uefau17.com

Bacaan Sholawat Jibril Penarik Rezeki Paling Kuat dari Segala Arah, Disertai Arab Latin dan Artinya - Citizen6

, Jakarta Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk selalu bersholawat. Nah, ada salah satu sholawat yang diyakini penuh dengan keberkahan dan dapat membawa rezeki, yakni Sholawat Jibril.

Sholawat Jibril termasuk salah satu amalan yang disebut menjadi penarik rezeki paling kuat dari segala arah. Sejumlah ulama menganjurkan untuk membacanya usai melantunkan sholawat Ibrahimiyah.

Berikut bacaan Sholawat Jibril Arab Latin dan artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Pengertian Sholawat Jibril

Pemberian nama Sholawat Jibril dikarenakan sholawat ini untuk pertama kalinya dibaca oleh malaikat Jibril. Di mana saat itu malaikat Jibril sedang diutus Allah SWT untuk mengajari Nabi Adam AS sebelum mendekati Hawa.

Ketika itu Allah SWT melarang Nabi Adam as yang ingin memegang tangan Hawa karena kondisi keduanya yang belum halal. Oleh karena itulah, Nabi Adam as diharuskan untuk membayar mahar terlebih dahulu pada Hawa. Nah, karena Nabi Adam as belum mengetahui mahar seperti apa yang akan diberikan, makai a pun bertanya kepada Allah SWT. Lalu Allah SWT pun berfirman sebagai berikut:

“Bacalah sholawat kepada kekasihku, Muhammad.”

Kemudian malaikat Jibril pun memberitahu pada Nabi Adam as dengan membisikkannya dan berkata “Shollallahu a’la Muhammad”. Itulah yang pada akhirnya bacaan sholawat tersebut dinamai dengan Sholawat Jibril. Bacaannya yang pendek dan mudah, tentu mudah juga untuk dihafal dan dilafalkan dalam kehidupan sehari-hari.

3 dari 9 halaman

Anjuran Membaca Sholawat Jibril

Anjuran untuk bersholawat termaktub dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56, yang artinya : 

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Imam Ibnu Katsir mengatakan dalam kitab tafsirnya, yang dimaksud sholawat dari Allah SWT dalam ayat tersebut adalah pujian-Nya kepada Nabi SAW di kalangan para malaikat, sedangkan sholawat dari malaikat adalah doa mereka untuknya.

Anjuran untuk bersholawat juga disebutkan dalam banyak hadits mutawatir dari Rasulullah SAW. Imam Bukhari meriwayatkan dari Ka'b ibnu Ujrah mengenai cara bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ka'b mengatakan : 

“Wahai Rasulullah, adapun cara mengucapkan salam penghormatan kepadamu kami sudah mengetahuinya. Maka bagaimanakah cara bersholawat untukmu?" Rasulullah SAW menjawab: Ucapkanlah, Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana telah Engkau limpahkan sholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Mahaagung. Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana telah Engkau limpahkan berkah kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Mahaagung (Mulia).”

Sholawat yang dimaksud dalam hadits tersebut dikenal dengan sholawat Ibrahimiyah.Syekh Ali Jaber menganjurkan untuk membaca sholawat Jibril usai membaca sholawat Ibrahimiyah

M. Syukron Maksum dan A Fathoni el Kaysi dalam buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat mengatakan, membaca sholawat Jibril diiringi dengan banyak istighfar pada pagi dan siang juga dapat menjadi zikir untuk memohon kelancaran rezeki.

4 dari 9 halaman

Bacaan Sholawat Jibril

صَلَّىاللهُعَلَىمُحَمَّد

Shallallaahu ‘ala Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam.

Artinya: “(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga.

5 dari 9 halaman

Keutamaan Membaca Sholawat Jibril

Keutamaan membaca Sholawat Jibril diantaranya adalah : 

  • Bisa mendatangkan rezeki

Sesuai dengan namanya, Sholawat Jibril penarik rezeki paling kuat dari segala arah bermanfaat untuk mendatangkan rezeki. Barangsiapa yang membaca sholawat tersebut sebanyak 5.000 kali setelah sholat dhuha, maka Allah SWT berjanji akan mencukupi kebutuhan orang tersebut dan uang pun akan datang kepada dirinya atas izin Allah SWT.

  • Pahala yang Besar

Membaca Sholawat Jibril atas Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang memiliki pahala yang besar dalam agama Islam.

Rasulullah SAW telah menyampaikan bahwa setiap kali seseorang mengucapkan sholawat atasnya, Allah akan memberikan sepuluh kali lipat pahala baginya.

Keutamaan ini menunjukkan betapa pentingnya dan dianjurkannya untuk rajin membaca sholawat jibril atas Nabi SAW sebagai bentuk penghormatan dan cinta kepada utusan Allah yang mulia.

Dengan setiap bacaan shalawat, seorang muslim bisa meraih pahala yang melimpah dan mendapatkan berkah dalam hidup sehari hari hingga akhirat.

  • Menjadi Dekat dengan Nabi Muhammad SAW

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah salah satu cara yang kuat untuk mendekatkan diri kepada beliau. Dengan mengucapkan sholawat jibril, maka seorang hamba akan mengungkapkan rasa cinta, penghormatan, dan kerinduan kepada Nabi.

Dalam mengucapkan Sholawat jibril, kemudian tafakur tentang ajaran dan sikap Nabi Muhammad SAW. Tentunya akan lebih mendalam memahami ajaran-ajarannya, dan meneladani akhlaknya yang mulia.

6 dari 9 halaman

Apa Manfaat dari Bacaan Sholawat Jibril?

Sholawat Jibril Ketika kamu rutin mengamalkan bacaan sholawat Jibril penarik rezeki paling kuat dari segala arah, maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yakni bisa mendatangkan rezeki, mengabulkan hajat yang sangat mendesak, dan membuat dagangan laris manis

7 dari 9 halaman

Kapan Sholawat Jibril Diucapkan?

Melansir dari buku Lidah Ikut Kata - Hati Ikut Rasa karya Abu Nur Ahmad al-Khafi Anwar dan Shabri Shaleh Anwar bin Anwar Bujang, sholawat Jibril dapat diamalkan 1000 kali setelah selesai mengerjakan sholat fardhu.

8 dari 9 halaman

Sholawat Shallallahu Ala Muhammad untuk Apa?

Sholawat Shallallahu Ala Muhammad adalah bunyi dari sholawat Jibril. Sholawat ini diyakini dapat mendatangkan rezeki yang berlimpah jika diamalkan.

9 dari 9 halaman

Apakah Surat Al-Fatihah bisa Melunasi Hutang?

Dahsyatnya mengamalkan surah Al-Fatihah termasuk bisa membantu melunasi hutang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat