uefau17.com

5 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Bahan-Bahan Alami - Citizen6

, Jakarta Nyamuk adalah hama yang seringkali mengganggu kenyamanan di rumah. Selain menggigit dan menyebabkan gatal, nyamuk juga dapat menjadi vektor penyebaran berbagai penyakit yang berbahaya, seperti demam berdarah, malaria, dan virus Zika. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengusir nyamuk agar rumah tetap nyaman dan terhindar dari risiko penyakit.

Banyak orang cenderung menggunakan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia untuk mengatasi masalah ini. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih alami dan ramah lingkungan untuk mengusir nyamuk? Bahan-bahan alami yang seringkali terdapat di dapur atau taman rumah dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk yang efektif.

Berikut ini adalah 5 cara mengusir nyamuk di rumah dengan bahan-bahan alami yang dapat Anda coba:

1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki aroma yang kuat dan dapat mengusir nyamuk. Anda dapat meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih pada kain atau tisu dan meletakkannya di tempat-tempat yang sering dilewati nyamuk, seperti di samping jendela atau area terbuka.

 2. Daun Sirih

Daun sirih memiliki kandungan zat yang dapat mengusir nyamuk. Anda dapat menempatkan beberapa daun sirih di dalam kamar atau di sudut-sudut rumah yang sering dikunjungi nyamuk. Selain itu, Anda juga dapat menghancurkan daun sirih dan mengoleskannya pada kulit sebagai pengusir nyamuk alami.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Lemon atau Jeruk

Nipis Aroma segar dari lemon atau jeruk nipis dapat mengusir nyamuk. Anda dapat memotong lemon atau jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian menggosok-gosokkan kulitnya pada kulit Anda atau meletakkannya di sekitar rumah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan air perasan lemon atau jeruk nipis sebagai semprotan alami untuk mengusir nyamuk.

4. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk alami. Anda dapat menumbuk beberapa siung bawang putih dan mencampurnya dengan air. Kemudian, tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan pada area-area yang sering dikunjungi nyamuk.

5. Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapa tanaman memiliki aroma yang dapat mengusir nyamuk. Tanaman seperti lavender, serai, dan mint dapat ditanam di taman atau diletakkan di dalam pot di dalam rumah. Selain memberikan aroma yang segar, tanaman-tanaman ini juga dapat menjadi dekorasi yang indah.

 

3 dari 4 halaman

Tanpa Ditambah Jahe, Ini Cara Goreng Ikan Agar Tidak Bau Amis

Selain lezat, Ikan goreng apapun jenisnya juga memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti sarat protein dan rendah lemak jahat. Belum lagi membuat ikan goreng sangat mudah, yakni hanya perlu dimarinasi dengan bumbu lalu digoreng.

Tantangan terbesar dari menggoreng ikan adalah bau amis yang berasal dari minyak goreng atau dari ikan itu sendiri. Guna mengatasi hal tersebut, beberapa orang menambahkan jahe agar ikan goreng tidak bau amis.

Namun, seorang warganet Instagram @ligia_amoy punya cara lain agar ikan goreng tidak amis, yang akan dirangkum pada Selasa (28/05/2024).

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Trik Rebus Daging Kambing Agar Lembut dan Tidak Prengus, Hanya Butuh 20 Menit

Beberapa orang kurang suka mengonsumsi daging merah, seperti sapi dan kambing, karena cenderung memiliki bau prengus yang kuat. Selain itu, tekstur dagingnya juga kerap kali lebih alot jika tidak diolah dengan teknik yang benar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tips dari kanal YouTube Hilsa Maspupah ini bisa dicoba. Hanya menggunakan dua bahan alami saja, merebus daging jadi lebih efektif dan efisien. Dirangkum pada Selasa (28/5/2024), berikut ini langkah-langkahnya.

Bahan-bahan

Siapkan beberapa bahan berikut:

  • Daging kambing
  • Daun salam
  • Jahe geprek

 

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat