uefau17.com

5 Minuman untuk Atasi Insomnia, Membantu Anda Tidur Lebih Cepat - Citizen6

, Jakarta - Memiliki waktu tidur yang cukup merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan termasuk kesehatan fisik, mental, dan emosional. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas memiliki dampak negatif dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah yang tinggi.

Para ahli merekomendasikan orang dewasa berusia 18-60 tahun untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malamnya. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur memiliki beberapa risiko seperti menyebabkan depresi, diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kematian.

Memiliki tidur berkualitas memang tidak selalu mudah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sulit merasa tidur seperti kecemasan dan stres, kebiasaan tidur yang buruk, kondisi kesehatan, hingga faktor lingkungan.

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa minuman yang dapat membantu Anda agar tidur lebih cepat sehingga membuat tidur Anda berkualitas. Berikut 5 minuman yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda secara alami, seperti dilansir dari Healthline pada Selasa (24/10/2023).

1. Jus Ceri Tart

Ceri tart merupakan buah yang memiliki rasa yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Buah ini tidak hanya dikenal sebagai selai yang lezat, namun juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kualitas tidur. Kandungan triptofan dalam ceri merupakan salah satu alasan mengapa buah ini dapat membantu Anda tidur. Triptofan merupakan asam amino yang merupakan prekursor hormon melatonin yang dapat membantu mengatur kapan Anda tertidur dan bangun.

Sebuah penelitian mencatat bahwa minum 2 cangkir jus ceri setiap hari selama 2 minggu dapat meningkatkan total waktu tidur selama 84 menit dan membantu mengobati gejala insomnia pada orang dewasa yang berusia 50 tahun ke atas.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Teh Chamomile

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chamomile dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 60 orang dewasa menemukan bahwa mengonsumsi 400 mg teh chamomile selama 28 hari berturut-turut dapat meningkatkan kualitas tidur. Teh chamomile juga dapat membantu mengatasi kecemasan atau inomnia. Meskipun penelitian tidak menemukan bukti yang cukup untuk mendukung adanya hubungan antara asupan chamomile dan insomnia, namun teh ini cenderung membantu Anda meningkatkan kualitas tidur.

3. Teh Peppermint

Peppermint telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Peppermint diyakini memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan bahkan anti alergi. Selain itu, peppermint juga dapat membantu kondisi gastrointestinal seperti gangguan pencernaan dan sindrom iritasi usus besar.

Teh peppermint terbukti dapat meredakan sakit perut di malam hari sehingga hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dengan meredakan gangguan tidur. Namun, diperlukan lebih banyak lagi uji klinis pada teh peppermint untuk menentukan efeknya pada tidur secara langsung.

3 dari 4 halaman

4. Susu Almond

Susu almond merupakan salah satu minuman alternatif susu sapi yang dibuat dengan mencampurkan kacang almond dengan air lalu manyaring ampasnya. Kacang almond terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur. Minyak violet yang terbuat dari almond atau biji wijen bahkan telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun sebagai pengobatan untuk insomnia.

Karena susu almond terbuat dari kacang almond utuh, susu ini terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur. Susu almond mengandung hormon dan mineral yang meningkatkan kualitas tidur termasuk triptofan, melatonin, dan megnesium. Dalam beberapa tahun terakhir, megnesium telah menunjukkan potensi sebagai pengobatan untuk insomnia terutama pada orang dewasa.

4 dari 4 halaman

5. Smoothie Pisang dan Almond

Smoothie pisang dan almond mengandung banyak senyawa yang meningkatkan kualitas tidur. Almond mengandung triptofan dan melatonin, sementara pisang mengandung kalium dan magnesium yang dapat merelaksasi otot.

Dengan mengombinasikan pisang dan susu almond dalam smoothie, Anda bisa mendapatkan kandungan triptofan dan melatonin yang tinggi sehingga dapat membantu Anda mengurangi gejala insomnia. Selama Anda tidak memiliki alergi terhadap pisang atau almond, mengonsumsi smoothie ini merupakan salah satu cara yang sehat dan lezat untuk mengakhiri hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat