bagaimana smoothie Anda dapat menyebabkan penambahan berat badan ekstra, serta beberapa tips untuk menjadikannya lebih sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kekurangan protein dalam smoothie

Jika Anda sengaja menggunakan bahan-bahan untuk smoothie Anda, minuman ini bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk menambah tambahan protein pada hari Anda. Protein tidak hanya membantu Anda membangun lebih banyak otot tanpa lemak dan menghilangkan lebih banyak lemak tubuh, tetapi protein juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, kata Trista Best, MPH, RD, LD di Balance One Supplements.

Menurut Mary Sabat MS, RDN, LD, memasukkan cukup protein (serta serat) sangat penting untuk smoothie yang sehat.

“Jika smoothie kekurangan komponen-komponen ini, seseorang mungkin tidak akan merasa kenyang dalam waktu lama, sehingga berpotensi menyebabkan peningkatan konsumsi kalori dari sumber lain sepanjang hari.”

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menemukan bahwa ketika partisipan mengonsumsi sarapan rendah protein, rata-rata mereka mengonsumsi lebih banyak makanan pada waktu makan berikutnya. Para peneliti percaya bahwa efek ini disebabkan oleh individu yang mengkompensasi makanan rendah protein dengan meningkatkan asupan protein dengan makan lebih banyak di kemudian hari.

Studi tersebut juga menemukan bahwa ketika partisipan mengonsumsi sarapan tinggi protein, mereka mengonsumsi lebih sedikit asupan makanan untuk makanan berikutnya. Inilah salah satu penyebab mengapa kekurangan protein terkadang dapat menyebabkan konsumsi kalori berlebih dan penambahan berat badan.

Untuk memasukkan lebih banyak protein ke dalam smoothie Anda, coba tambahkan susu sapi, greek yogurt, chia seed, atau bubuk protein favorit Anda.

3 dari 5 halaman

2. Anda melewatkan serat

Dalam hal menghindari penambahan berat badan, beberapa orang mungkin tidak menyadari pentingnya memasukkan cukup serat ke dalam makanan dan minuman mereka. Pola makan tinggi serat tidak hanya membantu mencegah berbagai penyakit kronis, tetapi juga membantu mengatur nafsu makan dengan meningkatkan rasa kenyang dan membantu meningkatkan mikrobioma usus.

“Serat memainkan peran penting dalam rasa kenyang dan kesehatan pencernaan, namun sering kali tidak disertakan dalam smoothie, terutama yang tidak mengandung kulit buah atau dibuat dengan jus buah,” kata Best. "Jika smoothie Anda kekurangan bahan-bahan kaya serat seperti buah-buahan [utuh], sayuran, atau biji-bijian, Anda mungkin tidak merasa kenyang setelah mengonsumsinya."

Karena potensi kurang kenyang, Best mengatakan bahwa, "Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya rasa lapar dan potensi makan berlebihan di kemudian hari, sehingga berkontribusi pada penambahan berat badan."

Menurut Lisa Young, PhD, RDN, penulis Finally Full, Finally Slim dan anggota Medical Expert Board Eat This Not That!, beberapa sumber serat terbaik untuk smoothie Anda adalah beri, kale, alpukat, kiwi, pir, kacang-kacangan, flax meal, dan chia seed.

4 dari 5 halaman

3. Menggunakan terlalu banyak pemanis tambahan

Menambahkan pemanis ekstra pada smoothie adalah hal yang lumrah. Terutama jika Anda membuat green smoothie dengan banyak sayuran dan sayuran berdaun hijau, karena rasanya cenderung pahit.

Namun, para ahli memperingatkan bahwa jumlah pemanis tambahan yang lebih tinggi dapat berkontribusi pada jumlah kalori Anda dan berpotensi menyebabkan penambahan berat badan lebih banyak.

“Meskipun pemanis alami seperti madu, sirup maple, atau nektar agave mungkin tampak lebih sehat daripada gula rafinasi, namun pemanis tersebut tetap mengandung kalori dan dapat menyebabkan penambahan berat badan jika digunakan secara berlebihan,” kata Sabat.

Best menambahkan bahwa, "Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan, karena gula memberikan kalori kosong tanpa memberikan nilai gizi yang besar."

Anda tentu tidak perlu menghilangkan pemanis ini sama sekali, tapi memantau seberapa banyak Anda menggunakannya dapat membuat perbedaan dalam tujuan kesehatan Anda.

5 dari 5 halaman

4. Menggunakan terlalu banyak bahan berkalori tinggi

Menurut Young, saat Anda meminum smoothie, "Penting untuk memperhatikan ukuran porsi dan asupannya untuk mencegah konsumsi berlebihan."

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, membuat smoothie adalah cara enak untuk memasukkan bahan-bahan sehat kaya protein dan banyak serat ke dalam rutinitas harian Anda. Namun, hal ini bisa menjadi sedikit rumit, karena terlalu banyak hal yang baik juga berlaku untuk smoothie. Jadi, mengonsumsi terlalu banyak kalori melalui minuman dapat menggagalkan tujuan Anda.

Meskipun ada banyak faktor pola makan yang berhubungan dengan penambahan berat badan, seperti kurang mengonsumsi protein, terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan, dan mengonsumsi makanan tinggi gula, pada akhirnya, Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar sepanjang hari. menambah berat badan.

Bahan-bahan smoothie yang umum seperti full-fat yogurt, selai kacang, kacang-kacangan, dan alpukat menawarkan manfaat kesehatan seperti protein, serat, dan lemak sehat.

Namun, bahan-bahan seperti ini masih memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, dan menurut Sabat, "Ini berarti mereka bisa secara signifikan meningkatkan kandungan kalori smoothie, menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi berlebihan."

Anda tetap harus memasukkan makanan-makanan ini jika Anda menikmatinya dan menginginkan manfaat kesehatannya,. Akan tetapi, jika Anda memperhatikan kenaikan berat badan dan tidak dapat menentukan sumbernya, ini mungkin merupakan awal yang berguna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat