uefau17.com

7 Bahan Aktif dalam Skincare Ini Berfungsi untuk Mencerahkan Kulit, Wajib Tahu! - Citizen6

, Jakarta Saat ini, skincare menjadi hal yang sangat diperlukan untuk setiap orang baik perempuan maupun laki-laki. Hal ini menjadikan industri kecantikan di Indonesia berkembang dengan sangat cepat, termasuk munculnya berbagai produk skincare yang mampu menyelesaikan banyak permasalahan kulit.

Sering kali, dalam skincare terdapat bahan aktif yang dikhususkan untuk menyelesaikan masalah kulit tertentu. Disebut sebagai bahan aktif, sebab mengacu pada bahan kimia yang secara aktif bekerja untuk target permasalahan tertentu, termasuk mencerahkan.

Bagi kamu yang memiliki kulit kusam, bekas luka, atau hiperpigmentasi, menggunakan bahan aktif yang bersifat untuk mencerahkan kulit dapat sangat membantu permasalahan tersebut. Kamu dapat menemukan kandungan ini dalam skincare dalam bentu apa saja, bisa berupa serum, toner, hingga facewash.

Bahan-bahan aktif ini bekerja dengan dua cara, yaitu menghalangi pigmen meninggalkan bekas serta mempercepat pergantian sel. Dengan demikian, kulit mati yang ada di wajah akan terangkat dan noda akan memudar.

Dilansir dari BeuatyBay, berikur 7 bahan aktif dalam skincare yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

1.  Vitamin C

Vitamin C dapat menjaga kulit tetap cerah dan bersih dengan menghalangi produksi pigmen dan menghentikan pembentukan bekas luka pada kulit. Misalnya, menghalangi bekas jerawat yang dapat membuat kulit tampak kusam dan warna yang tidak rata.

Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

Tips: Menggunakan vitamin C di pagi hari dapat memberikan pertahanan kulit terhadap polutan. Hindari penggunaan kandungan ini bersamaan dengan bahan aktif lain seperti retinol dan kandungan yang berfungsi untuk eksfoliasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Asam Glikolat

Asam glikolat bekerja dengan memecah dan mengangkat sel kulit mati yang ada di lapisan atas kulit. Saat sel mati terangkat, maka sel tersebut akan digantingan dengan sel-sel baru. Kulit pun dapat tampak lebih bersih dan cerah, serta seiring berjalannya waktu dapat memudarkan bekas luka dan hiperpigmentasi. 

Tips: Gunakan kandungan ini di malam hari, yaitu setelah membersihkan wajah dan sebelum mengaplikasikan serum dan pelembab. Hindari penggunaan kandungan ini dengan bahan lain seperti vitamin C atau retinol.

3. Retinol

Saat diaplikasikan, retinol akan terurai menjadi asam retinoat yang dapat menstimulasi pergantian sel dan memicu pengelupasan kulit. Lapisan kulit pun akan terganti dengan yang baru dan kulit akan tampak lebih cerah, bersih, serta bekas luka yang memudar.

Selain itu, retinol juga dapat menghambat produksi pigmen, mengurangi hiperpigmentasi, flek hitam, dan bekas jerawat.

Tips: Aplikasikan kandungan ini pada malam hari. Hindari pula pemakaian retinol dengan vitamin C dan kandungan untuk eksfoliasi. Selain itu, setelah menggunakan retinol di malam hari, selalu gunakan sunscreen ketika di pagi harinya.

3 dari 4 halaman

4. Asam Laktat

Sama halnya dengan asam glikolat, asam laktat bekerja dengan menyingkirkan sel kulit mati. Setelahnya sel kulit baru pun akan muncul dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

Namun dibandingkan asam glikolat, asam laktat memiliki molekul yang lebih besar, sehingga tidak dapat meresap terlalu dalam dan kecil kemungkinannya mengiritasi kulit sensitif.

Tips: Gunakan pada malam hari setelah membersihkan wajah serta sebelum mengaplikasikan serum dan pelembab. Hindari menggunakan kandungan ini bersama retinol, vitamin C, dan bahan untuk eksfoliasi.

5. Asam Azelat

Asam azelat merupakan pencerah kulit alami yang berasal dari gandum. Asam azelaic memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga sangat efektif dalam mengatasi kemerahan dan warna kulit tidak merata yang disebabkan oleh kondisi seperti jerawat, rosacea, atau melasma.

Tips: Kandungan ini memiliki sifat anti-bakteri, sehingga sangat pas digunakan untuk perawatan kulit yang rentan berjerawat.

4 dari 4 halaman

6. Alfa Arbutin

Alfa arbutin merupakan bahan aktif yang relatif aman namun sangat efektif digunakan pada semua jenis kulit. Kandungan ini terbuat dari bahan alami yang bekerja dengan mengurangi produksi melanin dalam kulit.

Alfa arbutin sangat efektif untuk membantu kamu memudarkan tampilan bintik hitam dan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan jerawat.

Tips: Kamu dapat menggunakan kandungan ini dengan vitamin C agar mendapatkan hasil maksimal.

7. Enzim

Enzim bekerja dengan memecah protein keratin di lapisan atas kulit untuk menghancurkan sel-sel kulit mati. Dengan demikian, kulit dapat menjadi lebih halus dan tampak lebih cerah. Kandungan ini cocok untuk kulit sensitif karena dapat mengelupas kulit dengan sangat lembut.

Tips: Gunakan pembersih atau masker enzim saat mandi untuk meningkatkan kerja enzim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat