uefau17.com

WHO Pantau Penyebaran Covid Varian JN.1 yang Tengah Menyebar Pesat - Citizen6

, Jakarta Sub-varian Covid dari strain Omicron yang mendatangkan malapetaka tahun lalu sedang mengamuk di seluruh dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memantau situasinya.

Dikenal sebagai Varian JN.1, penyakit ini sejauh ini telah ditemukan di 41 negara di seluruh dunia, dengan kasus terbanyak ditemukan di Perancis, Amerika Serikat, Singapura, Kanada, Inggris, dan Swedia. Penyakit ini pertama kali terdeteksi pada bulan Agustus dan telah meningkat pesat. 

Antara 30 Oktober dan 5 November prevalensi globalnya adalah 3,3 persen dan angka terbaru menyebutkan 27,1 persen. Meskipun demikian, WHO mengatakan risiko kesehatannya terhadap masyarakat umum saat ini rendah meskipun beberapa negara telah didesak untuk memantau kasus-kasus tersebut pada periode musim dingin.

WHO mengatakan dalam laporannya mengenai jenis virus tersebut seperti dilaporkan oleh Mirror

“Varian ini diperkirakan dapat menyebabkan peningkatan kasus SARS-CoV-2 di tengah lonjakan infeksi virus dan bakteri lainnya, terutama di negara-negara yang memasuki musim dingin. Setelah berdiskusi dengan Kelompok Penasihat Teknis WHO untuk Evolusi Virus (TAG-VE) dan mempertimbangkan data yang ada, kekebalan populasi saat ini secara global serta kekebalan yang dihasilkan oleh vaksinasi booster XBB.1.5 diperkirakan akan tetap reaktif silang terhadap varian ini dengan penyakit yang simtomatik dan parah."

"Oleh karena itu, penyebaran varian ini kemungkinan tidak akan menambah beban sistem kesehatan masyarakat nasional dibandingkan dengan sublineage Omicron lainnya. Namun, negara-negara yang mendekati musim dingin harus menyadari bahwa, secara keseluruhan, covid-19 dan patogen yang bersirkulasi dapat memperburuk beban penyakit pernafasan. Mengingat bukti yang tersedia, namun terbatas, tambahan risiko kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh JN.1 saat ini dinilai rendah di tingkat global.”

Hal ini terjadi ketika para ilmuwan khawatir masyarakat akan terpaksa menggunakan tes aliran lateral yang sudah ketinggalan zaman, yang menjadi kurang dapat diandalkan ketika cairan penyangga menguap, sehingga berdampak pada efektivitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekhawatiran vaksin yang habis masa berlakunya

Ketika kasus-kasus subvarian JN.1 baru melonjak di seluruh Inggris, para ahli khawatir bahwa hampir semua vaksin yang diberikan sebelum April 2022 kini hampir habis masa berlakunya setelah pemerintah menghentikan pemberian paket gratis tersebut.

Profesor Lawrence Young dari Universitas Warwick mengatakan bahwa materi pengujian akan terganggu seiring berjalannya waktu dan kemungkinan besar akan mempengaruhi kinerja dan hasil. 

Dia berkata: “Saya menduga banyak orang akan menimbun peralatan aliran lateral saat tersedia secara gratis. Sebagian besar dari ini sekarang sudah ketinggalan jaman."

“Penting bagi orang-orang untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa pada peralatan aliran lateral mereka karena tes yang sudah kadaluwarsa tidak dapat diandalkan. Ini berarti Anda tidak dapat memastikan bahwa hasil tes negatif berarti Anda benar-benar tidak positif terkena infeksi Covid - mengingat biaya peralatan aliran lateral dan krisis biaya hidup saat ini, kemungkinan besar orang akan menggunakan tes yang lama dan tidak akurat ini."

3 dari 3 halaman

Varian JN.1 Renggut Satu Nyawa Pasien COVID di Batam, Usia 48 dan Sudah Vaksin Sekali

Varian JN.1 dikabarkan telah merenggut satu nyawa pasien COVID-19 di Batam, Kepulauan Riau. Kebenaran ini dikonfirmasi langsung Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kepada Health , Selasa, 26 Desember 2023.

Sebelumnya, Kemenkes RI mengonfirmasi bahwa terjadi penambahan kasus meninggal akibat COVID di Batam.

Setelah dilakukan pengecekkan sampel menggunakan metode Whole Genome Sequencing (WGS) untuk dua kasus kematian itu, terungkap jenis varian COVID yang menggerogoti tubuh pasien.

Dijabarkan Nadia bahwa satu kasus terpapar subvarian Omicron GE.1, dan satu lagi positif varian BA.2.86.1.

Nadia kemudian mengatakan,"BA.286.1 menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) termasuk JN.1."

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat